20+ Fungsi Musik Secara Umum Beserta Penjelasannya [Lengkap]

20+ Fungsi Musik Secara Umum Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Fungsi musik – Pengertian musik adalah nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Musik juga bisa diartikan sebagai sebuah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan

Musik memiliki beberapa unsur penyusun utama. Adapun 8 unsur seni musik antara lain adalah melodi, irama atau ritme, birama, harmoni, tangga nada, tempo, dinamika dan timbre. Komposisi musik terdiri dari unsur-unsur tersebut sehingga menjadi sebuah kesatuan.

Kita sering mendengarkan musik dalam aktivitas sehari-hari, baik musik tradisional atau musik modern. Musik modern saat ini terdiri dari berbagai jenis-jenis musik, sebut saja seperti pop, hip hop, R&B, rock, jazz, country, reggae, soul, funk, EDM dan lain sebagainya.

Lantas apa sebenarnya manfaat dan fungsi musik secara umum? Selain sebagai media hiburan, musik juga memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Musik memiliki banyak manfaat dalam bidang hiburan, pendidikan, upacara, ekspresi diri, ekonomi dan lain sebagainya.

(baca juga tangga lagu India terbaru)

fungsi musik

Fungsi Musik

Berikut ini adalah 20 fungsi, kegunaan dan manfaat mendengarkan musik beserta penjelasannya dalam kehidupan sehari-hari selengkapnya.

1. Sebagai Media Ekspresi

Fungsi musik berperan sebagai media ekspresi seseorang. Dengan musik, membuat seseorang memiliki media untuk mengungkapkan ekspresi baik dari nada, irama atau lirik lagu yang dinyanyikan. Seorang seniman akan lebih mudah berekspresi atau mengungkapkan perasaannya melalui musik.

2. Sebagai Media Hiburan

Musik juga berfungsi sebagai media hiburan. Sering sekali kita mendengarkan musik sebagai media hiburan dan entertainment saat sedang bosan. Mendengarkan musik akan membuat kita terhibur, sesuai dengan selera genre musik dan lagu favorit kita.

3. Sebagai Media Komunikasi

Musik menjadi bahasa universal yang bisa digunakan sebagai media komunikasi. Musik yang berlaku di suatu daerah kebudayaan mengandung isyarat-isyarat tersendiri yang hanya diketahui oleh masyarakat pendukung kebudayaan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari teks ataupun melodi musik tersebut.

4. Sebagai Media Pendidikan

Musik juga bisa berfungsi sebagai media pendidikan juga. Musik dijadikan sarana dalam belajar mengajar sebagai proses pembelajaran di sekolah. Fungsi musik di bidang pendidikan bisa dijadikan sarana agar siswa lebih mudah menyerap pembelajaran.

5. Sebagai Sarana Komersial

Musik juga bisa dijadikan sebagai sarana komersial. Di era modern, musisi menjadi pekerjaan dengan bayaran mahal. Menjadi penyanyi juga membuat orang menjadi terkenal. Penghasilan didapatkan dari penjualan album atau bayaran dari konser musik.

6. Sebagai Sarana Upacara

Fungsi musik sebagai upacara juga bisa diterapkan. Media musik erat kaitannya dengan berbagai ritual dan upacara, sebut saja seperti momen pernikahan, kelahiran, kematian, upacara keagamaan atau kenegaraan serta momen-momen penting lainnya.

7. Sebagai Sarana Kreativitas

Musik juga bisa menjadi sarana meningkatkan kreativitas. Kreasi musisi bisa diwujudkan dalam memainkan alat musik atau ketika menulis lagu. Hal ini tentu mendorong kreativitas tinggi dari para musisi agar musik mereka bisa didengarkan dan dinikmati pendengarnya.

8. Sebagai Sarana Terapi

Fungsi musik juga penting untuk sarana terapi. Musik dapat menenangkan jiwa dan untuk keperluan kesehatan. Dalam hal ini musik bisa digunakan sebagai terapi penyembuhan yang cukup efektif dan sudah dibuktikan lewat penelitian terkait.

