Jenis-Jenis Musik dan Macam-Macam Genre Musik [Terlengkap]

Jenis-Jenis Musik dan Macam-Macam Genre Musik [Terlengkap]

Jenis-jenis musik populer dan pengertiannya – Semua orang suka mendengarkan musik. Baik itu pop, hip hop, EDM atau rock, tentu tiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda. Lebih jauh, aliran musik dangdut, country atau K-Pop juga termasuk genre musikt tradisional dari tiap negara.

Memang ada banyak macam-macam musik yang berbeda. Misalnya musik jazz yang easy listening tentu berbeda dengan musik metal yang cadas. Tiap genre musik juga bisa memiliki subgenre, misalnya genre musik rock memiliki subgenre punk rock, alternative rock atau hard rock.

Tidak ada pengelompokkan jenis musik secara pasti. Hal-hal yang membedakan satu aliran musik dengan yang lain misalnya adalah ciri-ciri, karakteristik, tempo, ritme, melodi nada, penggunaan alat musik, pemilihan lirik dan sebagainya.

(baca juga kumpulan lagu barat terbaru)

jenis-jenis musik populer

Jenis-Jenis Musik Populer

Di bawah ini akan dijelaskan jenis-jenis genre musik populer di dunia, dari mulai musik klasik, musik populer (pop, rock, hip hop, R&B, jazz, dll) serta musik tradisional (country, latin, dangdut, dll) beserta pengertian, penjelasan dan nama-nama penyanyi yang terkenal di tiap-tiap genre.

Musik Klasik

Musik klasik merupakan salah satu jenis-jenis musik yang tergolong dalam unsur musik seni. Yang termasuk jenis musik klasik juga meliputi aliran avant-grande, kontemporer, musik opera, musik orkestra dan lain-lain. Jenis musik ini juga mengacu pada genre musik klasik khas Eropa di masa lampau.

Nama-nama musisi klasik yang paling berpengaruh sepanjang masa misalnya adalah Ludwig van Beethoven, Wolfgang Amadeus Mozart, Peter Tchaikovsky dan lain-lain.

Musik Pop

Musik pop dianggap sebagai genre musik terpopuler di dunia. Genre musik pop sangat general hingga bisa dipadukan dengan genre musik populer lainnya. Batasan musik pop dengan jenis musik lain seperti rock, R&B atau blues sangat tak menentu sehingga musik pop dianggap sebagai musik populer secara keseluruhan.

Nama-nama penyanyi pop terkenal di dunia misalnya adalah Michael Jackson, Whitney Houston, Prince, Madonna, Bruno Mars, Katy Perry, Taylor Swift dan lain-lain.

Musik Rock

Musik rock menjadi genre musik populer yang berakar dari musik rock n’ roll di era 50an. Terdapat banyak subgenre musik rock misalnya seperti alternative rock, punk rock, progressive rock, psychedelic rock, hard rock, indie rock hingga aliran metal yang mulai dianggap berdiri sendiri.

Nama-nama grup band rock terbaik dan terpopuler di dunia misalnya adalah The Beatles, Led Zeppelin, Pink Floyd, The Rolling Stones, Queen, Bon Jovi dan lain-lain.

Musik R&B

R&B merupakan singkatan dari rhythm and blues. Aliran musik ini berasal dari kalangan Afro-Amerika di era 40an dan 50an yang merupakan turunan dari musik jazz dan blues. Di era modern, banyak lagu-lagu R&B yang dipadukan dengan musik pop dan hip hop.

Nama-nama penyanyi R&B terbaik di dunia misalnya adalah Beyonce, Mariah Carey, Alicia Keys, Usher, John Legend dan lain-lain.

Musik Hip Hop

Musik hip hop berakar dari budaya pantai timur Amerika atau East Coast. Hip hop pun dipadukan dengan teknik rap yaitu menyanyi dengan cepat, hingga musik hip hop juga sering disebut sebagai musik rap. Genre hip hop juga erat kaitannya dengan penduduk Amerika keturunan Afrika.

Nama-nama penyanyi hip hop atau rapper terbaik dan terkenal di dunia misalnya adalah Jay-Z, Eminem, Kanye West, Drake, Wiz Khalifa dan lain-lain.

Musik Jazz

Jazz merupakan genre musik perpaduan blues, ragtime dan musik khas Eropa. Musik jazz juga identik dengan classical music di era klasik. Ada banyak subgenre musik jazz dari mulai smooth jazz, swing, cool jazz, bebop, classical jazz, free jazz, fusion jazz dan lain-lain.

