Contoh Asam Kuat dan Asam Lemah (Rumus Kimia & Reaksi Ionisasinya)

Contoh Asam Kuat dan Asam Lemah (Rumus Kimia & Reaksi Ionisasinya)

Contoh Asam Kuat dan Asam Lemah (Rumus Kimia & Reaksi Ionisasinya) – Asam (yang sering diwakili dengan rumus umum HA) secara umum merupakan senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7. Dalam definisi modern, asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa), atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa. Atau bisa juga didefinisikan sebagai senyawa yang menyebabkan rasa masam pada berbagai materi.

Contoh Asam Kuat dan Asam Lemah (Rumus Kimia & Reaksi Ionisasinya)

Kekuatan Asam ini ditentukan oleh berapa banyak akan meluruh, atau memisahkan, ketika ditempatkan dalam larutan. Asam yang memecah sepenuhnya dan mengeluarkan banyak ion, atau proton, dianggap asam kuat. Sisanya disebut dengan asam lemah.

Asam terbagi ke dalam beberapa bagian yaitu asam kuat dan asam lemah. Asam kuat adalah asam yang benar-benar terionisasi dalam larutan. Yaitu benar-benar terdisosiasi menjadi ion mereka (H+ dan anion) ketika mereka dicampur dengan air. Tidak banyak asam kuat yang ada di dunia ini. Beberapa contoh asam kuat adalah asam sulfat, asam klorida, asam bromida dan asam nitrat.

Sedangkan asam lemah adalah asam yang tidak terionisasi secara signifikan dalam larutan. Misalnya jika sebuah asam dilambangkan dengan HA, maka dalam larutan masih terdapat sejumlah besar HA yang belum terdisosiasi/terionisasi. Jadi bia dikatakan bahwa suatu asam lemah adalah asam yang terionisasi hanya sebagian dalam larutan. Beberapa contoh asam lemah misalnya asam sulfat dan asam klorida.

Lalu apa saja zat asam yang termasuk asam kuat dan asam lemah, serta bagaimana rumus kimianya, dan bagaimana juga reaksi ionisasinya? Dan langsung saja untuk lebih jelasnya simak berikut ini daftar contoh asam kuat dan asam lemah lengkap beserta reaksi ionisasi dan rumus kimianya.

Contoh Asam Kuat Beserta Rumus Kimia dan Reaksi Ionisasinya

NoRumus KimianyaNama asam KuatReaksi ionisasinya
1HBrAsam bromidaHBr→H++Br
2HIAsam iodidaHI→H++I
3HNO3Asam nitratHNO3→H++NO3
4HClO3Asam kloratHClO3→H++ClO3
5HClO4Asam perkloratHClO4→H++ClO4
6H2SO4Asam sulfatH2SO4→2H++SO42-
7HIO3Asam ioditHIO3→H++IO3
8HBrO3Asam bromitHBrO3→H++BrO3
9HBrO4Asam perbromatHBrO4→H++BrO4
10HIO4Asam periodatHIO4→H++IO4
11HClAsam kloridaHCl→H++Cl

Contoh Asam Lemah Beserta Rumus Kimia dan Reaksi Ionisasinya

NoRumus KimianyaNama asam LemahReaksi ionisasinya
1CH3COOHAsam asetatCH3COOH→H++CH3COO
2HFAsam fluoridaHF→ H++F
3HCNAsam sianidaHCN→ H++CN
4H2SAsam sulfidaH2S→2 H++S2-
5H2SO3Asam sulfitH2SO3→2 H++SO32-
6C6H5COOHAsam benzoatC6H5COOH→ H++C6H5COO
7HFAsam FluoridaHF → F- + H+
8HCNAsam SianidaHCN → CN- + H+
9HCIAsam KloridaHCl → Cl- + H+

Demikianlah contoh asam kuat dan asam lemah lengkap beserta rumus kimia dan reaksi ionisasinya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Tinggalkan komentar