15 Film Kolosal Terbaik Sepanjang Masa yang Paling Populer

15 Film Kolosal Terbaik Sepanjang Masa yang Paling Populer

15 Film Kolosal Terbaik Sepanjang Masa yang Paling Populer – Film kolosal (epic) adalah film yang dibuat dengan skala besar, dengan banyak orang yang terlibat di dalamnya, sehingga sebuah film kolosal bisa melibatkan ratusan hingga ribuan pemeran figuran. Dan dalam industri perfilman hollywood, film film kolosal ini bisa dengan mudah ditemukan, umumnya bertemakan perang dan petualangan, serta berdasarkan sejarah atau peristiwa zaman kuno, dimana banyak perang perang besar terjadi.

Proses pembuatan film kolosal bukanlah hal yang mudah, butuh kejelian tinggi karena produksinya melibatkan banyak orang. Meski begitu, ada beberapa film kolosal produksi hollywood yang mampu menyajikan sinematografi luar biasa. Dimana film tersebut menampilkan alur cerita yang kuat, efek dan grafik visual yang bagus, hingga banyak adegan adegan yang seru dan menegangkan.

Daftar 15 Film Kolosal Terbaik Sepanjang Masa

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar film kolosal terbaik dan terpopuler sepanjang masa yang wajib kamu tonton,

1. THE LORD OF THE RING (TRILOGY)

THE LORD OF THE RING

The Lord of the Rings adalah film petualangan fantasi yang disutradarai oleh Peter Jackson dan didistribusikan oleh New Line Cinema. Film tersebut berdasarkan novel The Lord of the Rings oleh J. R. R. Tolkien. Ada tiga seri yang semuanya sukses, yaitu The Fellowship of the Ring (2001), The Two Towers (2002) dan The Return of the King (2003).

Terletak di Dunia Tengah, film ini menceritakan cerita hobbit Frodo Baggins (Elijah Wood) ketika dia dan Sembilan Pembawa Cincin melakukan perjalanan untuk menghancukan One Ring, dan dengan itu menghancurkan pembuatnya, Dark Lord Sauron. Para Pembawa Cincin terbelah dan Frodo meneruskan perjalanan dengan teman setianya Sam (Sean Astin) dan makhluk pengkhianat Gollum (Andy Serkis). Sementara itu, Aragorn (Viggo Mortensen), putra mahkota Gondor, dan penyihir Gandalf (Ian McKellen) mempersatukan Orang-orang bebas Dunia Tengah dalam Perang Cincin.

2. GLADIATOR (2000)

GLADIATOR (2000)

Gladiator adalah film drama petualangan tahun 2000 yang disutradarai oleh Ridley Scott dan diproduseri oleh Douglas Wick, David Franzoni dan Branko Lustig. Film ini dibintangi oleh Russell Crowe, Joaquin Phoenix, Connie Nielsen, Oliver Reed, Derek Jacobi, Djimon Hounsou dan Richard Harris. Bercerita tentang perjuangan maximus (ksatria pemberani) yang telah berhasil mengalahkan germania dalam pertempuran hebat.

3. BRAVEHEART (1995)

BRAVEHEART (1995)

Braveheart adalah sebuah film laga/drama bersejarah yang diproduksi dan disutradarai oleh Mel Gibson, yang juga membintangi film tersebut. Dalam film ini Gibson memerankan orang skotlandia yang legendaris William Wallace yang melakukan bertarungan untuk merebut Skotlandia dari kekuasaan negara inggris. Meski pada akhirnya dia ditangkap dan dihukum mati, tetapi semangat juangnya tetap ada di dada setiap orang Skotlandia hingga kini.

Film ini memenangkan lima Academy Awards pada tahun 1996 termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Braveheart menjadi film kolosal terbaik pada era 1990-an, sebelum akhirnya muncul film film seperti Gladiator, 300 dan sebagainya.

4. TROY (2004)

TROY (2004)

Troy adalah film yang mengisahkan tentang Perang Troya. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal yaitu Brad_Pitt sebagai Achilles, Eric Bana sebagai Hector, Orlando Bloom sebagai Paris, Diane Kruger sebagai Helen, Brian Cox sebagai Agamemnon, Sean Bean sebagai Odysseus, Rose Byrne sebagai Briseis, Garrett Hedlund sebagai Patroclus, Peter O’Toole sebagai Priam, Brendan Gleeson sebagai Menelaus dan Tyler Mane sebagai Ajax. Troy disutradarai oleh Wolfgang Petersen dan seknario-nya ditulis oleh David Benioff. Film ini dinominasikan pada Oscar dalam kategori desain kostum.

Bercerita di sebuah kerajaan bernama Troya yang mempunyai pangeran besar bernama Hector dan adiknya namanya Paris yang sedang melakukan negosiasi untuk melakukan perdamaian dengan pasukan Sparta.

5. KINGDOM OF HEAVEN (2005)

KINGDOM OF HEAVEN (2005)

Kingdom of Heaven adalah film yang ditulis oleh William Monahan dan disutradarai oleh Ridley Scott. Film ini dibintangi oleh Orlando Bloom, Eva Green, Jeremy Irons, David Thewlis, Marton Csokas, Brendan Gleeson, Alexander Siddig, Ghassan Massoud, Edward Norton, Jon Finch, Michael Sheen dan Liam Neeson.

