30+ Contoh Limbah B3 Dalam Kehidupan Sehari Hari yang Berbahaya

30+ Contoh Limbah B3 Dalam Kehidupan Sehari Hari yang Berbahaya

Kali ini akan dibahas mengenai 30+ contoh limbah B3 dalam kehidupan sehari hari yang berbahaya dan beracun. B3 sendiri adalah singkatan dari bahan berbahaya dan beracun yang merupakan zat atau bahan-bahan lain yang dapat membahayakan kesehatan atau kelangsungan hidup manusia, makhluk lain, dan atau lingkungan hidup pada umumnya. Karena sifat-sifatnya itu, bahan berbahaya dan beracun serta limbahnya memerlukan penanganan yang khusus.

35+ Contoh Limbah B3 Dalam Kehidupan Sehari Hari yang Berbahaya

Karena itulah pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun yang mendefinisikan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sebagai zat, energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain.

Sedangkan menurut California Department of Toxic Substance Control, limbah B3 didefinisikan sebagai limbah dengan karakteristik tertentu, yang berpotensi membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan. Jenis limbah B3 sendiri bermacam macam, yang bertama ada limbah B3 dari sumber tidak spesifik, limbah B3 dari sumber spesifik dan limbah B3 dari sumber lain.

Bahan bahan limbah B3 selanjutnya dapat diklasifikasikan dalam beberapa kelompok berdasarkan sifatnya sebagai berikut ini :

  • mudah meledak (explosive);
  • pengoksidasi (oxidizing);
  • sangat mudah sekali menyala (extremely flammable);
  • sangat mudah menyala (highly flammable);
  • mudah menyala (flammable);
  • amat sangat beracun (extremely toxic);
  • sangat beracun (highly toxic);
  • beracun (moderately toxic);
  • berbahaya (harmful);
  • korosif (corrosive);
  • bersifat iritasi (irritant);
  • berbahaya bagi lingkungan (dangerous to the environment);
  • karsinogenik (carcinogenic);
  • teratogenik (teratogenic);
  • mutagenik (mutagenic).

Contoh limbah B3 tidak hanya ada di ingkungan industri/pabrik/perusahaan saja, akan tetapi bisa dengan mudah kita temui di lingkungan rumah tangga, lingkungan sekolah dan lingkngan rumah sakit. Maka dari itu kita haruslah berhati hati agar tidak terkena efek buruk dari bahan bahan beracun dan berbahaya (B3). Contoh limbah B3 yang ada bisa berupa limbah B3 cair, padat dan gas.

Contoh limbah B3 dalam kehidupan sehari hari dan di lingkungan rumah kita misalnya seperti buangan produk yang tidak memenuhi standar yang aman bagi lingkungan atau sisa bahan maupun tumpahan bahan kimia yang sudah kadaluarsa.

Bahkan beberapa diantaranya bersifat mudah meledak, mudah terbakar, beracun, bersifat korosif dan bisa menyebabkan infeksi. Ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kita. Maka dari itu perlulah bagi kita untuk memahami dan mengetahui apa saja contoh contoh limbah B3 yang ada di sekitar kita.

Langsung saja untuk lebih jelasnya simak berikut ini daftar contoh limbah B3 dalam kehidupan sehari hari yang berbahaya dan beracun bagi kesehatan an kelangsungan hidup manusia dan lingkungan.

Contoh Limbah B3

  1. Obat nyamuk
  2. Aerosol
  3. Batterai kering
  4. Oli
  5. Semir sepatu
  6. Kamper
  7. Pengharum ruangan
  8. Pemutih pakaian
  9. Deterjen pakaian
  10. Pembersih kamar mandi
  11. Pembersih kaca/jendela
  12. Pembersih lantai
  13. Pengkilat kayu
  14. Pembersih oven
  15. Pembasmi serangga
  16. Lem perekat
  17. Hair spray
  18. Batu baterai
  19. Bensin
  20. Logam berat
  21. Asam prikat
  22. Asam format
  23. Asal sulfat
  24. Aki (Accu) bekas
  25. Kaporit
  26. Pelarut benzena
  27. Pelarut toluena
  28. Pelarut aseton
  29. Buangan pestisida
  30. Sisa asam sulfat yang digunakan dalam industri baja
  31. Limbah asam dari baterai dan accu
  32. Limbah pembersih sodium hidroksida pada industri logam
  33. Asam formiat yang dihasilkan dari industri karet
  34. Limbah CFC

Demikianlah informasi tentang kumpulan 30+ contoh limbah B3 dalam kehidupan sehari hari yang beracun dan berbahaya. Limbah limbah B3 diatas bisa kita temui dengan mudah di sekitar lingkungan sekitar, misalnya di lingkungan rumah tangga, sekolah dan rumah sakit.

Beberapa diantaranya bahkan merupakan limbah B3 yang mudah meledak sehingga kita harus waspada dan berhati hati. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan.

Tinggalkan komentar