9 Contoh Identifikasi dalam Interaksi Sosial dan Kehidupan Sehari Hari

9 Contoh Identifikasi dalam Interaksi Sosial dan Kehidupan Sehari Hari

Pembahasan kali ini adalah kumpulan 9 contoh identifikasi dalam interaksi sosial dan kehidupan sehari hari. Identifikasi adalah suatu proses yang terjadi dalam diri seseorang yang memiliki keinginan atau kecenderungan untuk memiliki kesamaan dengan orang lain. Secara umum bisa juga diartikan sebagai cara seseorang untuk mengambil alih ciri-ciri orang lain atau menjadikannya bagian yang terintegrasi dengan kepribadian dirinya sendiri.

Sekilas, identifikasi ini mirip dengan imitasi, namun pada dasarnya kedua hal tersebut berbeda. Proses identifikasi adalah peniruan dilakukan secara menyeluruh, sehingga proses identifikasi lebih mendalam. Sedangkan proses peniruan imitasi cenderung tidak menyeluruh.

9 Contoh Identifikasi dalam Interaksi Sosial dan Kehidupan Sehari Hari

Identifikasi juga bisa dikatakan sebagai proses lanjutan dari imitasi. Orang yang melakukan imitasi hanya meniru apa yang orang lain lakukan. Tetapi dalam identifikasi, ia menganggap bahwa dirinya adalah idolanya. Ia menganggap dirinya sama dengan yang ditirunya. Proses ini terjadi melalui proses kejiwaan yang sangat mendalam dan sulit dipahami oleh orang yang normal. Kemudian, adanya rasa bangga menyamakan dirinya dengan idola menambah cepatnya proses identifikasi. Proses identifikasi ini juga dapat berlangsung tanpa disadari ataupun dilakukan secara sengaja oleh orang tersebut.

Contoh identifikasi dalam kehidupan sehari hari bisa kita temui manakala ada seseorang yang mengidolakan suatu individu. Maka perilaku, sikap, keyakinan, dan pola hidup yang menjadi idola akan melembaga bahkan menjiwai para pelaku identifikasi sehingga sangat berpengaruh terhadap pembentukan dan perkembangan kepribadiannya.

Namun proses identifikasi ini bisa menjadi positif dan bisa juga membawa dampak negatif. Hal ini karena pihak yang melakukan identifikasi akan kehilangan jati diri dan tidak memiliki karakter. Apalagi jika indivisu atau seseorang yang ditirunya berperilaku negatif. Positif negatifnya proses identifikasi ini tergantung siapa sosok dan individu yang ia pilih untuk diidentifikasikan dengan dirinya.

Lalu apa saja sih contoh contoh identifikasi yang terjadi dalam kehidupan di masyakarat? Untuk lebih jelasnya berikut ini macam macam contoh identifikasi dalam kehidupan sehari hari dan dalam interaksi sosial bermasyarakat.

Contoh Identifikasi

  • Seorang anak laki – laki yang begitu dekat dan akrab dengan ayahnya suka mengidentifikasikan dirinya menjadi sama dengan ayahnya.
  • Seorang anak yang mengidolakan pemain sepakbola misalnya Lionel Messi, maka ia mengidentifikasi dirinya seperti Lionel Messi, mulai dari gaya rambutnya dan bahkan mengumpulkan pernak pernik dan aksesoris yang berhubungan dengan Lionel Messi.
  • Seorang anak mengidolakan guru atau dosennya, sehingga dia mengidentifikasi dirinya seperti guru tersebut.
  • Sorang anak yang mengidolakan seorang dai misalnya yusuf mansur, maka kemudian dia mengidentifikasi dirinya seperti yusuf mansur dan mengikuti segala gerak gerik, cara bertutur kata dan berpakaiannya.
  • Seorang pemain bulu tangkis junior tentunya memiliki seorang idola di level junior, kemudian ia mengikuti dan mengamati setia gerak gerik, strategi dan gaya bermainnya untuk diikuti dan ditiru. Ia yakin akan menjadi seperti idolanya di masa depan.
  • Seorang pria asal Filipina bernama Hubert Chavez melakukan operasi sebanyak 23 kali untuk mengubah wajahnya menjadi Superman. Ia telah jatuh cinta dan terobsesi pada karakter superhero itu sejak berusia lima tahun. Ia bahkan ingin menyuntikkan barang illegal ke ototnya agar terlihat sesuai dengan postur Superman. Ia mengidentifikasi dirinya seperti superman.
  • Contoh identifikasi selanjutnya adalah seorang anak berkeinginan untuk menjadi penyanyi setelah dewasa karena ia ingin menyamai penyanyi idolanya yang ia lihat di acara acara televisi.
  • Wawan sangat menganggumi temannya Budi karena si Budi ramah dan sopan, hal itu lah yang membuat banyak orang yg senang berteman sama si Budi. maka, Wawan berusaha untuk menjadi sama dengan temannya Budi agar ia juga disukai banyak orang.
  • Seorang pemusik terkenal Ebiet G Ade yang memiliki gaya khas dikagumi oleh seorang yang ingin menjadi musisi lainnya. akibatnya, orang tersebut bisanya menempatkan dirinya seolah-olah sama dengan Ebiet. Cara berpakaian, aksi panggung, model rambut, dan cara bernyanyi dimirip-miripkan dengan Ebiet G Ade.

Demikianlah informasi tentang daftar 9 contoh identifikasi dalam interaksi sosial dan kehidupan sehari hari. Semoga macam macam contoh identifikasi diatas menjadikan kita paham dan lebih mengerti tentang proses sebuah identifikasi.

Tinggalkan komentar