11 Hewan Terbesar di Dunia Saat Ini dengan Ukuran Raksasa

11 Hewan Terbesar di Dunia Saat Ini dengan Ukuran Raksasa

11 Hewan Terbesar di Dunia Saat Ini dengan Ukuran Raksasa – Di bumi ini terdapat berbagai spesies hewan dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda beda. Mulai dari binatang yang tak terlihat oleh mata, hingga paus biru dengan ukuran mencapai puluhan meter, yang berarti sama atau mungkin lebih besar dari sebuah rumah atau kapal.

Meski begitu, besar bukan berarti ganas dan berbahaya. Beberapa yang masuk daftar hewan terbesar justru sangat jinak dan tidak membahayakan manusia, namun bukan berarti semuanya jinak, beberapa sangat mematikan dan berbahaya. Yang pasti, ukuran tubuh hewan yang besar akan menyebabkan mereka terlihat menyeramkan.

Besarnya seekor hewan dapat diukur dari beberapa aspek seperti panjang, tinggi dan ukuran beratnya. Perpaduan berbagai aspek ini memunculkan paus biru sebagai hewan terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini, panjangnya mencapai hingga 33 meter dan berat hingga 181 ton, kemudian disusul dengan hewan hewan raksasa lainnya.

11 Hewan Terbesar di Dunia

Dan langsung saja, berikut ini adalah daftar 11 hewan terbesar di dunia saat ini lengkap ukuran beserta berat dan panjangnya.

Paus Biru

Hewan Terbesar di Dunia

Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut yang tergolong dalam subordo paus balin.Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan beratnya tercatat sebesar 181 ton atau lebih. Binatang ini diyakini merupakan hewan terbesar di dunia yang pernah diketahui.

Paus yang panjang dan ramping ini memiliki bagian belakang yang berwarna abu-abu kebiruan dan bagian depan yang lebih terang. Ia hidup di samudra Antartika, samudra Pasifik, samudra Hindia dan samudra Atlantik.

 

Cumi-Cumi Kolossal

Hewan Terbesar di Dunia

Mesonychoteuthis hamiltoni atau biasa di sebut cumi-cumi kolossal, Mempunyai mata sebesar piring makan. Spesies ini di ketahui sebagai cumi-cumi terbesar saat ini. Pertama kali di foto setelah hewan ini terjebak di sebuah jaring perahu pencari ikan. Cumi-cumi betina setengah dewasa yang di teliti di laboratorium wellington, selandia baru , mempunyai ukuran lebih dari 18 kaki dan berat 230 kg. jika sampai pada ukuran dewasa hewan ini bisa mencapai 14 meter. habitanya di wilayah laut selatan dan Samudra Antartika.

Gajah Afrika

Hewan Terbesar di Dunia

Gajah afrika adalah spesies hewan dari genus Loxodonta, 1 dari 2 genus yang masih hidup dalam Elephantidae. Gajah afrika berukuran lebih besar dari gajah asia. Gajah Afrika adalah Hewan darat terbesar di dunia dengan berat 6,350 kg dan panjang mencapai 10,6 meter. Namun gajah afrika betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, gajah afrika betina hanya bisa mencapai tinggi 5.4 – 6.9 meter dan berat hanya sekitar 3 ton.

Jerapah

Hewan Terbesar di Dunia

Jerapah adalah mamalia berkuku genap endemik Afrika dan merupakan spesies hewan tertinggi di dunia yang hidup di darat. Jerapah jantan dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat yang dapat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan. Jerapah memiliki leher yang amat sangat panjang, yang bisa mencapai lebih dari 2 meter.

Jerapah berkerabat dengan rusa dan sapi tetapi dari suku yang berbeda, yaitu Giraffidae yang mencakup jerapah sendiri dan kerabat terdekatnya, okapi. Habitat aslinya mencakup area dari Chad sampai dengan Afrika Selatan

Beruang Coklat

Hewan Terbesar di Dunia

Beruang cokelat (Ursus arctos) adalah salah satu jenis beruang yang hidup di wilayah timur Eurasia dan Amerika Utara. Beruang cokelat bisa berbobot 130–700 kg (300–1500 pon). Beruang kodiak termasuk jenis beruang cokelat yang terbesar, yang seukuran dengan beruang kutub. Ada beberapa subspesies beruang cokelat, antara lain: beruang cokelat suriah, beruang cokelat kodiak, beruang cokelat alaska, beruang cokelat amerika (grizzly) dan beruang cokelat meksiko.

