10 Film Kungfu Terbaik Sepanjang Masa yang Paling Populer

10 Film Kungfu Terbaik Sepanjang Masa yang Paling Populer

10 Film Kungfu Terbaik Sepanjang Masa yang Paling Populer – Kungfu adalah seni ilmu bela diri yang berasal dari China. Kungfu memiliki jurus jurus dan gerakan yang menarik untuk dilihat, sehingga banyak film layar lebar yang mengangkat perkelahian ala kungfu sebagai temanya.

Film film bertema kungfu mulai bermunculan pertama kali pada tahun1970-an dan terus berlanjut hingga kini. Ada tiga bintang utama yang identik dengan film aksi kungfu, yang pertama tentu saja Bruce Lee, seorang pria dengan karisma yang kuat dalam setiap filmnya.

Kemudian ada Jet Li, seorang pria dengan kepribadian yang penuh kebajikan, keanggunan dan kekuatan yang tak tertandingi. Serta Jackie Chan, seorang yang penuh komedi namun secara ajaib selalu berhasil mengalahkan musuh musuhnya dengan trik trik yang khas.

Film film yang dibintangi oleh ketiganya mendominasi daftar 10 film kungfu terbaik kali dibawah ini. Meskipun ada beberapa bintang lain yang tak kalah bersinarnya, seperti Stephen Chow dan Donnie Yen.

Daftar 10 Film Kungfu Terbaik Sepanjang Masa

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar film kungfu terbaik dan terpopuler sepanjang masa,

1. ENTER THE DRAGON (1973)

enter the dragon

Enter the Dragon adalah film kungfu yang dibintangi Bruce Lee, John Saxon, dan Jim Kelly. Ini adalah film terakhir yang diselesaikan Bruce Lee sebelum kematiannya. Film ini adalah film kung fu pertama yang dibuat oleh sebuah studio Hollywood, sebuah studio yang melambungkan nama Bruce Lee ke dunia internasional. Di film ini, aktor ternama seperti Jackie Chan dan Sammo Hung masih berperan hanya sebagai stuntmen saja.

Tiga ahli kung fu, Lee (Bruce Lee), Roper (John Saxon), dan Williams (Jim Kelly) ambil bagian dalam kompetisi silat di sebuah pulau yang dikuasai oleh kriminal bernama Han (Shih Kien). Lee direkrut oleh agen rahasia untuk menyelidiki operasi Han. Karena Han melarang senjata api di pulau tersebut, Lee harus membela dirinya dengan ilmu silat dan kungfu. Selain itu Lee juga memiliki tujuan pribadi, yaitu menuntut balas akan kematian adiknya.

2. IP Man (2008)

ip man

Ip Man adalah sebuah film aksi-seni bela diri asal Hong Kong yang disutradarai oleh Wilson Yip dengan naskah tulisan Edmond Wong. Film ini dirilis oleh Mandarin Films Distribution di Hong Kong dan Cathay-Keris Films di Singapura. Ip Man dibintangi oleh Donnie Yen, Simon Yam, Lynn Hung, Hiroyuki Ikeuchi, Lam Ka-Tung.

IP man mempelajari Ilmu Bela diri bernama Wing cun sejak usia 13 Tahun. Hingga akhirnya membuat dia membuka Perguruan sendiri. Salah satu muridnya yang fenomenal bernama Bruce Lee. Kehebatan bertarungnya pun mengundang rasa takjum tentara jepang. Namun, Ip Man menolak dan lebih memilih untuk pergi ke Hong Kong. Film ini diadaptasi dari kisah nyata.

3. THE WAY OF THE DRAGON (1971)

the way of the dragon

The Way of the Dragon (Dirilis dengan nama Return of the Dragon di Amerika Serikat) merupakan sebuah film Hong Kong yang dirilis pada tahun 1972. Pemain utamanya adalah Bruce Lee, Nora Miao, dan Chuck Norris.

The Way of the Dragon bercerita tentang Tang Lung (Bruce Lee) yang baru saja tiba di Roma untuk membantu sepupunya dalam berbisnis restoran. Disana, mereka harus dipaksa untuk menjual properti ke sebuah sindikat dan terus mendapat ancaman. Bos sindikat tersebut menyewa seniman bela diri Jepang dan Eropa, namun dengan mudah Tang mengalahkan mereka

Mendengar ada ahli bela diri yang mampu mengalahkan banyak orang dengan mudah, Colt (Chuck Norris), seorang ahli bela diri Amerika yang tidak terkalahkan akhirnya menantang Tang untuk berduel.

