23+ Alat Transportasi Darat Beserta Gambar dan Macam-Macamnya

23+ Alat Transportasi Darat Beserta Gambar dan Macam-Macamnya

Alat transportasi darat dan gambarnya – Secara umum ada 3 macam-macam alat transportasi yakni transportasi darat, transportasi air/laut dan transportasi udara. Nah kali ini akan khusus dibagikan jenis-jenis alat transportasi darat meliputi mobil, sepeda, motor, kereta api, bus, taksi, becak dan lain-lain.

Fungsi transportasi penting untuk bepergian, terutama transportasi darat. Di darat kita membutuhkan transportasi baik dalam kota atau antar kota. Ada juga transportasi yang berupa kendaraan pribadi namun tak sedikit transportasi publik untuk umum.

Yang paling umum alat transportasi darat adalah sepeda motor atau mobil. Keduanya efektif digunakan bepergian jauh dan dekat. Ada juga sepeda biasa untuk jarak dekat. Sementara untuk transportasi publik bisa menggunakan bus, angkot, bajaj atau taksi.

Yang lebih tradisional, masih ada alat transportasi darat seperti becak, gerobak, pedati atau delman, meski kini sudah jarang. Sementara jaman dulu lazimnya menggunakan transportasi dengan binatang, bisa menaiki kuda, unta, gajah dan sebagainya.

Beberapa olahraga ekstrem seperti skateboard, sepatu roda atau runwheel juga termasuk kategori contoh alat transportasi darat. Adapun transportasi darat paling cepat untuk bepergian jauh adalah kereta api yang khusus melaju di atas rel kereta api.

(baca juga macam-macam alat transportasi air)

Macam-Macam Alat Transportasi Darat

Nah kali ini akan dibahas mengenai jenis-jenis alat transportasi darat meliputi mobil, sepeda, motor, delman, becak, kereta api, angkot, taksi, bus dan lain sebagainya.

Jalan Kaki

Inilah alat transportasi paling murah dan gratis, yakni jalan kaki. Tiap orang yang memiliki kaki bisa berpindah ke tempat lain dengan jalan kaki atau berlari. Meski begitu jaraknya tentu terbatas dan tidak bisa terlalu jauh, karena terkendala tenaga dan waktu.

Kuda

Transportasi menggunakan hewan sering dilakukan di masa lalu, sementara di era sekarang lebih menjadi hobi atau hiburan saja. Kuda menjadi alat transportasi hewan paling umum dan paling favorit. Kini berkuda juga dijadikan sebagai cabang olahraga.

Unta

Alat transportasi hewan lain adalah menunggangi unta. Hal ini lazim dilakukan di negara gurun di kawasan Timur Tengah. Jika dulu unta digunakan untuk mengembara, kini menaiki unta menjadi sarana hiburan dan rekreasi bagi turis asing.

Gajah

Transportasi hewan lain adalah gajah. Zaman dahulu gajah digunakan dalam berperang. Kini menaiki gajah menjadi sarana hiburan baru. Negara Thailand dikenal sebagai negara dengan banyak gajah sehingga menunggangi gajah menjadi salah satu wisata di sana.

Sepeda

Alat transportasi darat berikutnya yakni sepeda. Sepeda memiliki dua roda dan bisa maju karena dikayuh oleh tenaga manusia. Sepeda menjadi transportasi darat yang menyehatkan dan relatif murah, meski jaraknya terbatas karena menggunakan tenaga manusia. Jenis sepeda meliputi sepeda onthel, sepeda BMX dan sepeda gunung.

Becak

Becak adalah jenis alat transportasi darat dengan tiga roda. Umumnya becak dapat ditemukan di Indonesia dan negara Asia lainnya. Becak dikayuh oleh pengemudi di belakang dan penumpang menaiki bagian tempat duduknya. Maksimal kapasitas becak adalah 2 orang dewasa.

Gerobak

Gerobak juga termasuk sarana transportasi darat, bisa memiliki dua atau empat roda. Gerobak biasa digunakan untuk mengangkut barang, dan kadang juga penumpang. Saat ini gerobak lebih diasosiasikan sebagai gerobak sampah, gerobak barang atau gerobak jualan seperti bakso atau nasi goreng.

Delman

Delman atau dokar adalah jenis alat transportasi darat yang menggunakan tenaga kuda. Terdapat dua, tiga atau empat roda delman dan bertumpu pada tenaga kuda yang dikendalikan oleh kusir. Delman masih umum ditemui di kota-kota di Jawa.

Pedati

Pedati adalah sebuah gerobak yang didorong oleh tenaga sapi. Bentuk pedati sama seperti gerobak, hanya saja tidak didorong oleh manusia melainkan dengan tenaga hewan, biasanya sapi tapi bisa juga diganti kerbau, kambing dan hewan sejenisnya.

