17+ Jenis Virus Komputer Beserta Macam dan Cara Mengatasinya

17+ Jenis Virus Komputer Beserta Macam dan Cara Mengatasinya

Jenis virus komputer – Salah satu masalah yang sering melanda komputer adalah adanya virus komputer. Ada banyak nama-nama virus komputer yang kita kenal seperti worm atau trojan. Lantas apa saja macam-macam virus komputer yang ada beserta bahayanya serta cara mengatasinya?

Ada banyak jenis-jenis virus komputer yang ada. Dari mulai yang tidak terlalu berbahaya dan mudah dihilangkan sampai yang sangat berbahaya dan sangat susah diatasi. Ada bervariasi tujuan dan efek dari virus komputer mulai dari menghilangkan data hingga merusak hardware komputer sekalipun.

Efek paling umum adalah komputer menjadi lambat dan tentu akan menurunkan produktivitas kerja. Adanya antivirus memang penting sebagai sistem proteksi, baik yang gratis atau berbayar. Antivirus dan firewall komputer dapat mencegah dan membasmi virus yang terdeteksi di komputer.

Namun agar lebih efisien, kita harus juga mengenal macam-macam virus komputer yang ada agar pencegahan dan solusi yang kita lakukan juga sesuai. Hal ini karena tiap jenis virus komputer memiliki efek dan cara mengatasi yang juga berbeda-beda.

(baca juga merk flashdisk terbaik)

jenis virus komputer

17 Jenis Virus Komputer

Berikut ini adalah 17+ jenis-jenis virus komputer beserta penjelasan, bahayanya serta cara mengatasi virus komputer yang paling efektif dan efisien.

Worm

Worm merupakan virus yang menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Hal ini membuat sumber daya komputer yaitu harddisk menjadi penuh akan worm itu. Worm juga bisa menggandakan diri dengan cepat.

Cara mengatasi virus worm bisa dilakukan dengan beberapa produk antivirus yang optimal misalnya seperti Antivirus Pro dan sebagainya.

Trojan

Trojan merupakan jenis virus komputer yang mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi. Kemudian virus tersebut mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.

Cara mengatasi virus trojan bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa antivirus khusus untuk virus trojan, misalnya seperti Trojan Remover, Trojan Hunter dan sebagainya.

Spyware

Spyware merupakan virus yang memantau komputer yang terinfeksi. Jenis virus ini dapat memasang dirinya ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data atau merusak sistem.

Cara mengatasi jenis virus ini bisa dilakukan proteksi dengan menggunakan antivirus atau firewall komputer secara rutin dan berkala.

Polymorphic virus

Polymorphic virus merupakan virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi. Virus ini memiliki kemampuan yang pintar dan dapat membuat dirinya bersandi dengan otomatis saat sedang menginfeksi sistem.

Cara mengatasi virus jenis ini adalah dengan melakukan pencegahan karena jika sudah terinfeksi akan susah mengatasinya. Untuk itu proteksi antivirus dan firewall harus terus dilakukan.

Web Scripting Virus

Jenis virus web scripting ini adalah sebuah kode program untuk operasi konten dalam website. Meski secara definisi bukan termasuk virus, namun web scripting cukup mengganggu user.

Cara mengatasi web scripting virus cukup mudah, bisa dilakukan dengan pembersihan rutin dengan sistem proteksi bawaan Windows atau antivirus lainnya.

FAT Virus

FAT virus adalah singkatan dari File Allocation Table virus. Jenis virus ini pun cukup berbahaya bagi user karena memiliki kemampuan merusak file-file yang ada pada komputer kita.

Cara mengatasi FAT virus cukup susah, karena harus memperhatikan tiap file pada folder penyimpanan. Jika ada file-file mencurigakan maka itu terindikasi sebagai FAT virus.

Macro Virus

Macro virus adalah jenis virus yang mengganggu file dengan beberapa ekstensi seperti .docm, .xls dan sebagainya. Biasanya jenis virus ini menyebar seiring dengan email yang dikirim.