9. Sebagai Pengiring Tarian

Musik sangat erat kaitannya dengan tarian. Tak lengkap kegiatan menari tanpa adanya musik pengiring. Tak heran jika musik berfungsi sebagai sarana pengiring tarian. Melodi musik dan ritme tarian yang selaras tentu akan menciptakan pertunjukan yang bagus dan keren.

10. Sebagai Simbol Kebudayaan

Musik juga berfungsi sebagai simbol kebudayaan dari suatu daerah. Tiap daerah tentu memiliki musik daerah yang khas yang kadang menjadi ciri khas daerah tersebut. Beberapa suku dan daerah di Indonesia seperti Batak, Minang, Sunda, Jawa, Ambon dan Madura dikenal memiliki lagu-lagu daerah khas yang terkenal.

11. Meningkatkan Kecerdasan

Fungsi musik juga bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan. Bagaimana bisa? Faktanya penelitian menunjukkan orang yang ahli bermain musik cenderung dapat meningkatkan intelejensi orang dan meingkatkan fungsi otak.

12. Memperbaiki Mood

Manfaat musik juga dirasakan untuk dapat memperbaiki mood. Saat kita sedang bosan, jenuh atau lelah dengan kehidupan, seringkali mendengarkan musik menjadi pelariannya. Mood kita pun bisa berubah menjadi baik dengan mendengarkan musik favorit.

13. Menghilangkan Stress

Sedang stress? Ada baiknya kita mendengarkan musik untuk mengatasinya. Saat stress, musik cukup ampuh dan efektif untuk menghilangkan rasa stress akibat masalah dan problematikan yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

14. Menimbulkan Perasaan Tenang

Manfaat mendengarkan musik akan membuat kita menjadi tenang. Hal ini sudah diteliti bahwa musik efektif membuat jiwa dan hati tenang dari segala masalah dan rasa gundah, terutama jika mendengarkan musik-musik klasik yang slow dan easy listening.

15. Sebagai Media Seni dan Estetika

Fungsi musik juga ada pada media seni dan estetika. Musik itu sebuah karya seni, sebuah karya seni harus memiliki nilai estetis atau keindahan di dalamnya. Melalui musik ini kita bisa merasakan keindahan dari melodi yang dihasilkan musik tersebut.

16. Sebagai Media Dakwah

Musik juga bisa digunakan sebagai media dakwah. Di era modern, ada banyak lagu-lagu religi dengan lirik yang mengandung nasehat dakwah untuk para pendengarnya. Banyak juga lagu-lagu dengan lirik yang mengajak kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

17. Sebagai Identitas Organisasi

Manfaat musik juga penting sebagai identitas organisasi. Hal ini diwujudkan dengan pembuatan lagu tema atau jingle dari sebuah instansi, lembaga, organisasi atau bahkan dalam tingkat negara sekalipun, lewat adanya lagu kebangsaan pada tiap negara.

18. Sebagai Media Promosi

Musik berfungsi sebagai media promosi dalam bidang perdagangan dan ekonomi. Kini tiap produk yang diiklankan hampir semua memiliki jingle dan lagu tema masing-masing yang khas, sehingga menjadi ciri khas dari merk yang dijual tersebut.

19. Sebagai Pengontrol Suasana

Dalam sebuah event atau kegiatan, fungsi musik penting untuk mengontrol suasana. Dalam suasana ramai, bisa diputarkan musik-musik ceria yang ngebeat agar menjadi lebih semarak. Dalam suasana khidmat, bisa memutar musik yang easy listening. Artinya musik penting untuk mengontrol suasana dalam sebuah kegiatan.

20. Menimbulkan Reaksi Jasmani

Manfaat mendengarkan musik juga penting untuk menimbulkan reaksi jasmani. Sering kali kita menjadi bergerak saat mendengarkan musik, dari mulai menjetikkan jari, berjoged hingga menari-nari. Musik dapat menciptakan reaksi jasmani seseorang yang seirama dengan musik.

Nah demikian 20 fungsi musik dan manfaat mendengarkan musik, baik fungsi musik tradisional atau daerah, fungsi musik modern dan fungsi musik secara umum.

Tinggalkan komentar