50+ Jenis-Jenis Media Sosial di Internet dan Contohnya [Terlengkap]

50+ Jenis-Jenis Media Sosial di Internet dan Contohnya [Terlengkap]

Jenis-jenis media sosial – Pengertian sosial media atau jejaring sosial secara umum adalah platform online dimana usernya bisa membangun interaksi dan relasi satu sama lain dengan background dan minat yang sama. Sosial media menjadi bagian penting di era modern, dimana hampir semua orang memiliki akun sosial media.

Contoh media sosial terpopuler yang banyak digunakan misalnya adalah Facebook, Twitter atau Instagram. Ada juga jejaring sosial asli Indonesia, misalnya adalah Kaskus sebagai forum online terbesar di Indonesia. Perlu dicatat jika istilah situs jejaring sosial pun tidak termasuk aplikasi chat dan komunikasi seperti WhatsApp, BBM atau Line.

Faktanya ada banyak jenis-jenis jejaring sosial yang ada. Tidak hanya Facebook atau Instagram saja. Tidak melulu Twitter atau Tumblr. Jika didata ada ratusan sosial media, dari sosial media umum, situs berbagi, microblogging, forum dan komunitas hingga jejaring sosial khusus pada minat atau negara tertentu.

Lantas apa saja macam-macam media sosial yang populer yang ada di dunia? Di bawah ini akan dibagikan ulasan mengenai contoh dan jenis-jenis media sosial.

(baca juga macam-macam search engine)

Jenis-Jenis Media Sosial

Berikut akan dijelaskan beberapa sosial media terpopuler beserta logo, jenis, konsep, tahun rilis dan jumlah user yang terdaftar selengkapnya

Facebook

Jenis : Sosial media umum
Tahun dirilis : 2004

Facebook dikenal sebagai salah satu sosial media terpopuler. Diperkirakan terdapat lebih dari 1 miliar user Facebook. Kita tentu tidak asing dengan sosial media yang satu ini. Dengan Facebook, kita bisa berbagi status, pesan, foto, video dan sebagainya.

Twitter

jenis-jenis media sosial twitter

Jenis : Situs mikroblog
Tahun dirilis : 2006

Twitter juga dikenal salah satu jejaring sosial media paling banyak digunakan. Total ada 600 juta user yang terdaftar dari aplikasi Twitter ini. Sosial media ini juga dapat digunakan untuk mendapat update berita serta lebih dekat dengan artis atau tokoh idola.

Instagram

Jenis : Foto dan video sharing
Tahun dirilis : 2010

Instagram kini bisa dibilang menjadi sosial media yang sedang naik daun. Dengan lebih dari 300 juta user terdaftar, Instagram kian digandrungi oleh netizen semua umur. Kita bisa berbagai update foto, video atau story video dengan para pengikut.

Pinterest

Jenis : Pinboard dan foto
Tahun dirilis : 2011

Pinterest pertama dirilis tahun 2011 dan menjadi sosial media yang cukup digemari. Kita bisa berbagi foto dan kesukaan kita dengan sistem pinboard. Pinterest tetap bertahan sebagai sosial media populer dengan total puluhan juta user.

Linkedin

Jenis : Jejaring bisnis dan profesional
Tahun dirilis : 2003

LinkedIn dikenal sebagai sosial media khusus untuk bisnis dan profesional. Akun LinkedIn biasa berisi foto dan status resmi, sering juga digunakan untuk melamar pekerjaan, mencari relasi dan mitra bisnis. LinkedIn pun masih dibutuhkan banyak orang sampai sekarang.

Tumblr

Jenis : Mikroblog dan sosial media
Tahun dirilis : 2007

Total sosial media Tumblr memiliki jumlah pengguna lebih dari 200 juta user. Hal ini menandakan bahwa Tumblr layak menjadi salah satu situs media sosial terpopuler di dunia, dimana user bisa berbagi status, foto dan tulisan di blog Tumblr.

MySpace

Jenis : Sosial media umum
Tahun dirilis : 2003

MySpace sempat menjadi sosial media terpopuler dan terbesar di zamannya. Total ada 300 juta user terdaftar di MySpace. Belakangan sosial media ini agak kalah bersaing dengan kompetitornya, dan kini agak lebih berfokus pada musik dan pop culture.

SoundCloud

Jenis : Musik dan suara online
Tahun dirilis : 2008

SoundCloud menjadi sosial media yang sedang naik daun. Total ada puluhan juta user terdaftar di SoundCloud sejak pertama diluncurkan tahun 2008.  Dengan SoundCloud, kita bisa berbagi musik dan suara online, tak heran jika banyak musisi indie memanfaatkan platform ini.

Contoh Sosial Media Lainnya

Berikut ini adalah macam-macam media sosial lainnya yang banyak digunakan dan diminati selain yang sudah dijelaskan di atas.

Sosial MediaTahun DirilisKeterangan
Academia.edu2008Untuk akademisi/peneliti
About.me2009Sosial media umum
Bebo2005Sosial media umum
Buzznet2005Tentang musik & budaya pop
Crunchyroll2006Anime dan forum
Delicious2003Bookmartk website
DevianArt2000Komunitas seni grafis
Flickr2004Fotografi & berbagi foto
Focus.com2005Tentang bisnis
Foursquare2009Berbagi lokasi
Friendster2002Jejaring media sosial
Gaia Online2003Anime dan video game
Goodreads2006Katalog buku dan perpustakaan
Google+2011Sosial media umum
Kiwibox1999Sosial media umum
Last.fm2002Tentang musik
LiveJournal1999Media blog Rusia
Mixi2000Sosial media Jepang
Open Diary1998Komunitas blog online
Orkut2004Jejaring media sosial
Plurk2008Mikro blog Taiwan
Quora2009Situs tanya jawab
Qzone2005Sosial media China
ReverbNation.com2006Untuk musisi/band indie
Sina Weibo2009Sosial media China
Skyrock2002Sosial media bahasa Prancis
Sonico.com2007Sosial media bahasa Spanyol
StumbleUpon2001Web dan kesukaan
Tagged2004Sosial media umum
Taringa!2004Sosial media Argentina
VK2006Sosial media Rusia
Viadeo2004Koneksi kampus global
Wattpad2006Pembaca dan penulis
Xing2003Tentang bisnis

Nah itulah macam-macam contoh media sosial yang populer dan terkenal di dunia beserta penjelasannya. Beberapa sosial media terpopuler di dunia contohnya adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest dan masih banyak lagi yang lainnya. Sekian info jenis-jenis media sosial kali ini.

Tinggalkan komentar