10 Gurun Terluas di Asia yang Terbesar Wilayahnya

10 Gurun Terluas di Asia yang Terbesar Wilayahnya

Gurun adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit yaitu kurang dari 250 mm per tahun. Gurun juga disebut gurun pasir atau padang pasir. Terdapat banyak gurun terbesar di dunia, kebanyakan gurun pasir terluas ada di benua Asia. Untuk itu kali ini akan dibahas mengenai daftar 10 gurun terluas di Asia dengan area luas wilayah yang paling besar.

Pengertian gurun adalah daerah yang jarang menerima curah hujan dan memiliki kemampuan kecil untuk menunjang kehidupan. Gurun sebagian besar terdiri dari permukaan batu karang dan hamparan pasir yang membentang di sekelilingnya. Gurun kadang memiliki kandungan cadangan mineral berharga yang terbentuk di lingkungan kering. Selain itu banyak fosil dan peninggalan bersejarah lain yang biasanya terkubur dalam gurun pasir.

Persebaran bioma gurun banyak terdapat di wilayah benua Afrika Utara, Amerika Utara, Austalia dan gurun di benua Asia. Banyak juga flora dan fauna yang tinggal di wilayah gurun. Untuk kategori flora atau tumbuhan contohnya adalah kaktus,, pohon kurma dan zaitun. Sedangkan contoh binatang (fauna) yang tinggal beradaptasi di wilayah gurun adalah unta, tikus, kadal dan serangga gurun.

10 Gurun Terluas di Asia

Saat ini predikat gurun terbesar di dunia adalah gurun Antartika dengan luas wilayah 14 juta km persegi. Meski begitu gurun ini adalah hamparan wilayah es di antartika, meski masih masuk kategori gurun. Jika tidak menghitung gurun es, maka gurun terluas di duni adalah gurun Sahara di benua Afrika. Lantas bagaimana dengan gurun terbesar di benua Asia? Apa saja yang masuk daftar 10 gurun terluas di Asia saat ini?

1. Gurun Arabian

gurun terluas di dunia gurun arabian

Luas gurun : 2.330.000 km persegi
Negara : Irak, Jordania, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yaman

Gurun terbesar di Asia dalah gurun Arabian atau Arabian desert. Gurun ini memiliki total luas area sebesar 2,33 juta km persegi dan termasuk gurun subtropis. Letaknya berada di kawasan Asia Barat dan meliputi wilayah banyak negara Timur Tengah, misalnya yaitu Irak, Jordania, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Yaman. Gurun Arabian ini terdiri dari beberapa sub-gurun yaitu gurun Al-Khatim, gurun Al-Dahna, gurun Rub’ al-Khali, gurun Nefud, gurun Judaean dan gurun Negev.

2. Gurun Gobi

gurun terluas di dunia gurun gobi

Luas gurun : 1.000.000 km persegi
Negara : Mongolia, Cina

Gurun Gobi terletak di Asia Tengah, lebih tepatnya letak gurun Gobi ada di negara Mongolia dan Cina. Luas wilayah gurun Gobi adalah 1 juta km persegi. Jika hanya menghitung satu jenis gurun saja, maka gurun Gobi adalah gurun terluas di Asia. Hal ini dikarenkan gurun Arabian yang ada di peringkat 1 sebenarnya terdiri dari banyak gurun dalam 1 kawasan. Gurun Gobi pun terkenal sebagai salah satu dari 10 gurun terbesar di dunia.

3. Gurun Suriah

gurun terluas di dunia gurun suriah

Luas gurun : 520.000 km persegi
Negara : Irak, Jordania, Suriah

Syrian desert atau gurun Suriah juga termasuk gurun terbesar di benua Asia. Luas wilayah gurun Suriah adalah 520 ribu km persegi dan termasuk gurun subtropis. Letaknya berada di kawasan Asia Barat, yang meliputi wilayah negara Irak, Jordania dan sesuai namanya, juga melewati negara Suriah. Gurun ini termasuk salah satu gurun pasir terbesar di dunia yang ada di daerah Timur Tengah.

