5 Pulau Terbesar di Indonesia Lengkap Beserta Profil & Luas Wilayahnya

5 Pulau Terbesar di Indonesia Lengkap Beserta Profil & Luas Wilayahnya

Pembahasan kali ini adalah daftar 5 pulau terbesar di Indonesia lengkap beserta profilnya, jumlah penduduknya, nama provinsinya serta luas wilayahnya. Indonesia sendiri merupakan negara besar dan termasuk negara kepulauan. Luas wilayah Indonesia adalah sekitar 1,904,569 km2. Karena Indonesia adalah negara kepulauan, maka jelaslah terdaat banyak sekali pulau pulau di Indonesia yang membentang dari sabang sampai merauke.

5 pulau terbesar di indonesia

Namun tahukah anda bahwa jumlah jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 17,508 pulau. 17.504 pulau tersebut termasuk ke dalam wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, di mana 16.056 pulau telah dibakukan namanya di PBB hingga Juli 2017. Namun dari sekian banyaknya pulau di Indonesia, yang berpenghuni hanya sekitar 6.000 pulau saja.

Bahkan saking banyaknya pulau di Indonesia, terdapat 9.634 pulau yang belum memiliki nama. Hanya 7.870 pulau saja yang saat ini sudah memiliki nama. Dan diantara belasan ribu pulau tersebut, hanya ada beberapa pulau pulau besar yang menjadi pusat kehidupan dengan jumlah populasi yang cukup banyak. Inilah yan akan diulas kali ini yaitu pulau pulau terbesar di Indonesia dengan area wilayah terluas.

Pulau Terbesar di Indonesia

Nah, lalu apa saja daftar pulau terluas di Indonesia yang paling besar wilayahnya? Langsung saja untuk lebih jelasnya simak berikut ini 5 pulau terbesar di Indonesia lengkap beserta profil singkat, provinsi, jumlah penduduk dan luas wilayahnya.

Pulau Papua

Pulau Papua atau New Guinea adalah pulau yang terbesar di Indonesia dengan luas wilayah 785,753 km2. Papua juga merupakan pulau terbesar di Asia dan terbesar kedua di Dunai setelah greenland. Pulau ini dibagi menjadi dua wilayah yang bagian baratnya dikuasai oleh Indonesia dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini. Di pulau yang bentuknya menyerupai burung cendrawasih ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya dengan ketinggian mencapai 4.884 m. Terdapat dua provinsi di pulau papua yaitu papua dan papua barat. Sampai saat ini ada sekitar 3.593.903 jiwa penduduk Indonesia yang tinggal di kedua provinsi tersebut.

Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan atau juga disebut Borneo adalah pulau terbesar kedua di Indonesia dan ketiga di dunia dengan luas wilayah 743.330 km². Pulau Kalimantan terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Indonesia (73%), Malaysia (26%), dan Brunei (1%). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan “Pulau Seribu Sungai” karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Wilayah utara pulau ini (Sabah, Brunei, Sarawak) untuk Malaysia dan Brunei Darussalam. Sementara untuk Indonesia wilayah Kalimantan Utara, adalah provinsi Kalimantan Utara. Dalam arti luas “Kalimantan” meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan Borneo, sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

Pulau Kalimantan terletak di sebelah utara pulau Jawa, sebelah timur Selat Melaka, sebelah barat pulau Sulawesi dan sebelah selatan Filipina. Pulau Kalimantan dikelilingi oleh Laut Cina Selatan di bagian barat dan utara-barat, Laut Sulu di utara-timur, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di timur serta Laut Jawa dan Selat Karimata di bagian selatan.

Kalimantan wilayah Indonesia dibagi menjadi lima provinsi berdasarkan urutan pembentukannya yaitu Kalimantan Selatan dengan ibu kota Banjarmasin, Kalimantan Barat dengan ibu kota Pontianak, Kalimantan Timur dengan ibu kota Samarinda, Kalimantan Tengah dengan ibu kota Palangkaraya dan Kalimantan Utara dengan ibu kota Tanjung Selor.