Populasi beruang cokelat ada di sebagian wilayah Rusia, Amerika Serikat (kebanyakan Alaska), Kanada, wilayah Karpathia (terutama Rumania ), juga di Ukraina, Slowakia, Polandia dan sebagainya. Bahkan Balkan, Swedia dan Finlandia, menetapkan beruang sebagai hewan nasional. Jadi, Beruang cokelat memiliki habitat yang paling luas dari semua jenis beruang.

Hiu Paus

Hewan Terbesar di Dunia

Hiu paus (Rhincodon typus) adalah hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar. Diberi nama whale shark karena ukuran tubuhnya yang besar dan kebiasaan makannya dengan menyaring air laut menyerupai kebanyakan jenis paus. Hiu paus memiliki pola warna di punggungnya yang bertotol-totol, serupa bintang di langit. Hiu ini mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat, dan dapat hidup hingga berusia 70 tahun.

Buaya Muara

Buaya muara atau buaya bekatak (Crocodylus porosus) adalah jenis buaya terbesar di dunia. Dinamai demikian karena buaya ini terutama hidup di sungai-sungai dan di dekat laut (muara). Buaya ini juga dikenal dengan nama buaya air asin, buaya laut, dan nama-nama lokal lainnya. Dalam bahasa Inggris, dikenal dengan nama Saltwater crocodile, Indo-Australian crocodile, dan Man-eater crocodile.

Buaya ini dijuluki sebagai pemakan manusia, karena buaya ini terkenal pernah (dan sering) memangsa manusia yang memasuki wilayahnya. Buaya ini tersebar di seluruh perairan dataran rendah dan perairan pantai di daerah tropis Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Australia (Indo-Australia). Berat Buaya Muara ini bisa mencapai 1.360 kg dengan panjang tubuh hingga 6,3 meter.

Burung Unta

Hewan Terbesar di Dunia

Burung unta merupakan burung terbesar di dunia yang masih hidup. Dengan ketinggian hingga 2,5 meter (8 kaki) dan berat sekitar 156 kg, ia cukup besar seukuran orang dewasa berbadan kecil menunggang mereka dan telah digunakan di sebagian Afrika Utara dan Arab sebagai hewan tunggangan perlombaan. Burung ini tidak dapat terbang dan termasuk dalam kumpulan primitif yang kurang dikenal, yaitu ratit (Palaeognaths). Nama ilmiahnya Struthio camelus.

Burung unta berasal dari sabana dan bagian gurun Afrika di utara dan selatan zona hutan khatulistiwa. Burung unta dibudidayakan di berbagai tempat di dunia untuk diambil bulunya sebagai hiasan. Kulitnya dipakai untuk menghasilkan bahan tekstil dan dagingnya dijual secara komersial

Salamander Raksasa Cina

Hewan Terbesar di Dunia

Salamander Raksasa Cina (Andrias davidianus) adalah salamander terbesar di dunia yang panjangnya dapat mencapai hingga 165 cm dengan berat 64 kg, ia merupakan spesies asli dari RRC. Salamander ini merupakan Hewan yang dilindungi karena populasinya berkurang dengan cepat.

Gajah Laut

Binatang Terbesar di Dunia

Gajah laut adalah hewan yang termasuk dalam keluarga anjing laut, yang berarti jenis anjing laut terbesar di dunia. Gajah laut ini adalah karnivora. Ukuran berat seekor Gajah Laut jantan dapat mencapai 4 ton.

Anakonda Hijau

Binatang Terbesar di Dunia

Anakonda hijau atau Boa air yang bernama binomial Eunectes murinus adalah salah satu spesies Ular berukuran besar yang terdapat di hutan hujan di Amerika Selatan. Ular ini merupakan jenis ular terbesar di dunia yang masih tersedia populasinya.

Panjang tubuhnya bisa mencapai 8 meter. Sedangkan berat tubuhnya secara keseluruhan bisa mencapai 250 kg. Banyak pula penemuan-penemuan spesimen yang panjangnya mencapai 13 meter dengan ukuran tubuh sebesar batang pohon kelapa.

Demikianlah daftar 11 hewan terbesar di dunia saat ini dengan ukuran raksasa. Setidaknya dengan melihat daftar diatas, kita memiliki gambaran tentang mana saja hewan paling besar yang pernah hidup dan tercatat ukurannya.

Tinggalkan komentar