4. Gurun Karakum

gurun terluas di asia gurun karakum

Luas gurun : 350.000 km persegi
Negara : Turkmenistan

Dengan luas area sebesar 350 ribu km persegi, gurun Karakum merupakan gurun terluas ke-4 di Asia. Gurun ini termasuk cold winter desert. Letaknya berada di negara Turkmenistan yang berada di Asia Utara. Jika hanya menghitung gurun yang hanya ada di 1 negara saja, maka gurun Karakum menjadi gurun terluas di 1 negara yang ada di benua Asia.

5. Gurun Kyzylkum

gurun terluas di dunia gurun kyzylkum

Luas gurun : 300.000 km persegi
Negara : Kazakhstan, Turkmenistan, Uzbekistan

Gurun terluas di benua Asia berikutnya adalah gurun Kyzylkum. Luas gurun ini adalah 300 ribu km persegi. Letak gurun Kyzkylkum berada di antara negara Kazakhstan, Turkmenistan dan Uzbekistan. Ketiganya merupakan negara negara yang ada di Asia Utara.

6. Gurun Taklamakan

gurun terluas di dunia gurun taklamakan

Luas gurun : 270.000 km persegi
Negara : Cina

Selain gurun Gobi, Cina juga memiliki gurun terluas lainnya yaitu gurun Taklamakan. Gurun pasir ini memiliki luas wilayah sebesar 270 ribu km persegi. Gurun Taklamakan termasuk cold winter desert dan menjadi salah satu gurun terluas di Asia Tengah.

7. Gurun Thar

gurun terluas di dunia gurun thar

Luas gurun : 200.000 km persegi
Negara : India, Pakistan

Kawasan Asia Selatan juga memiliki gurun terbesar di Asia. Salah satunya adalah gurun Thar. Letak gurun Thar berada di negara India dan Pakistan yang berada di Asia Selatan. Luas wilayahnya sebesar 200 ribu km persegi sehingga gurun ini termasuk salah satu gurun paling luas yang ada di benua Asia.

8. Gurun Dasht-e Margo

gurun terluas di dunia gurun dasht-e margo

Luas gurun : 150.000 km persegi
Negara : Afghanistan

Gurun Dasht-e Margo juga masuk urutan gurun terluas di Asia berikutnya. Luas wilayah gurun Dasht-e Margo adalah 150 ribu km persegi. Letak gurun ini ada di negara Afghanistan. Gurun Dasht-e Margo termasuk gurun pasir tipe subtropis yang paling luas yang ada di benua Asia.

9. Gurun Registan

gurun terluas di dunia gurun registan

Luas gurun : 146.000 km persegi
Negara : Afghanistan

Selain gurun Dasht-e Margo, negara Afgahanistan juga memiliki gurun luas lainnya yaitu gurun Registan. Gurun Registan ini memiliki luas area sebesar 146 ribu km persegi. Sama seperti gurun dasht-e Margo, gurun Registan ini tergolong gurun tipe subtropis.

10. Gurun Dasht-e Kavir

gurun terluas di dunia gurun dasht-e kavir

Luas gurun : 77.000 km persegi
Negara : Iran

Peringkat gurun terluas di Asia yang ke-10 ditempati oleh gurun Dasht-e Kavir. Gurun Dasht-e Kavir ini terletak di negara Iran di kawasan Asia Barat. Gurun Dasht-e Kavir termasuk gurun dengan tipe subtropis. Luas wilayah dari gurun Dasht-e Kavir adalah 77 km persegi.

Nah itu tadi info dunia mengenai list 10 gurun terluas di Asia selengkapnya terbaru. List di atas hanya menampilkan nama gurun di benua Asia saja meliputi gurun di Asia Barat, Asia Tengah dan Asia Selatan.

Tinggalkan komentar