Jenis-Jenis Batik di Indonesia & Macam-Macam Motif Batik [+Gambar]

Jenis-Jenis Batik di Indonesia & Macam-Macam Motif Batik [+Gambar]

Jenis-jenis batik di Indonesia – Pengertian batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Ada banyak macam-macam batik di Indonesia yang ada. Batik bisa dibuat melalui berbagai macam teknik. Secara umum penggolongan batik berdasarkan teknik pembuatannya dibagi menjadi batik tulis, batik cap, batik lukis dan batik printing.

Sementara berdasarkan coraknya ada lebih banyak lagi jenis-jenis batik di Indonesia. Bahkan klasifikasi macam-macam batik tidak ada yang baku, karena varian motif dan corak batik yang begitu fleksibel dan sangat bervariasi.

Tiap daerah bisa saja memiliki motif batik yang khas masing-masing. Corak batik bisa mirip satu sama lain juga, tergantung pada warisan luhur hingga kreatifitas dari pembatik di tiap-tiap daerah.

Macam-Macam Batik di Indonesia

Berikut adalah macam-macam motif batik yang ada di Indonesia dari dulu sampai sekarang, baik batik tradisional maupun batik modern.

Batik Kraton

Batik Kraton merupakan tipe batik dasar yang berkembang di Indonesia. Motif batik kraton mengandung makna filosofi hidup. Batik jenis ini awalnya berkembang di lingkungan keraton dan dibuat oleh para ahli batik keraton.

Batik Sudagaran

Batik Sudagaran merupakan jenis motif larangan dari kalangan keraton, dimana tercipta motif baru yang sesuai selera masyarakat saudagar. Singkatnya jika batik kraton digunakan di lingkungan keraton, maka batik sudagaran ini boleh dipakai masyarakat umum.

Batik Cuwiri

jenis-jenis batik cuwiri

Batik Cuwiri adalah jenis motif batik yang menggunakan zat pewarna soga alam. Umumnya batik ini digunakan untuk semekan dan kemben, juga digunakan pada saat upacara mitoni.

Batik Petani

Batik Petani merupakan jenis batik yang sederhana, umumnya dibuat ibu rumah tangga saat waktu luang sehingga tidak bersifat profesional. Ciri-cirinya batik ini kasar dan tidak halus. Motifnya turun temurun sesuai daerah masing-masing.

Batik Tambal

Batik Tambal merupakan salah satu jenis motif batik di Indonesia. Motif batik tambal memiliki arti menambal atau memperbaiki hal-hal yang rusak sesuai filosofis hidup manusia.

Batik Sida Mukti

Batik Sida Mukti merupakan jenis motif batik yang biasanya terbuat dari zat pewarna soga alam. Umumnya jenis batik sida mukti ini digunakan sebagai kain dalam kegiatan adat dan upacara perkawinan.

Batik Sekar Jagad

Batik Sekar Jagad merupakan salah satu motif batik khas Nusantara. Motif batik ini mengandung makna kecantikan, keindahan dan keanekaragaman sehingga orang lain yang melihat akan terpesona.

Batik Pringgondani

Batik Pringgondani merupakan jenis motif batik khas Indonesia. Umumnya jenis batik ini memiliki motif yang ditampilkan dalam warna-warna gelap seperti biru indigo dan soga-coklat serta penuh sulur-suluran kecil yang diselingi dengan naga.

Batik Kawung

Batik Kawung adalah motif batik yang bentuknya berupa bulatan mirip buah kawung, sejenis kelapa atau sebagai kolang-kaling. Biasanya jenis batik kawung ini ditata rapi secara geometris.

Batik Sida Luhur

macam-macam batik sida luhur

Batik Sida Luhur adalah salah satu motif batik pedalaman yang cukup populer. Sesuai dengan namanya, motif ini bermakna harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi dan dapat menjadi panutan masyarakat.

Batik Sida Asih

Batik Sida Asih merupakan salah satu jenis motif batik populer di Indonesia. Makna dari motif sida asih adalah harapan agar manusia mengembangkan rasa saling menyayangi dan mengasihi antar sesama.

Batik Megamendung

Batik Megamendung merupakan karya seni batik yang identik dan bahkan menjadi ikon batik daerah Cirebon dan daerah Indonesia lainnya. Memang motif batik mega mendung ini mempunyai kekhasan yang tidak ditemui di daerah penghasil batik lain.

Batik Parang

Batik Parang merupakan salah satu motif batik yang paling tua di Indonesia. Perengan menggambarkan sebuah garis menurun dari tinggi ke rendah secara diagonal. Susunan motif S jalin-menjalin tidak terputus melambangkan kesinambungan.

Nah itulah macam-macam batik di Indonesia secara umum beserta gambar dan penjelasannya. Selain itu banyak corak khas batik lain yang ada sesuai khas daerah masing-masing juga.

Tinggalkan komentar