Biografi Franz Beckenbauer, Legenda Bayern dan Timnas Jerman

Biografi Franz Beckenbauer, Legenda Bayern dan Timnas Jerman

Franz Beckenbauer adalah seorang pemain sepakbola Jerman yang juga merupakan manta pelatih dan tokoh di bidang organisasi sepakbola. Ia dijuluki Der Kaiser (“Sang Kaisar”) karena gayanya yang elegan, kemampuannya memimpin dan dominasinya di atas lapangan sepakbola, sebagai seorang pemain bertahan atau libero. Ia menjadi anggota tim nasional Jerman Barat sejak akhir dekade 1960-an hingga akhir 1970-an. Sewaktu Jerman Barat menjuarai Piala Dunia FIFA 1974 ia menjadi kapten tim. Beckenbauer kemudian menjadi pelatih timnas Jerman dan berhasil membawa kesebelasan Jerman menjuarai Piala Dunia FIFA 1990 di Italia. Berikut biografi Franz Beckenbauer.

Biografi Franz Beckenbauer

Beckenbauer lahir pada masa pasca Perang Dunia II, anak ke dua dari Franz Beckenbauer, Sr.dan Antonie. Beckenbauer besar di distrik Giesing dan mulai berlatih sepak bola di klub lokal, SC Munchen 06 pada usia 13 tahun. Berposisi sebagai penyerang, ia mengidolakan penyerang tim nasional Jerman Barat, Fritz Walter dan mendukung klub 1860 Munchen, meski kemudian malah memilih bergabung dengan Bayern Munchen, rival abadi 1860 Munchen.

Beckenbauer melakukan debutnya bersama Bayern pada ajang Regionalliga Süd (Liga Regional Selatan) sebagai sayap kiri mealwan Stuttgarter Kickers pada 6 Juni 1964. Pada musim pertamanya, Beckenbauer tampil sebanyak 31 kali dan mencetak 16 gol, Bayern meraih promosi ke divisi yang lebih bergensi, Bundesliga. Penampilan impresif Beckenbauer muda berimbas pada performa Bayern di liga, pada musim 1966/67 Bayern memenangkan trofi Piala Jerman dan meraih Piala Winners.

biografi franz beckenbauer
Franz Beckenbauer

Beckenbauer diangkat menjadi kapten tim pada musim 1968/69 dan mengantarkan Bayern meraih gelar juara Liga Jerman untuk pertama kalinya pada tahun yang sama. Mengawali karier dengan tampil di sayap kiri, Beckenbauer berevolusi menjadi seorang sweeper (libero), sebuah posisi baru dalam formasi sepak bola. Ditambah dengan keahliannya menyerang maka Beckenbauer segera menjadi fenomena baru dalam dunia sepak bola.

Menariknya, sejak tahun 1968 Beckenbauer sudah dijuluki Der Kaiser-Sang Kaisar oleh teman-teman setimnya. Bayern kemudian memenangkan trofi juara liga 3 tahun berturut-turut dari 1972-1974. Performa Bayern dalam ajang Liga dikuti kesuksesan dalam kancah Eropa. Trofi Liga Champions untuk pertama kalinya diraih oleh Bayern pada musim 1973/74. Pada musim berikutnya, Bayern kembali mempertahankan gelar juara Piala Champion dengan mengandaskan Leeds United di final. Trofi Piala Champion akhirnya sukses diboyong 3 kali berturut-turut, kali ini Beckenbauer memimpin timnya berhadapan dengan AS Saint-Etienne.

Bayern menjadi klub ketiga di Eropa yang mampu meraih prestasi itu setelah Real Madrid dan Ajax Amsterdam. Pada tahun yang sama Beckenbauer yang baru saja dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa untuk kedua kalinya (pertama pada tahun 1972) dan meraih gelar juara Piala Interkontinental yang pertama dengan mengalahkan Cruzeiro. Penampilan Beckenbauer bersama Bayern München total menghasilkan 14 trofi juara. Der Kaiser mencetak 10 gol dalam 427 penampilan bersama Bayern.

Karir Timnas Jerman Barat

Beckenbauer tampil pertama kalinya dalam ajang Piala Dunia 1966 dan bermain dalam seluruh pertandingan. Jerman Barat tampil di final menghadapi tuan rumah Inggris yang notabene adalah musuh bebuyutan Die Mannschaft. Kali ini Inggris menyudahi perjalanan Jerman Barat dengan pertandingan yang penuh kontroversi, 4-2. Di Piala Dunia 1970, Jerman Barat melaju ke semifinal menghadapi Italia, meski akhirnya kalah.

Sejak 1971 Beckenbauer ditunjuk menjadi kapten Jerman Barat dan berhasil meraih gelar juara Piala Eropa 1972 dengan mengalahkan Uni Soviet 3-0 di Final. Ini adalah gelar internasional pertama untuk Der Kaiser dan ia meraihnya sebagai kapten tim. Di Piala Dunia 1974 Jerman menjadi favorit juara sebagai tuan rumah. Jerman Barat lalu melaju ke final melawan Belanda. Jerman Barat sukses memenangi turnamen dengan skor tipis 2-1. Beckenbauer menjadi kapten pertama yang mengangkat trofi Piala Dunia yang baru.

Sebagai juara bertahan dan Juara Dunia, timnas Jerman Barat kembali diunggulkan untuk mempertahankan gelar juara Piala Eropa 1976. Sayang pada final, Beckenbauer cs gagal meraih juara, kalah dari Cekoslowakia lewat adu penalti.Beckenbauer total mengoleksi 14 gol dalam 103 pertandingan bersama Jerman Barat. Der Kaiser memutuskan untuk pensiun sebagai pemain pada tahun 1983.

Sepanjang kariernya Beckenbauer telah tampil bermain sebanyak 587 pertandingan dan mencetak 81 gol. Ia menjajal karir sebagai pelatih dan pada tahun i984, Beckenbauer ditunjuk menjadi pelatih Jerman Barat menggantikan Jupp Derwall. Ia kemudian mengantarkan tim Jerman Barat sampai ke final Piala Dunia 1986, sebelum dikalahkan oleh Argentina dengan bintangnya Diego Maradona 3-2.

Jerman Barat kembali dibawa tampil di final Piala Dunia 1990 dan kembali bertemu Argentina di final. Kali ini Jerman Barat berhasil mengalahkan Argentina 1-0. Beckenbauer menjadi orang pertama yang pernah meraih Juara Piala Dunia dengan menjadi kapten tim nasional dan pelatih nasional.

Biodata Franz Beckenbauer

Nama lengkap : Franz Anton Beckenbauer
Tanggal lahir : 11 September 1945
Tempat lahir : Munchen, Jerman
Tinggi : 181 cm
Posisi bermain : Sweeper, gelandang bertahan
Klub : Bayern Mumchen (1964-1977), New York Cosmos (1977-1980, 1983), Hamburg SV (1980-1982)

Tinggalkan komentar