Pulau Sumatera

Urutan pulau terbesar di Indonesia selanjutnya adalah pulau Sumatra. Sumatera adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia dengan luas wilayah 473.481 km². Penduduk pulau Sumatera ini sekitar 52.210.926 (sensus 2010). Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti “pulau emas”). Gunung tertinggi di pulau Sumatra adalah gunung kerinci.

Sumbu terpanjang di pulau ini berjalan sekitar 1.790 km (1.110 mil) barat laut-tenggara, melintasi khatulistiwa di dekat pusat kota. Pada titik terluasnya, pulau ini membentang 435 km (270 mil). Bagian dalam pulau ini didominasi oleh dua wilayah geografis: Pegunungan Barisan di barat dan dataran rawa di timur.

Pemerintahan di Sumatera dibagi menjadi sepuluh provinsi yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Aceh, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau

Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi atau penyebutan dalam bahasa Inggrisnya Celebes adalah salah satu pulau pulau besar di Indonesia yag menempayi urutan ke 4 dengan luas mencapai 180.680,7 km². Sulawesi terletak di antara Pulau Kalimantan di sebelah barat dan Kepulauan Maluku di sebelah timur. Sulawesi juga merupakan pulau terbesar ke-11 di dunia.

Pulau Sulawesi ini dibatasi oleh Selat Makasar di bagian barat dan terpisah dari Kalimantan serta dipisahkan juga dari Kepulauan Maluku oleh Laut Maluku. Sulawesi berbatasan dengan Borneo di sebelah barat, Filipina di utara, Flores di selatan, Timor di tenggara dan Maluku di sebelah timur.

Terdapat 6 provinsi di pulau Sulawesi yaitu Sulawesi Barat (Mamuju), Sulawesi Utara (Manado), Sulawesi Tengah (Palu), Sulawesi Selatan (Makassar), Sulawesi Tenggara (Kendari) dan Gorontalo (Gorontalo). Jumlah penduduk keseluruhan dari keenam provinsi tersebut adalah sekitar 17.371.782 jiwa. Adapun puncak tertinggi pulau ini berada di Rantemario dengan tinggi sekitar 3.478 meter di atas permukaan laut.

Pulau Jawa

Pulau terbesar di Indonesia selanjutnya adalah pulau Jawa yang merupakan pusat segala halnya mulai dari ekonomi, perdagangan, nisnis dan lain lain. Ibu kota negara Indonesia juga terletak di pulau Jawa tepatnya di DKI Jakarta. Jawa juga merupakan pulau terbesar di dunia urutan ke 13. Pulau Jawa memiliki luas sekitar 126.700 km2.

Dengan jumlah penduduk sekitar hampir 160 juta, pulau Jawa ini berpenduduk terbanyak di dunia dan merupakan salah satu tempat terpadat di dunia dengan kepadatan 1.317 jiwa/km². Meskipun hanya menempati urutan terluas ke-5, Pulau Jawa dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Pulau Jawa secara administratif terbagi menjadi enam provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten serta dua wilayah khusus, yaitu DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

Jawa bersebelahan dengan Sumatera di sebelah barat, Bali di timur, Kalimantan di utara, dan Pulau Natal di selatan. Pulau Jawa merupakan pulau ke-13 terbesar di dunia. Perairan yang mengelilingi pulau ini ialah Laut Jawa di utara, Selat Sunda di barat, Samudera Hindia di selatan, serta Selat Bali dan Selat Madura di timur.

Demikianlah informasi mengenai daftar 5 pulau terbesar di Indonesia lengkap beserta profil dan luas wilaynya. Semoga penjelasan mengenai pulau pulau terluas di Indonesia diatas bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan kita semua.

Tinggalkan komentar