15+ Alat Transportasi Air Beserta Gambar dan Macam-Macamnya

15+ Alat Transportasi Air Beserta Gambar dan Macam-Macamnya

Alat transportasi air dan gambarnya – Secara umum ada 3 macam-macam alat transportasi yakni transportasi darat, transportasi air/laut dan transportasi udara. Nah kali ini akan khusus dibagikan jenis-jenis alat transportasi air atau laut meliputi kapal, perahu, rakit, kapal selam dan lain-lain.

Transportasi memang penting agar orang-orang bisa bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Jika di darat kita bisa menggunakan mobil, sepeda atau motor. Lalu bagaimana dengan di air? Bagaimana bisa melakukan transportasi melewati laut, sungai atau danau?

Solusinya adalah menggunakan alat transportasi air. Misalnya untuk bepergian dari 1 pulau ke pulau lain di wilayah Indonesia, biasa menggunakan kapal feri. Sementara di lingkup desa untuk mengarungi sungai biasa menggunakan perahu atau sampan.

Ada juga jenis alat transportasi laut lain yang khusus, misalnya kapal tanker untuk mengangkut tanker atau kapal kargo untuk mengangkut kargo barang dan kontainer. Ada juga kapal perang untuk keperluan militer dan pertahanan. Belum lagi adanya kapal selam yang bisa menyelam di lautan.

(baca juga nama pelabuhan di Indonesia)

Macam-Macam Alat Transportasi Air

Nah kali ini akan dibahas mengenai jenis-jenis alat transportasi laut meliputi kapal, perahu, rakit, kapal selam dan lain sebagainya.

Kapal

alat transportasi air kapal

Kapal merupakan alat transportasi laut yang paling umum. Kapal dapat digunakan mengangkut penumpang atau barang. Fungsi kapal sangat penting bagi manusia untuk mengarungi lautan. Ada banyak jenis kapal mulai dari kapal dayung, kapal layar, kapal motor, kapal feri, kapal kargo, kapal tanker dan lain-lain

(baca juga 10 kapal terbesar di dunia)

Kapal Layar

Kapal layar adalah jenis kapal yang menggunakan layar. Artinya kapal ini mengandalkan angin yang berhebus untuk bisa bergerak di atas perairan. Di jaman dulu, kapal layar sering digunakan oleh penjelajah untuk mengarungi luasnya lautan di dunia.

Kapal Perang/Militer

Kapal perang atau kapal militer adalah jenis kapal yang digunakan untuk keperluan militer serta pertahanan dan keamanan suatu negara. Ada beberapa jenis kapal perang yakni kapal induk, kapal kombatan, kapal patroli, kapal angkut, kapal selam dan kapal pendukung lainnya.

Kapal Tanker

Sesuai namanya, kapal tanker adalah salah satu jenis kapal yang dirancang untuk mengangkut minyak ataupun produk-produk sejenis dan produk turunannya. Jenis utama kapal tanker termasuk tanker minyak, tanker kimia dan pengangkut LNG.

Kapal Kargo/Kontainer

Kapal kargo merupakan jenis kapal untuk membawa barang-barang, muatan atau kontainer dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain. Jenis kapal ini penting untuk perdagangan internasional dan bidang ekspor impor karena memuat barang-barang yang diperjualbelikan.

Kapal Pesiar/Yacht

Kapal pesiar adalah jenis kapal yang didesain untuk tujuan rekreasi dan hiburan. Biasanya sebuah kapal pesiar dilengkapi berbagai fasilitas mewah bintang lima seperti hotel, restoran, aneka permainan dan penginapan kelas internasional. Ada juga jenis yacht yang hampir mirip kapal pesiar.

Kapal Selam

Kapal selam atau submarine adalah jenis transportasi air yang bergerak di bawah permukaan air. Artinya kapal menyelam di bawah lautan yang dalam. Umumnya kapal selam digunakan untuk kepentingan militer dan spionase atau untuk tujuan penelitian.

Perahu

Perahu adalah kendaraan air yang lebih kecil dari kapal. Jenis-jenis perahu meliputi perahu dayung, perahu layar atau perahu motor juga. Sementara ada banyak tipe-tipe perahu di antaranya, kayak, dhow, kano, gondola, lanong, penjajap, yacht dan sebagainya.

Sampan

Sampan adalah jenis perahu kayu yang berasal dari China. Ukurannya relatif kecil dan umumnya terbuat dari kayu. Sampan biasanya hanya digunakan untuk menyebrangi sungai atau danau saja, cenderung digunakan nelayan untuk menangkap ikan.

Rakit

Rakit merupakan jenis transportasi air paling sederhana, mungkin transportasi paling dasar dari semua jenis transportasi yang ada. Rakit hanya berupa penyusunan kayu yang diikat agar bisa mengapung di air dan mengandalkan tenaga dayung manusia.

Kayak

Kayak adalah jenis perahu dayung kecil bertenaga manusia. Bagian depan dan belakang tertutup sehingga hanya tersisa lubang seukuran badan manusia. Kayak bisa memuat satu atau dua orang. Ada juga istilah kano yang juga mirip dengan kayak.

Sekoci

Sekoci dikenal juga dengan istilah perahu penyelamat adalah jenis perahu tegar dan mengembang yang dirancang untuk alasan keselamatan. Sekoci berfungsi jika terjadi masalah di laut yang digunakan untuk menyelamatkan penumpang di kapal dalam keadaan darurat.

Gondola

Gondola merupakan jenis perahu dayung khas kota Venice di Italia. Gondola menjadi transportasi utama di kota Venice yang dikenal lewat transportasi airnya. Kini gondola menjadi salah satu daya tarik tujuan wisata di kota Venice di Italia.

Jet Ski

Jet ski adalah sebuah jenis perahu yang didorong oleh semprotan air di bagian belakangnya. Istilah jet ski sering digunakan, padahal itu adalah nama merk. Sedangkan istilah umum dari transportasi air ini adalah jetboat. Transportasi ini sering digunakan untuk tujuan rekreasi.

Speed Boat

Speed boat adalah jenis perahu yang digunakan untuk tujuan rekreasi dan hiburan. Speed boat bisa memuat sampai beberapa orang di dalamnya. Biasanya transportasi air speed boat dapat dijumpai di dekat pantai atau tempat wisata dekat laut.

Sekian info alat transportasi air yang ada di dunia. Ada banyak alat-alat transportasi air yang tersedia. Umumnya penumpang menggunakan kapal feri jika ingin melakukan transportasi laut dari pulau ke pulau. Sementara transportasi air lain seperti perahu, sampan dan kayak sering digunakan di sungai-sungai.

Tinggalkan komentar