Film ini secara imajinatif dan fantasi bercerita tentang sosok Balian of Ibelin dari masa Perang Salib pada abad ke-12. Balian diceritakan sebagai seorang pandai besi dari desa di Perancis yang kemudian ikut berperan dalam perang melawan seorang Pemimpin besar Islam, Saladin dan pasukannya yang terkenal dengan kepintaran taktik dan kebijaksanaan yang tinggi.

6. THE HOBBIT (TRILOGY)

THE HOBBIT

The Hobbit adalah film seri bergenre epik fantasi-petualangan yang disutradarai oleh Peter Jackson dan didasarkan pada novel fantasi karya J. R. R. Tolkien berjudul The Hobbit (1937). Ada tiga seri, yaitu An Unexpected Journey (2012), The Desolation of Smaug (2013), dan The Battle of the Five Armies (2014). Ketiganya dianggap sebagai salah satu film kolosal terbaik yang pernah dibuat.

Seri ini merupakan prekuel dari trilogi film The Lord of the Rings. Beberapa aktor The Lord of the Rings akan muncul kembali, termasuk Ian McKellen, Andy Serkis, Hugo Weaving, Cate Blanchett, Christopher Lee, Ian Holm, Elijah Wood, dan Orlando Bloom.

Berlatar di dunia fiksi, tepatnya Dunia Tengah, bercerita tentang perjalanan hobbit Bilbo Baggins (Martin Freeman), yang ditugaskan oleh penyihir Gandalf (Ian McKellen), untuk menemani 13 kurcaci yang dipimpin Thorin Oakenshield (Richard Armitage). Tujuan mereka adalah merebut kembali Pegunungan Sunyi dari naga Smaug (Benedict Cumberbatch).

7. APOCALYPTO (2006)

APOCALYPTO (2006)

Apocalypto adalah film yang disutradarai Mel Gibson, dan dibintangi oleh Rudy Youngblood, Raoul Trujillo, Mayra Sérbulo, Dalia Hernández, Ian Uriel, Gerardo Taracena, Rodolfo Palacios, Bernardo Ruiz Juarez, Ammel Rodrigo Mendoza, Ricardo Diaz Mendoza dan Israel Contreras.

Film ini berlatar di semenanjung Yucatan, Meksiko dan pada masa keruntuhan peradaban Maya. Film ini menceritakan perjalanan seseorang dari salah satu suku Maya yang kabur dari ritual pengorbanan manusia dan menyelamatkan keluarganya dari serangan suku Maya yang lain.

8. 300 (2006)

300

300 adalah film kolosal hollywood berdasarkan serial komik karya Frank Miller dan Lynn Varley. Film ini disutradarai oleh Zack Snyder, sedangkan Miller menjabat sebagai produser eksekutif dan konsultan.

Plot bercerita tentang Raja Leonidas (Gerard Butler), yang memimpin 300 Spartans ke dalam pertempuran melawan Persia “dewa-Raja” Xerxes (Rodrigo Santoro) dan pasukannya berjumlah lebih dari 300.000 tentara. Raja Leonidas dalam film ini diperankan oleh Gerard Butler, dan raja Persia diperankan oleh Lena Headley. Film banyak berisi adegan adegan luar biasa dengan teknologi slow-motion dan special effects yang canggih.

9. FETIH 1453 (2012)

FETIH 1453

Conquest 1453 atau Fetih 1453 adalah sebuah film aksi epik asal Turki yang disutradarai oleh Faruk Aksoy. Film ini dibintangi Devrim Evin, İbrahim Çelikkol dan Dilek Serbest.

Film dibuka di Madinah pada jaman Nabi Muhammad (627). Abu Ayyub al-Ansari berkata kepada sahabat lainnya bahwa Konstantinopel akan ditaklukan oleh komandan dan pasukan yang diberkati. Film ini berdasarkan pada peristiwa-peristiwa menjelang Keruntuhan Konstantinopel (sekarang Istanbul) sampai Turki Ottoman pada masa pemerintahan Sultan Mehmed II.

10. RED CLIFF (2008)

RED CLIFF (2008)

Red Cliff adalah salah satu film kolosal terbaik bergenre perang yang disutradarai oleh John Woo, dan dibintangi oleh Tony Leung, Takeshi Kaneshiro, Zhang Fengyi, Chang Chen, Hu Jun, Lin Chi-ling, dan Zhao Wei. Film ini dibuat berdasarkan peristiwa Pertempuran Chibi pada tahun 208-209 M dan berlangsung pada penghujung Dinasti Han sebelum memasuki periode Zaman Tiga Negara dalam Cina kuno.

Bercerita tentang penyerbuan yang dilakukan oleh pasukan Kaisar Xian atas hasutan Cao Cao kepada Li Bei. Liu Bei berhasil melarikan diri bersama beberapa anak buahnya meskipun berhasil disusul oleh tentara Cao Cao. Kemudian Zhang Fei datang bersama pasukannya untuk membantu Liu Bei yang sedang kesusahan.