4. FIST OF LEGEND (1994)

fist of legend

Fist of Legend adalah sebuah film seni bela diri Hong Kong 1994 yang disutradarai oleh Gordon Chan, yang menampilkan koreografi aksi oleh Yuen Woo-ping, dan diproduksi oleh Jet Li, yang juga membintangi peran utama. Ini adalah film kungfu terbaik yang dibintangi oleh Jet Li. Film ini adalah remake dari film tahun 1972, Fist of Fury, yang dibintangi Bruce Lee sebagai tokoh utama. Selain Jet Li, film ini juga diperankan oleh Chin Siu-ho, Shinobu Nakayama, Billy Chau, Yasuaki Kurata, dan Paul Chun.

Film ini mengisahkan Penyelesaian Internasional Shanghai pada tahun 1937 selama Perang Dunia Kedua ketika Tentara Kekaisaran Jepang ditempatkan di Shanghai yang diduduki oleh Cina. Salah satu tokoh historis China, yakni Master Huo Yuan-jia, pendiri perguruan silat Jing Wu dianggap membahayakan rencana invansi Jepang ke daratan Cina karena posisinya yang dihormati berbagai kalangan. Oleh karena itu, pihak Jepang berusaha membunuhnya. Agar tidak menimbulkan kekacauan maka dilakukan pertarungan silat antara Master Huo dengan jago silat Jepang Akutagawa (Jackson Liu).

5. THE LEGEND OF DRUNKEN MASTER (1994)

THE LEGEND OF DRUNKEN MASTER

The Legend of Drunken Master atau Drunken Master II adalah sebuah film kung fu Hong Kong tahun 1994 yang disutradarai oleh Lau Kar-leung dan Jackie Chan. Film ini dibintangi oleh Jackie Chan, Anita Mui, Ti Lung ,dan Andy Lau. Ini adalah film seni bela diri tradisional Jackie Chan pertama sejak The Young Master (1980) dan Dragon Lord (1982). Film ini dirilis di Amerika Utara sebagai The Legend of Drunken Master pada tahun 2000.

Film ini merupakan tindak lanjut dari film Drunken Master 1978 dari Jackie Chan, yang disutradarai oleh Yuen Woo-ping, tetapi secara teknis adalah reboot dan bukan sekuel cerita langsung. Cerita bermula ketika Jackie Chan baru saja kembali dari perjalanannya bersama ayahnya untuk mendapat rempah – rempah yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengobatan. Perjalanan pun berbuah hasil karena mereka mendapatkan rempah-rempah yang diinginkan. Namun saat perjalanan pulang, terdapat pemeriksaan barang-barang yang membuat keduanya panik. Hal ini karena rempah-rempah tersebut cukup langkah. Tak ingin usahanya sia – sia, Wong Fei Hung mulai menjalankan aksinya agar bisa lolos dan membawa pulang rempah-rempah tersebut.

6. THE 36th CHAMBER OF SHAOLIN (1978)

THE 36th CHAMBER OF SHAOLIN

The 36th Chamber of Shaolin, juga dikenal sebagai The Master Killer, Shaolin Master Killer dan Shao Lin San Shi Liu Fang, adalah sebuah film kungfu Hong Kong 1978 yang disutradarai oleh Liu Chia-liang dan diproduksi oleh Shaw Brothers, dibintangi Gordon Liu. .

The 36th Chamber of Shaolin secara luas dianggap sebagai salah satu film kungfu terbaik dan terbesar dalam sejarah. Menceritakan seorang seorang siswa muda bernama Liu Yude yang ditarik oleh pengajar aktivisnya ke dalam pemberontakan lokal melawan pemerintah Manchu. Para pejabat pemerintah, yang dipimpin oleh Jenderal Tien Ta yang brutal, dengan cepat menemukan dan menekan pemberontakan, melikuidasi sekolah dan membunuh teman-teman dan anggota keluarga siswa. Yude memutuskan untuk mencari pembalasan dendam dan pembebasan bagi orang-orang yang tertangkap, ia kemudian pergi ke kuil Shaolin untuk belajar kung fu.

