10+ Contoh Kebutuhan Tersier dalam Kehidupan Sehari Hari

10+ Contoh Kebutuhan Tersier dalam Kehidupan Sehari Hari

Pada kesempatan ini akan diulas mengenai 10+ contoh kebutuhan tersier dalam kehidupan sehari hari manusia. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha.

10+ Contoh Kebutuhan Tersier dalam Kehidupan Sehari Hari

Kebutuhan manusia banyak sekali contohnya adalah pangan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Namun dapat dikatakan bahwa kebutuhan setiap manusia itu berbeda-beda. Kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

Kebutuhan tersier disebut juga dengan kebutuhan kemewahan atau lux. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang ditujukan untuk menaikan status, derajat sosial dan gengsi seseorang. Kebutuhan tersier akan muncul ketika kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi dalam hidupnya.

Jadi bisa dikatakan bahwa kebutuhan tersier adalah kebutuhan akan barang barang mewah. Keberadaan barang-barang mewah ini secara tidak langsung akan mempertinggi status sosial seseorang di dalam masyarakat. Umumnya jika kebutuhan ini sudah terpenuhi manusia tidak akan mengalami kesulitan dalam kehidupannya.

Contoh Kebutuhan Tersier

Salah satu ciri kebutuhan tersier ditandai dengan adanya keinginan seseorang untuk mendapat pengakuan kemampuan finansial dirinya dari orang lain. Lalu apa saja contoh contoh kebutuhan tersier yang ada dalam kehidupan sehari hari manusia. Simak berikut ini daftar 10+ contoh kebutuhan tersier dan penjelasannya.

Mobil Mewah

Contoh kebutuhan tersier yang pertama adalah mobil mewah. Mungkin bagi kalangan menengah memiliki mobil sudah biasa, namun mobil mewah dan mobil sport dengan harga milyaran rupiah jelaslah termasuk kebutuhan tersier.

Rumah Mewah

Jika rumah dalah kebutuhan primr, namun ketika harta bertumpuk, maka kebutuhan selanjutnya adalah sebuah rumah mewah dengan harga milyaran ditambah dengan desain bagus dan segala perabotan didalamnya.

Perhiasan

Perhiasan seperti intan ,berlian, emas, perak dan permata juga termasuk kebutuhan tersier yang hanya bisa dimiliki setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Harga perhiasan seperti ini sangatlah mahal dan hanya bisa dimiliki oleh kalangan atas.

Wisata ke Luar Negeri

Selanjutnya adalah kebutuhan untuk berwisata ke luar negeri. Karena wisata dalam negeri sudah biasa, maka kebutuhan selanjutnya adalah pergi mengunjungi berbagai lokasi unik di berbagai belahan dunia.

Motor Gede

Motor gede juga termasuk contoh kebutuhan tersier. Bahkan pemakaiannya hanya sesekali saja dan sebagai ajang hobi. Harganya yang mahal membuanya menjadi kebutuhan tersier dan dimiliki oleh kalangan berduit.

Apartemen

Jika rumah sudah dimiliki dan mugkin punya lebih dari satu, mungkin selanjutnya perlu memiliki sebuah apartemen sebagai koleksi sekaligus investasi sebagai kebutuhan tersier.

Transportasi Udara

Contoh kebutuhan tersier selanjutnya adalah alat transportasi udara misalnya helikopter dan pesawat jet pribadi, beberapa kalangan atas memilikinya sebagai penunjang kebutuhan dalam beraktivitas.

Kapal Pesiar

Lalu kapal pesiar sebagai ajang gengsi dan merupakan kebutuhan akhir dimana hanya akan dibeli jika kebutuhan lain baik primer dan sekunder telah terpenuhi.

Smartphone Mewah

Jika smartphone biasa sangat mudah dimiliki, namun smartpone mewah dengan harga belasan dan puluhan juta bisa dikatakan termasuk kebutuhan tersier.

Alat Alat Musik

Alat alat musik seperti piano dan lain sebagainya hanya dimiliki kalangan atas saja, bahkan biasanya dibeli hanya sebagai hiasan rumah. Harganya pun cukup mahal dengan fungsi yang terbatas saja.

Barang Branded

Barang barang branded dan bermerek misalnya merk jam tangan tertentu yang berharga milyaran rupiah. Berbeda dengan jam tangan biasa, jam tangan mewah bisa meningkatkan status kelas seseorang dan termasuk salah satu contoh kebutuhan tersier.

Itulah daftar 10+ contoh kebutuhan tersier dalam kehidupan sehari hari dan penjelasannya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dan menambah pengetahuan mengenai barang dan benda yang termasuk ke dalam kebutuhan tersier.

Tinggalkan komentar