14+ Alat Transportasi Udara Beserta Gambar dan Macam-Macamnya

14+ Alat Transportasi Udara Beserta Gambar dan Macam-Macamnya

Alat transportasi udara dan gambarnya – Secara umum ada 3 macam-macam alat transportasi yakni transportasi darat, transportasi air/laut dan transportasi udara. Nah kali ini akan khusus dibagikan jenis-jenis alat transportasi udara meliputi pesawat, helikopter, jet, gliders, balon udara dan lain sebagainya.

Transportasi penting agar kita bisa bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Umumnya kita menggunakan alat transportasi darat seperti mobil, motor atau sepeda. Sementara jika terpisah wilayah perairan bisa menggunakan alat transportasi air seperti kapal, perahu atau sampan.

Selain itu juga ada alat transportasi udara dimana kita bisa bepergian lewat jalur udara. Kok bisa? Tentu bisa, dengan teknologi canggih terdapat beberapa kendaraan udara. Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara paling umum dan paling banyak digunakan.

Selain itu juga ada helikopter yang lebih praktis meski tidak memuat banyak penumpang. Ada juga jenis-jenis pesawat seperti pesawat amfibi hingga pesawat tempur. Yang lebih ekstrem ada juga pesawat luar angkasa untuk tujuan penelitian dan eksplorasi luar angkasa.

Dalam skala kecil juga ada balon udara hingga zeppelin. Paralayang juga bisa dikategorikan sebagai alat transportasi, begitu pula dengan drone yang kini sering dijadikan untuk alat fotografi. Semuanya termasuk dalam jenis-jenis alat transportasi udara.

(baca juga alat transportasi air)

Macam-Macam Alat Transportasi Udara

Nah kali ini akan dibahas mengenai jenis-jenis alat transportasi udara meliputi pesawat, helikopter, jet, balon udara, zeppelin, jet dan lain sebagainya.

Pesawat Terbang

alat transportasi udara pesawat

Pesawat terbang adalah alat transportasi udara yang terbang dengan bantuan sayap dan mesin pesawat. Pengemudi pesawat adalah pilot. Jenis pesawat yang paling umum adalah pesawat penumpang atau pesawat komersial, dikenal juga sebagai airline. Selain itu ada jenis-jenis pesawat terbang lain seperti pesawat tempur, pesawat glider, pesawat barang dan lain-lain.

Pesawat Terbang Laut/Seaplane

Pesawat terbang laut atau dikenal sebagai seaplane, merupakan jenis pesawat terbang bertenaga sayap yang mampu lepas landas dan mendarat di atas air. Ada juga istilah pesawat terbang amfibi yang mampu lepas landas dan mendarat di air dan darat.

Pesawat Terbang Apung/Floatplane

Pesawat terbang apung atau dikenal sebagai floatplane merupakan kategori pesawat amfibi dengan penggunaan satu atau lebih ponton ramping. Bagian tersebut dipasang di bawah badan pesawat untuk memberikan daya apung. Sebaliknya, kapal terbang menggunakan pesawat untuk daya apung.

Pesawat Bersayap Ganda/Biplane

Pesawat bersayap ganda atau dikenal sebagai biplane merupakan jenis pesawat terbang yang memiliki dua sayap utama. Saat awal ditemukan, mekanisme dan desain pesawat terbang banyak yang menggunakan sayap ganda, meski kemudian dimodernisasi menjadi satu sayap.

Gliders

Gliders merupakan alat transportasi udara jenis pesawat yang tidak menggunakan mesin. Artinya gliders memanfaatkan tenaga angin. Pesawat jenis gliders ini biasanya didesain untuk tujuan olahraga, hiburan atau sebagai pesawat latihan. Jenis-jenis gliders meliputi gliders murni dan kapal layar.

Pesawat Tempur

Pesawat militer atau pesawat tempur adalah jenis alat transportasi udara yang digunakan untuk keperluan militer. Jenis-jenis pesawat militer terdiri dari pesawat tempur, pesawat latihan, pesawat angkut, pesawat intai serta pesawat pendukung. Tiap negara memiliki pesawat militer untuk pertahanan dan keamanan yang dikelola oleh angkatan udara masing-masing.

Helikopter

Helikopter merupakan contoh alat transportasi udara dengan baling-baling di atasnya.  Helikopter bisa terdorong oleh satu atau lebih rotor horizontal besar. Landasan helikopter disebut sebagai helipad. Meski kapasitasnya sedikit dan hanya bisa jarak dekat, namun ada beberapa keuntungan helikopter seperti tak butuh landasan besar serta mampu terbang ke semua arah termasuk terbang mundur.

Balon Udara

Balon udara merupakan salah satu alat transportasi udara berupa balon yang dipompa dengan udara. Jenis balon terbang dapat mengambang di udara karena daya apungnya. Meski jarang digunakan, kini penggunaan balon udara lebih ditujukan pada sektor hiburan, rekreasi dan penelitian saja.

Zeppelin

Zeppelin adalah salah satu alat transportasi udara berbentuk kapal udara, kadang juga dikenal sebagai airship. Bentuknya berupa balon udara menyerupai cerutu besar yang dikemudikan mesin. Nama zeppelin diambil dari nama penemunya yakni Ferdinand Adolf Heinrich August von Zeppelin, ahli aeronautika dari Jerman.

Jet

Pesawat jet merupakan jenis pesawat terbang yang menggunakan mesin jet. Umumnya jet terbang di ketinggian 10 ribu sampai 15 ribu meter dimana jet dapat terbang dengan kecepatan maksimum. Jet memang dikenal karena kecepatan tingginya dan biasa dijadikan sebagai pesawat tempur.

Pesawat Luar Angkasa

Pesawat luar angkasa atau wahana antariksa atau spacecraft merupakan kendaraan yang mengudara untuk menjelajah luar angkasa. Jenis pesawat luar angkasa begitu umum untuk mendeskripsikan kendaraan atau transportasi menuju ke luar atmosfer Bumi, termasuk juga satelit buatan yang bentuk konstruksinya mirip.

Pesawat Ulang Alik

Pesawat ulang alik atau space shuttle merupakan jenis pesawat luar angkasa yang diproduksi Amerika Serikat dan hanya dimiliki oleh NASA. Tujuannya digunakan untuk misi penerbangan ke luar angkasa tanpa awak. Pesawat ini didesain agar badan pesawat dapat digunakan kembali pada misi di lain waktu.

Paralayang

Paralayang atau dikenal juga dengan istilah gantole merupakan transportasi udara dengan memanfaatkan parasut yang lepas landas. Umumnya paralayang atau gantole dilakukan dengan tujuan olahraga, hiburan dan rekreasi. Secara teknis, paralayang juga tidak membuat orang terbang, namun hanya mengendalikan tempat mendarat dari ketinggian.

Drone

Drone atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai pesawat tanpa awak, merupakan mesin terbang yang dikendalikan dari jauh oleh pilot atau orang yang mampu mengendalikan. Kini drone menjadi sebuah tren terutama dalam bidang fotografi dan videografi karena dapat mengambil gambar dari atas yang lebih indah. Drone juga berfungsi untuk mengirim barang.

Sekian info alat transportasi udara yang ada di dunia. Ada banyak alat-alat transportasi udara yang tersedia. Umumnya orang menggunakan pesawat terbang, namun ada juga kendaraan udara lain seperti helikopter, jet, balon udara atau bahkan paralayang.

Tinggalkan komentar