Daftar 5 Grup Band Britpop Inggris Terbaik Sepanjang Masa

Daftar 5 Grup Band Britpop Inggris Terbaik Sepanjang Masa

Inggris terkenal dengan banyak hal, salah satu di antaranya adalah mengenai industri musik. Sejak dulu negeri Britania Raya memang banyak dipenuhi para musisi berbakat, baik penyanyi atau band. Jika menoleh ke belakang, maka ada banyak musisi legendaris asal Inggris, sebut saja seperti The Rolling Stones, David Bowie, Led Zeppelin, Queen atau bahkan The Beatles. Tentu masih banyak lagi yang lain yang mungkin sudah sangat familiar, bahkan oleh penggemar musik di era modern ini. Di era modern sendiri, band-band asal Britania tak kekurangan stok. Radiohead, Muse, Coldplay, Arctic Monkeys, Gorillaz, atau Kasabian mampu menggebrak industri musik dunia di era millenium.

Namun ada satu periode dimana musik Inggris seakan mendapat identitas utama, yaitu di era 90an. Keberadaan aliran musik britpop menjadi salah satu pemicunya. Sebelum era tersebut, tidak ada yang mengenal musik britpop. Namun di era 90an, britpop menjadi salah satu fenomena dalam dunia musik. Band-band beraliran britpop sempat begitu digemari, pada periode 1993 hingga 1998.

Secara umum, britpop merupakan subgenre dari musik pop dan rock. Pada umumnya, britpop hanya ditujukan pada band-band indie rock asal Inggris, yang menggunakan logat khas Inggris serta menyisipkan budaya dan referensi mengenai Inggris di tiap lagu-lagunya. Patut dicatat jika tidak semua band asal Inggris bisa disebut sebagai band britpop. Dan sejak tahun 1998, keberadaan band band britpop Inggris seakan memudar, dan hampir tidak ditemukan gaungnya. Untuk mengenang kembali kejayaan britpop di era 90an, berikut kami pilihkan highlight lima band britpop terbaik sepanjang masa.

band britpop Inggris
Blur (atas) dan Oasis (bawah)

Daftar 5 Grup Band Britpop Inggris Terbaik

1. Blur

Berbicara tentang kata britpop, maka kita wajib harus menyebut nama Blur. Band yang satu ini sudah menjadi ikon dari musik britpop itu sendiri. Band yang digawangi oleh Damon Albarn, Graham Coxon, Alex James dan Dave Rowntree ini bertanggungjawab akan sederet single hits 90an, seperti For Tomorrow, Song 2, Country House, Parklife, Charmless Man dan Coffee and TV. Sang vokalis, Damon Albarn, juga menjadi orang dibalik layar band Gorillaz, yang eksis di era 2000an. Blur sendiri sempat vakum sejak 2003, namun kembali dan bahkan merilis album baru di tahun 2015.

2. Oasis

Seakan menjadi satu paket dengan Blur, Oasis adalah salah satu band britpop Inggris terpopuler di era 90an. Oasis dan Blur kerap terlibat persaingan chart tangga lagu, bahkan oleh media Inggris NME, persaingan keduanya dijuluki sebagai Battle of Britpop. Saat ini, band ini telah bubar akibat perseteruan antara dua personilnya yang juga satu saudara, Noel Gallagher dan Liam Gallagher. Namun tak bisa dipungkiri jika lagu lagu mereka seperti Wonderwall, Don’t Look Back In Anger, Stand by Me, Don’t Go Away, Live Forever atau Stop Crying Your Heart Out merupakan lagu hits di masanya.

3. Suede

Band asal London ini juga menjadi salah satu band Inggris populer di tahun 1990-an. Dengan single hits seperti Beautiful Ones, Animal Nitrate dan Stay Together, Suede mampu mengukuhkan namanya dalam industri musik UK. Sempat break sejak tahun 2003, kini band yang beranggotakan Brett Anderson, Matt Osman, Simon Gilbert, Richard Oakes dan Neil Codling kembali berkarya dengan merekam sejumlah album baru.

4. Pulp

Pulp sudah ada sejak tahun 1978, jauh sebelum hingar bingar britpop terdengar. Band ini kemudian bertransformasi menjadi band britpop dengan mengikuti arus perkembangan musik di Inggris di tahun 1990an. Band asal Sheffield ini memiliki sejumlah lagu andalan, di antaranya adalah Common People, After You dan Countdown.

5. Supergrass

Oxford tidak hanya dikenal karena adanya universitasnya, namun juga hal lain, termasuk mengenai industri musik. Supergrass merupakan salah satu band asal Oxford yang sukses secara global. Band ini menjadi salah satu pelopor musik britpop di tahun 90-an. Supergrass menghasilkan sejumlah lagu hits yang sukses di UK chart seperti Alright dan Pumping on Your Stereo.

Well, itu tadi lima band britpop Inggris terpopuler sepanjang masa, dan tentu juga yang terbaik. Aliran britpop sendiri kemudian ‘menghilang’ sejak akhir 90an. Band-band asal Inggris setelahnya pun lebih banyak mengusung genre indie rock atau alternative rock, dan disebut band post-britpop. Jika dihitung, jumlah band britpop memang tidak banyak, dikarenakan periode singkat eksisnya musik britpop. Namun lima nama di atas bisa dibilang sebagai pencerminan kejayaan britpop di tahun 90an.

Tinggalkan komentar