11 Contoh Kontravensi dalam Kehidupan Sehari Hari di Masyarakat

11 Contoh Kontravensi dalam Kehidupan Sehari Hari di Masyarakat

Pembahasan kali ini adalah mengenai daftar 11 contoh kontravensi dalam kehidupan sehari hari di masyarakat umum. Contravertion atau kontraversi adalah bentuk proses sosial yang berada diantara persaingan dan pertentangan/konflik. Kontraversi ditandai dengan adanya ketidakpastian tentang diri seseorang atau suatu rencana , perasaan tidak suka yang disembunyikan, menyimpan suatu dendam, hilangnya kepercayaan, kebencian atau keraguan pada kepribadian seseorang.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kontravensi berarti proses persaingan dan pertikaian yang ditandai oleh gejala ketidakpastian mengenai pribadi seseorang dan perasaan tidak suka yang disembunyikan terhadap kepribadian seseorang.

Contoh Kontravensi dalam Kehidupan Sehari Hari di Masyarakat

Kontravensi termasuk salah satu tipe interaksi sosial yang memiliki sifat disosiatif. Di dalam tipe interaksi sosial disosiatif terdapat konflik, kontravensi dan persaingan. Sikap kontravensi ini bisa ditujukan terhadap suatu keyakinan, rencana, pola pikiran dan gagasan yang dikemukakan oleh individu atau kelompok.

Selain itu terdapat juga klasifikasi kontravensi untuk memudahkan kita dalam memehami apa saja contoh contoh kontravensi yang ada di tengah tengah masyarakat. Klasifikasi kontravensi menurut Leopold von Wiese dan Howard Becker dibagi menjadi lima, yaitu sebagai berikut :

1. Bentuk kontravensi umum, seperti: kekerasan, mengacaukan rencana, menghalang-halangi, melakukan protes, enggan bertindak, melakukan perlawanan, mencitkan gangguan.

2. Bentuk kontravensi sederhana, seperti: mencela seseorang, memfitnah orang lain, memaki pada media sosial, menyangkal seseorang di depan umum.

3. Bentuk kontravensi intensif, seperti: menghasut orang lain, menyebarkan berita bohong untuk menjatuhkan seseorang.

4. Bentuk kontravensi rahasia, seperti: mengkhianati teman, membocorkan rahasia orang lain, mengadukan orang lain.

5. Bentuk kontravensi taktis, seperti: menipu pihak lain, melancarkan tuduhan secara-tiba-tiba.

Nah, setelah memahami sedikit mengenai kontraversi, maka tidak lengkap jika tidak mengetahui macam macam contoh kontravensi. Dan untuk lebih jelasnya simak dibawah ini contoh kontravensi dalam kehdupan sehari hari yang terjadi dalam lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat secara umum.

Contoh Kontravensi

  • Penipuan yang dilakukan oleh seorang pemilik koperasi dengan klaim mampu menggandakan uang hingga berkali lipat sehingga menimbulkan kerugian uang sekelompok orang yang diperkirakan mencapai ratusan orang.
  • Ketua kelas membuat peraturan dalam kelas yang kurang disetujui teman- teman. Maka diam diam seluruh kelas tidak menyukainya.
  • Menghasut dan menyebarkan berita bohong terkait isu sensitif secara luas di dunia maya yang dilakukan oleh sebuah kelompok atau sindikat tertentu.
  • Membongkar berbagai rahasia baik rahasia kelompok maupun pribadi yang dilakukan oleh organisasi Wikileaks yang hampir selalu menggemparkan dunia.
  • OSIS di sekolahmu mempunyai suatu rencana, tetapi kelasmu kurang setuju terhadap rencana tersebut sehingga berkembang rasa tidak suka atau benci namun masih disembunyikan. Tindakan kelasmu tersebut termasuk suatu kontravensi.
  • Terjadinya anak anak sekolah yang tawuran dengan sekolah lain.
  • Sekolahmu akan mengadakan pentas seni, kemudian diadakan sebuah rapat untuk membahasnya. Ketika rapat itu, ada seorang temanmu menyampaikan pendapatnya. Namun seluruh teman sekelasmu tidak ada yang setuju dengan rencana tersebut. Sehingga muncul rasa tidak suka atau benci yang disembunyikan dalam hati. Tindakan yang dilakukan oleh seluruh teman sekelasmu inilah yang disebut dengan kontravensi.
  • Ketua RT membuat kegiatan namun warga kurang setuju dengan kegiatan tersebut sehingga timbul rasa tidak suka yang di sembunyikan.
  • Pertengkaran seorang anak dengan orangtua di rumah.
  • Ketua kelasmu membuat peraturan tapi kamu tidak setuju sehingga berkembang rasa tidak suka yang disembunyikan.
  • Masyarakat melakukan demonstrasi atas kenaikan harga BBM.

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai kumpulan 11 contoh kontravensi dalam kehidupan sehari hari di masyarakat umum. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan ilmu tentang apa itu kontravensi.

Tinggalkan komentar