Traktor

Traktor merupakan kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah atau untuk menarik trailer yang digunakan dalam pertanian atau konstruksi. Istilah ini kemudian umum digunakan mendefinisikan kendaraan untuk pertanian.

Skateboard

Skateboard atau papan seluncur juga termasuk transportasi darat. Skateboard berupa papan kecil yang memiliki 4 roda kecil yang dinaiki dengan mengandalkan skill dan keseimbangan. Kini skateboard lebih dikenal sebagai sarana olahraga dan hiburan.

Sepatu Roda

Sepatu roda atau roller skate adalah sepatu yang memiliki roda sehingga penggunanya bisa meluncur dan menggelinding dengan cepat. Untuk bisa ahli bersepatu roda dibutuhkan keahlian dan keseimbangan sehingga tidak semua bisa menggunakannya.

Runwheel

Runwheel merupakan salah satu transportasi darat yang relatif baru dan modern. Transportasi ini juga dikenal dengan berbagai istilah seperti airwheel, self-balancing wheel dan electronic board. Jenis transportasi ini masih jarang dan mungkin kurang dikenal untuk saat ini.

Sepeda Motor

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang menggunakan tenaga mesin. Di Indonesia, sepeda motor menjadi alat transportasi favorit dan banyak penggunanya. Harga yang relatif murah serta praktis untuk perjalanan jauh membuat sepeda motor begitu diminati, baik motor matic, motor bebek atau motor sport.

Mobil

alat transportasi darat mobil

Mobil menjadi alat transportasi darat paling umum dan dikenali. Mobil menggunakan tenaga mesin dan memiliki empat roda. Kendaraan ini menjadi inti dari bidang otomotif. Ada banyak jenis-jenis mobil dari mulai mobil sport, mobil pickup, mobil sedan, mobil listrik dan lain-lain.

Mobil Pickup

Mobil pickup atau diucapkan pikep, merupakan jenis mobil atau kendaraan bak terbuka. Biasanya mobil pickup ini digunakan untuk mengangkut barang-barang tertentu dari satu tempat ke tempat lain, atau bisa juga untuk mengangkut banyak penumpang di bagian belakang.

Truk

Truk merupakan jenis transportasi darat dengan ukuran yang cukup besar, berfungsi mengangkut banyak barang. Truk dengan ukuran besar disebut sebagai truk tronton. Kendaraan ini efektif untuk mengirim barang lewat jalur darat pada jarak jauh sekalipun.

Trailer

Trailer adalah jenis truk yang panjang dan bergandengan dengan semi-trailer di belakangnya. Dibandingkan truk biasa, truk trailer bisa memuat barang dan kontainer lebih banyak. Panjang truk trailer sangat banyak hingga agak berbahaya jika di jalanan.

Bus

Bus adalah jenis transportasi publik berupa kendaraan besar beroda empat. Kapasitas bus bervariasi, namun umumnya dapat memuat banyak penumpang sekaligus. Bus biasa beroperasi di dalam kota atau antar kota. Tempat pemberhentian bus adalah terminal dan halte.

Taksi

Taksi adalah jenis transportasi darat, umumnya berupa mobil sedan dan memiliki kapasitas 2 sampai 5 orang. Taksi mengenakan biaya pada penumpang lewat agrometer yang didasarkan pada lama waktu perjalanan dari satu tempat ke tempat tujuan.

Angkot

Angkutan kota biasa disingkat angkot merupakan transportasi publik dalam kota. Rute angkot sudah ditentukan, biasanya ada berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan warna atau kode angkot. Angkot biasa berhenti di terminal atau halte juga. Biasa jug disebut sebagai mikrolet, len, oplet, bemo dan sebagainya.

Bajaj

Bajaj adalah angkutan transportasi publik dengan roda tiga. Kendaraan ini banyak ditemui di Jakarta. Bajaj berfungsi mengantar penumpang dalam jarak yang relatif dekat dan cepat dengan biaya yang murah dan terjangkau. Kini bajaj sudah jarang beroperasi.

Kereta Api

Kereta api adalah jenis transportasi darat yang berjalan di rel kereta api khusus. Kereta api bepergian dari satu stasiun ke stasiun lain sesuai rute yang ditentukan. Transportasi ini efektif untuk bepergian jauh lewat jalur darat. Selain penumpang, kereta api juga bisa memuat kargo atau barang.

Sekian info alat transportasi darat yang ada di dunia. Ada banyak alat-alat transportasi darat yang tersedia. Umumnya orang menggunakan sepeda motor atau mobil untuk bepergian, atau bisa menggunakan transportasi publik seperti bus dan kereta api.

Tinggalkan komentar