7. KUNGFU HUSTLE (2004)

kungfu hustle

Kung Fu Hustle adalah sebuah film komedi aksi kungfu Hong Kong-Tiongkok yang disutradarai dan ditulis oleh Stephen Chow, yang juga membintangi peran utama. Film ini bergenre komedi yang dipadukan dengan film aksi dengan efek khusus yang dikembangkan dengan teknologi saat ini.

Latar film ini adalah Shanghai pada tahun 1930-an dan mengisahkan tentang seorang yang bernama Chow yang berniat untuk bergabung dengan Geng Kapak. Namun dalam perjalanannya, Chow menjadi sadar akan tindakannya yang keliru sehingga justru berbalik memusuhi geng kapak. Perpaduan aksi dan komedi menjadi pengiring di sepanjang film ini.

8. FIST OF FURY (1972)

FIST OF FURY (1972)

Fist of Fury atau The Chinese Connection adalah film seni bela diri Hong Kong yang disutradarai oleh Lo Wei, dan dibintangi Bruce Lee. Lee memerankan Chen Zhen, seorang siswa dari Huo Yuanjia, yang berjuang untuk membela kehormatan orang-orang Cina dalam menghadapi agresi asing, dan untuk mengadili mereka yang bertanggung jawab atas kematian tuannya

Pada awal abad ke-20 Shanghai, Chen Zhen kembali ke Sekolah Jingwu untuk menikahi tunangannya. Namun, berita tragis menunggunya: tuannya Huo Yuanjia telah meninggal, tampaknya karena sakit.  Selama pemakaman, orang-orang dari dojo Jepang di Distrik Hongkou tiba untuk mengejek para siswa Jingwu. Chen menghadapi permusuhan dari para siswa Jepang dan mereka terlibat perkelahian. Chen Zhen mengalahkan mereka semua, termasuk sensei mereka, seorang diri dan dengan mudah, menggunakan nunchaku sebagai senjata selama pertarungan.

9. IRON MONKEY (1993)

Iron Monkey, 1993

Iron Monkey adalah sebuah film seni bela diri Hong Kong yang ditulis dan diproduksi oleh Tsui Hark dan disutradarai oleh Yuen Woo-ping. Film ini dibintangi oleh Donnie Yen, Yu Rongguang, Jean Wang, Angie Tsang dan Yuen Shun-yi.

Film ini adalah kisah fiksi dari sebuah episode di masa kecil pahlawan rakyat Cina Wong Fei-hung dan ayahnya Wong Kei-ying, dan pertemuan mereka dengan “Iron Monkey”.  Plot cerita berpusat pada seorang seniman bela diri bertopeng yang dikenal sebagai Iron Monkey. Iron Monkey sebenarnya adalah alter ego seorang tabib pengobatan tradisional Cina yang bernama Yang Tianchun. Pada hari itu, Yang menjalankan kliniknya dan memberikan perawatan medis gratis untuk orang miskin, yang ia subsidi dengan membebankan pasiennya yang kaya. Pada malam hari, ia berpakaian hitam dan berkeliling kota untuk merampok orang kaya dan membantu orang miskin.

10. SHAOLIN SOCCER (2001)

shaolin soccer

Shaolin Soccer adalah film Hongkong yang dirilis pada tahun 2001. Film ini disutradarai dan juga diperankan oleh Stephen Chow. Film yang mengisahkan seorang gelandangan yang ingin mengubah nasib dengan cara menerapkan ilmu bela diri shaolin yang dia miliki, dan berusaha mengumpulkan saudara-saudara seperguruannya untuk menjadi pemain sepak bola.

Sing adalah master dari Shaolin Kung Fu, yang tujuan hidupnya adalah untuk mempromosikan manfaat spiritual dan praktis dari seni untuk masyarakat modern. Dia kemudian bertemu Golden Foot Fung, seorang bintang sepak bola legendaris di Hong Kong pada zamannya. Sing menjelaskan keinginannya kepada Fung yang menawarkan jasanya untuk melatih Sing dalam sepak bola. Akhirnya Sing dan Fung berusaha mengumpulkan tim sepak bola yang tidak ada duanya.

Demikianlah 10 film kungfu terbaik sepanjang masa yang paling populer. Semua daftar sudah dianggap oleh berbagai pihak sebagai film kungfu terbesar yang pernah diproduksi hingga saat ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Tinggalkan komentar