Fungsi Pranata Sosial Secara Umum Bagi Masyarakat

Fungsi Pranata Sosial Secara Umum Bagi Masyarakat

Fungsi Pranata Sosial Secara Umum Bagi Masyarakat – Pranata sosial (social institution) berasal dari bahasa asing social institutions yang berarti sebagai lembaga kemasyarakatan atau kumpulan norma (sistem norma). Pengertian pranata sosial adalah himpunan sistem norma dari segala tingkatan yang tujuannya adalah untuk mengatur tindakan anggota masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

Fungsi Pranata Sosial Secara Umum Bagi Masyarakat

Pranata sosial bisa juga diartikan sebagai  sebuah sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktifitas dan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. Karena pranata sosial adalah suatu kebutuhan sosial, maka di dalamnya terdapat seperangkat aturan.

Dalam mempelajari tentang pranata sosial ini haruslah secara menyeluruh, termasuk mengetahui peran dan fungsi pranata sosial itu sendiri bagi kehidupan masyarakat secara umum. Pranata sosial memiliki peran atau fungsi yang sangat penting di dalam masyarakat baik itu disadari atau tidak disadari. Maka dari itu fungsi dari pranata sosial ini bisa digolongkan atas dua pertimbangan, yaitu fungsi yang di sadari atau pun yang tidak disadarai dan positif atau negatif.

Fungsi pranata sosial cukup penting dalam masyarakat diantaranya adalah memberikan sumbangan agar masyarakat selalu dalam ketertiban sesuai aturan yang berlaku. Selain itu ada beberapa fungsi lainnya yang juga tak kalah pentingnya. Berikut penjelasannya :

Fungsi Pranata Sosial Secara Umum

Pada dasarnya pranata sosial mempunyai peran dan fungsi penting dalam masyarakat yaitu fungsi secara umum dan fungsi besar. Berikut ini fungsi-fungsi pranata sosial secara umum :

1. Memberikan pedoman kepada anggota dan warga masyarakat dalamhal tata cara bertingkah laku dan bersikap dalam bermasyarakat. Yaitu agar sesuai dengan kaidah dan aturan dalam pemenuhan kebutuhan hidup, agar tingkah lakunya sesuai dengan yang diharapkan masyarakat dan dapat bersikap dengan baik saat menghadapi masalah.

Contohnya :

  • Larangan membuang sampah sembarangan
  • Menghormati orang yang lebih tua.
  • Membantu tetangga
  • Menjenguk sahabat yang sakit

2. Fungsi pranata sosial selanjutnya adalah untuk menjaga keutuhan masyarakat dari berbagai ancaman perpecaan dan disintegrasi bangsa sehingga kehidupan menjadi lebih kokoh dan kuat.

3. Untuk memberikan pegangan kepada masyarakat dalam sistem pengendalian sosial (social control). Yaitu mengadakan sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota-anggotanya. Hal itu dimaksudkan agar apa yang dilakukannya tidak menyimpang dari norma-norma yang ada dalam masyarakat.

Fungsi Pranata Sosial (Manifes dan Laten)

Selain fungsi pranata sosial secara umum tersebut, pranata sosial memiliki dua fungsi besar yaitu fungsi manifes (nyata) dan fungsi laten (terselubung). Berikut adalah 2 fungsi besar pranata sosial dalam masyarakat dan penjelasannya menurut Paul B. Horton dan Chester L. Hunt :

1. Fungsi Manifes

Fungsi manifes (manifest function) adalah fungsi yang nyata, tampak, disadari dan menjadi harapan bagi sebagian besar masyarakat. Fungsi manifes ini disadari oleh keseluruhan masyarakat. Misalnya adalah dalam pranata keluarga, semuanya tahu bahwa fungsinya adalah untuk melanjutkan dan melahirkan keturunan baru (reproduksi) serta mendidik anak (sosialisasi). Lalu misalnya pada pranata ekonomi harus menghasilkan dan menyalurkan kebutuhan pokok ke tempat yang membutuhkan. Sedang dalam sekolah maka haruslah mendidik para siswa.

2. Fungsi Laten

Fungsi Laten (latent function) adalah fungsi yang tersembunyi, tidak tampak, tidak diakui, tidak disadari dan tidak diharapkan oleh banyak orang. Atau jika diakui dianggap sebagai hasil sampingan saja. akan tetapi keberadaannya masih ada dan memberikan sumbangan bagi bertahannya masyarakat.

Misalnya dalam pranata keluarga sebagai fungsi sosial dimana seorang anak diajarkan bagaimana tata krama, sopan santun dan cara berperilaku dalam masyarakat, jika ia menyimpang dari yang diajarkan, maka ia akan mendapatkan sanksi dalam keluarganya. Bisa juga terjadi dalam hal pewarisan gelar dalam keluarga.

Demikianlah informasi mengenai daftar 3 fungsi pranata sosial secara umum bagi masyarakat lengkap beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Tinggalkan komentar