11. MONGOL: THE RISE OF GENGHIS KHAN (2007)

MONGOL THE RISE OF GENGHIS KHAN (2007)

Mongol adalah film kolosal gabungan antara Jerman, Kazakhstan, Mongolia dan Rusia. Film ini disutradarai oleh Sergei Bodrov dan dibintangi oleh Tadanobu Asano, Sun Honglei, Khulan Chuluun, dan Odnyam Odsuren. Mongol dinominasikan dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik pada Penghargaan Oscar 2007, namun tidak menang.

Film ini bercerita tentang kehidupan muda Jenghis Khan. Saat itu ia berkelana sendiri di tengah gurun yang panas melawan kerasnya alam. Gengis Khan tumbuh pun menjadi laki-laki kuat yang mampu memimpin pasukannya menguasai hampir seluruh benua Asia bahkan hingga ke Rusia.

12. MASTER AND COMMANDER: THE FAR SIDE OF THE WORLD (2003)

MASTER AND COMMANDER THE FAR SIDE OF THE WORLD (2003)

Master and Commander: The Far Side of the World adalah film drama perang petualangan Amerika Serikat yang disutradarai oleh Peter Weir dan diproduseri oleh Samuel Goldwyn Jr., Duncan Henderson dan Peter Weir. Film ini dibintangi oleh Russell Crowe, Paul Bettany, Billy Boyd, James D’Arcy, Chris Larkin dan Edward Woodall.

Film ini merupakan film kolaborasi kedua Russell Crowe dan Paul Bettany setelah film A Beautiful Mind. Pada Academy Awards ke 76, film ini dinominasikan untuk 10 Oscar, termasuk Best Picture, hingga akhirnya menang dalam dua kategori, Best Cinematography dan Best Sound Editing. Film bercerita tentang seorang kapten sebuah kapal pengawal Inggris, Jack Aubrey, pada bulan April 1805 di mana peperangan sedang berlangsung pada era kekuasaan Napoleon Bonaparte.

13. AGORA (2009)

AGORA (2009)

Agora adalah sebuah film drama sejarah berbahasa Inggris dan Spanyol yang disutradarai oleh Alejandro Amenábar dan ditulis oleh Amenábar dan Mateo Gil. Pada Agora, Alejandro mengangkat berbagai topik yang menyelimuti jalannya cerita, mulai dari konflik agama, percintaan, dan pergolakan politik. Banyak adegan yang cukup sadis dan mengerikan di film ini.

Film dibintangi oleh Rachel Weisz sebagai Hypatia, seorang matematikawan perempuan, filsuf dan astronom di Mesir Romawi abad ke-4, yang menyelidiki kekurangan sistem Ptolemaic geosentris dan model heliosentris yang menentangnya. Dikelilingi oleh gejolak agama dan kerusuhan sosial, Hypatia berjuang untuk menyelamatkan pengetahuan tentang zaman klasik dari kehancuran.

14. THE CHRONICLES OF NARNIA: PRINCE CASPIAN (2008)

THE CHRONICLES OF NARNIA PRINCE CASPIAN (2008)

The Chronicles of Narnia: Prince Caspian adalah sebuah film seri fantasi tahun 2008 dan merupakan film kedua dari seri The Chronicles of Narnia.

Bercerita pertarungan seru antara sang pewaris kerajaan yang sah dan pasukannya melawan tiran beserta pasukananya pula. Dia adalah pangeran Caspian, sang pewaris yang sah dari Narnia, yang melakukan perlawanan kepada raja Miraz, raja kejam yang telah membunuh ayahnya.

15. ROBIN HOOD (2010)

ROBIN HOOD (2010)

Robin Hood adalah film drama perang epik Inggris-Amerika yang didasarkan pada legenda Robin Hood, disutradarai oleh Ridley Scott dan dibintangi oleh Russell Crowe, Cate Blanchett, William Hurt, Mark Strong, Mark Addy, Oscar Isaac, Danny Huston, Eileen Atkins, dan Max von Sydow.

Bercerita tentang Robin Hood, dimulai dari kepulangannya ke kampung halamannya di Nottingham setelah Perang Salib ketiga berakhir, di mana ia mendapati penderitaan rakyat Nottingham yang hidup di tengah tekanan tirani Sheriff di Nottingham. Sang Sheriff menggunakan kekuasaannya untuk memeras rakyat lewat pajak yang harus dibayar dalam jumlah besar. Tak terima dengan kesewenangan sang Sheriff, Robin Hood membentuk pasukan kecil untuk meneror tentara sang Sheriff guna merampok harta milik sang Sheriff untuk dibagikan kembali pada rakyat.

Demikianlah daftar 15 film kolosal terbaik sepanjang masa yang paling populer. Sesuai judulnya film film ditas melibatkan jumlah orang yang banyak dan rata rata bertemakan sejarah, meski begitu berbagai efek dan visual canggih, serta adegan aksi laga yang seru membuatnya tetap menarik untuk di tonton.

Bagikan :

Tinggalkan komentar