Biografi Robert Taylor, Tokoh Pelopor dan Penemu Internet

Biografi Robert Taylor, Tokoh Pelopor dan Penemu Internet

Robert William Taylor yang juga dikenal sebagai Bob Taylor, adalah salah satu tokoh penemu internet. Beliau memimpin sebuah tim yang membuat kontribusi besar untuk komputer pribadi, tekmologi jaringan komputer dan teknologi yang terkait lainnya. Dia adalah direktur ARPA’s Information Processing Techniques dari tahun 1965 melalui 1969, dan pendiri dari Xerox PARC’s Computer Science Laboratory. Berikut ini biografi Robert Taylor.

Biodata Robert Taylor

Nama lengkap : Robert William Taylor
Nama lain : Bob Taylor
Tempat lahir : Dallas, Texas, Amerika Serikat
Tanggal lahir : 10 Februari 1932
Tempat meninggal : Woodside, California, Amerika Serikat
Tanggal meninggal : 13 April 2017 (usia 85 tahun)
Dikenal sebagai : Pelopor dan penemu internet, ilmuwan komputer

biografi Robert Taylor
Robert Taylor

Pada tahun 1957 Dephan AS membentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency) sebagai tanggapan terhadap peluncuran nulkir Uni Sovyet. ARPA bertugas meningkatkan kemampuan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh militer.. kemudian pada tahun 60-an, Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas.

Taylor yang merupakan kelulusan University of Texas dengan latar belakang psikologi dan matematika, berhasil mencetuskan sebuah jaringan. Jaringan yang sekarang kita kenal dengan nama internet ini, berawal karena rasa frustasi yang mengharuskan ia menggunakan tiga terminal terpisah hanya untuk berkomunikasi dengan peneliti lainnya. Peristiwa ini kerap terjadi pada tahun 1966 saat ia masih menjadi peneliti di Advance Research Projects Agency Pentagon (ARPA).

Pada tahun 1966, Bob taylor dari menerima bantuan dana dari beberapa universitas yang ada di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang memberi dana dalam percobaan ini. Tiga tahun kemudian percobaan ini berhasil. Komputer-komputer yang ada di universitas yang memberi dana dapat saling terhubung. Jaringan ini di namakan dengan ARPANET. Jaringan ARPANET inilah yang dikatakan sebagai cikal bakal lahirnya internet.

Saat mengembangkan ARPANET, ia bekerjasama dengan Bill Duvall di Stanford, Len Kleinrock di UCLA, dan seorang programmer muda bernama Charley Kline. Pada tahun 1969, Kline adalah orang pertama yang berhasil mengirimkan pesan kepada Duvall.

Taylor pernah mendapatkan medali dari Presiden Amerika Serikat saat itu, Bill Clinton, atas penghargaan National Medal of Technology and Innovation pada tahun 1999. Namun karena satu dan lain hal, Taylor tidak mengambil medali tersebut.

Meskipun saat ini Taylor sudah tidak ada, namun jasanya akan selalu dikenang dan karyanya sangat berguna bagi semua orang yang ada di dunia. Ia meninggal pada usia 85 tahun, di kediamannya di kota Woodside, California. Ia meninggalkan tiga orang anak, Derek, Erik, dan Kurt Taylor.

Tinggalkan komentar