Cara mengatasi macro virus dapat dilakukan adalah dengan tidak membuka email mencurigakan yang masuk lewat perangkat komputer anda.

Memory Resident Virus

Memory resident virus adalah jenis virus yang diciptakan untuk menginfeksi memori RAM, sesuai dengan namanya. Efeknya tentu akan berakibat pada komputer yang menjadi berjalan lambat.

Cara mengatasi jenis virus ini adalah dengan menggunakan antivirus biasa favorit masing-masing user untuk menjalankan proteksi dan pembasmian virus.

Multipartite Virus

Multipartite virus memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis memory resident virus. Hanya saja setelah menginfeksi RAM, jenis virus ini bisa menginfeksi sistem operasi tertentu dan harddisk juga.

Cara mengatasi jenis virus ini dengan melakukan defrag harddisk secara teratur atau membersihkan adanya bad sector pada partisi harddisk.

Companion Virus

Companion virus merupakan jenis virus yang dapat mengganggu data-data pribadi. Virus ini cukup susah dideteksi karena bersembunyi di dalam harddisk dan dapat mengubah ekstensi file-file kita.

Cara mengatasi companion virus bisa dilakukan dengan pencegahan dengan menggunakan antivirus atau firewall sebagai sistem proteksi komputer.

Rootkit

Rootkit adalah jenis virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja. Awalnya rootkit tidak berbahaya, namun belakangan digunakan sebagai perangkat perusak.

Cara mengatasi jenis virus ini bisa dilakukan proteksi dengan menggunakan antivirus atau firewall komputer secara rutin dan berkala.

Overwrite Virus

Overwrite virus merupakan jenis virus yang cukup unik karena dapat menghapus file atau data yang sudah terinfeksi tanpa mengurangi kapasitas harddisk komputer.

Cara mengatasi overwrite virus adalah mencari data yang sudah terinfeksi tersebut, kemudian menghapusnya agar tidak menyebar ke file-file lainnya.

Directory Virus

Directory virus merupakan jenis virus yang menyerang file dengan ekstensi .exe. Akibatnya banyak program yang tidak dapat dibuka dan komputer juga akan melambat.

Cara mengatasi directory virus cukup susah karena antivirus biasa tidak bisa mengatasinya. Salah satu cara adalah melakukan install ulang dengan membackup data-data penting terlebih dahulu.

Direct Action Virus

Direct action virus adalah salah satu macam-macam virus komputer yang menginfeksi jenis file Bat Autoxec yang ada pada hardisk. Virus ini tergolong virus yang mudah diatasi.

Cara mengatasi direct action virus pun cukup mudah, bisa dihilangkan dengan melakukan scanning rutin dengan antivirus biasa.

Boot Sector Virus

Boot sector virus merupakan jenis virus menyerang bagian terkecil harddisk yang dikenal sebagai boot sector. Artinya virus ini tidak menyerang file dan program dalam komputer.

Cara mengatasi boot sector virus hanya ada satu yakni dengan melakukan pengaturan hard drive menjadi ke dalam mode write protect.

Backdoor

Backdoor memiliki konsep yang hampir sama dengan virus trojan. Hanya saja, backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja, misalnya yaitu game.

Cara mengatasi jenis virus ini bisa dilakukan proteksi dengan menggunakan antivirus atau firewall komputer secara rutin dan berkala.

Rogue

Rogue merupakan jenis virus yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal. Bahkan rogue memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Rogue membuka celah keamanan dalam komputer untuk mendatangkan virus lain.

Cara mengatasi jenis virus ini bisa dilakukan proteksi dengan menggunakan antivirus atau firewall komputer secara rutin dan berkala.

Nah itulah info macam-macam virus komputer dan cara mengatasinya. Beberapa jenis-jenis virus komputer seperti worm, trojan, spyware atau FAT virus memang cukup mengganggu dan juga berbahaya bagi komputer kita. Kita pun harus rutin melakukan scanning dengan antivirus untuk sistem proteksi.

Tinggalkan komentar