Nama-nama penyanyi jazz terbaik dari dulu sampai sekarang misalnya adalah Miles Davis, Louis Armstrong, John Coltrane, Duke Ellington dan lain-lain.

Musik Reggae dan Ska

Ska dan reggae merupakan aliran musik yang berasal dari negara Jamaika. Pertama muncul di tahun 60an namun baru dikenal dunia sejak era 70an berkat popularitas Bob Marley and the Wailers. Ciri khas musik reggae adalah tempo lambat dan lirik lagu tentang cinta, kehidupan dan kebebasan.

Nama-nama penyanyi reggae terbaik dan paling terkenal misalnya adalah Bob Marley, Peter Tosh, Jimmy Cliff, Desmond Dekker dan lain-lain.

Musik Metal

Musik metal awalnya adalah subgenre dari rock, namun kini sudah dianggap sebagai aliran musik yang berdiri sendiri. Genre musik ini sangat cadas dan keras dengan tempo cepat dan lirik yang cenderung menyeramkan. Banyak subgenre metal seperti thrash metal, speed metal, death metal, progressive metal, metalcore dan lain-lain.

Nama-nama grup band metal barat terbaik di dunia misalnya adalah Metallica, Black Sabbath, Iron Maiden, Judas Priest, Slayer dan lain-lain.

Musik Electronic

Musik electronic sudah ada sejak era 50an dan 60an hingga era 70an saat populer musik disco. Seiring berkembangnya zaman, teknologi yang maju membuat musik electronic terus berkembang. Kini dikenal istilah EDM atau electronic dance music yang begitu diminati di era 2000an lewat para DJ top dunia.

Nama-nama penyanyi atau grup bergenre EDM misalnya adalah Daft Punk, David Guetta, Zedd, Calvin Harris dan lain-lain.

Musik Blues

Genre musik blues menjadi salah satu genre musik yang sudah ada sejak lama. Blues berkembang dari masyarakat Afro-Amerika. Jenis genre musik ini kemudian banyak memberi pengaruh pada genre lain, sebut saja seperti pop, jazz, R&B, hip hop dan lain-lain.

Nama-nama penyanyi dan musisi blues terbaik misalnya adalah B.B. King, Muddy Waters, Jimi Hendrix, Robert Johnson dan lain-lain.

Musik Funk

Musik funk merupakan salah satu macam-macam genre musik populer. Aliran musik ini berasal dari daerah Afrika dan Amerika di mana mencampurkan musik jazz, RnB, dan soul. Ciri khasnya adalah dentuman gitar dan bass yang khas dan ritme yang terpotong-potong.

Nama-nama penyanyi dan musisi funk terkenal dan berpengaruh misalnya adalah James Brown, Sly and the Family Stone, Tower of Power dan lain-lain.

Musik Tradisional

Selain genre musik populer seperti pop, rock, hip hop atau R&B, ada juga aliran musik tradisional yang ada di beberapa negara. Aliran musik ini khas di tiap negara dan sifatnya terikat, misalnya seperti dangdut (Indonesia), country (Amerika Serikat), latin (negara-negara Amerika Selatan), K-Pop (Korea Selatan) dan lain-lain.

  • Musik country (Amerika Serikat), contoh nama penyanyi country terkenal misalnya adalah Kenny Rogers, Johnny Cash, Carrie Underwood, Dolly Parton dan lain-lain.
  • Dangdut (Indonesia), contoh nama-nama penyanyi dangdut terpopuler misalnya adalah Rhoma Irama, Meggy Z, Rita Sugiarto, Elvy Sukaesih, Via Vallen dan lain-lain.
  • Latin (Spanyol dan negara Amerika Latin), contoh penyanyi latin terbaik yang terkenal misalnya adalah Shakira, Enrique Iglesias, Ricky Martin, Don Omar dan lain-lain.
  • K-Pop (Korea Selatan), contoh nama-nama grup boyband dan girlband Korea terpopuler misalnya yaitu Super Junior, EXO, Girls’ Generation, BTS, Blackpink dan lain-lain.

Itulah info jenis-jenis musik populer dan tradisional yang dikenal di seluruh dunia. Beberapa genre musik populer seperti musik pop, rock, EDM, hip hop dan R&B masih diminati sampai sekarang, sementara aliran musik lain seperti jazz, reggae dan metal juga memiliki segmentasi khusus. Sekian penjelasan jenis-jenis musik dan pengertiannya.

Tinggalkan komentar