Karakteristik Benua Afrika Lengkap Beserta Ciri-Ciri dan Penjelasannya

Karakteristik Benua Afrika Lengkap Beserta Ciri-Ciri dan Penjelasannya

Karakteristik benua Afrika – Benua Afrika adalah benua yang cukup unik dan khas. Afrika menjadi benua terbesar kedua di dunia. Banyak hal-hal unik di Afrika seperti ragam flora-fauna serta keadaan alam benua Afrika yang sangat khas. Selain itu terdapat karakteristik benua Afrika lainnya meliputi negara di benua Afrika, bentang alam benua Afrika dan ciri-ciri benua Afrika lainnya. Apa saja karakteristik benua Afrika?

Benua Afrika merupakan benua yang membentang dari bumi bagian utara sampai bagian selatan. Artinya benua Afrika dilewati oleh garis khatulistiwa. Benua Afrika berdekatan dengan benua Eropa dan Asia. Bahkan wilayah daratan benua Asia dan Afrika hanya dipisahkan oleh Terusan Suez.

Luas wilayah benua Afrika adalah 30,37 juta km persegi sedangkan jumlah penduduknya sebanyak 1,23 miliar jiwa. Terdapat sekitar 54 jumlah negara di benua Afrika yang diakui oleh dunia. Beberapa negara di Afrika yang terkenal antara lain adalah Mesir, Nigeria, Afrika Selatan, Ethiopia, Somalia, Libya, Ghana, Aljazair, Maroko dan Kenya.

(baca juga karakteristik benua Asia)

karakteristik benua afrika

Karakteristik Benua Afrika

Benua Afrika memiliki ciri-ciri dan karakteristik tertentu yang unik dan khas. Karakteristik benua Afrika ini meliputi berbagai aspek, misalnya seperti letak, posisi, batas wilayah, keadaan alam, luas wilayah, jumlah penduduk, sejarah, iklim dan cuaca serta kemajuan ekonomi negara negara di benua Afrika. Berikut ini merupakan karakteristik benua Afrika lengkap beserta penjelasan selengkapnya.

Benua Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia

Benua Afrika adalah benua dengan luas wilayah terbesar kedua di dunia setelah benua Asia. Total luas wilayah benua Afrika adalah 30.370.000 km persegi atau mencakup 20,4% total luas daratan di dunia. Pembagian wilayah di benua Afrika terdiri dari lima kawasan di antaranya yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrka Tengah dan Afrika bagian Selatan.

Benua Afrika adalah benua dengan jumlah penduduk terbanyak kedua

Benua Afrika juga termasuk benua dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia. Total populasi penduduk benua Afrika diperkirakan sekitar 1.225.080.510 jiwa. Benua Afrika hanya kalah dari benua Asia selaku benua dengan jumlah penduduk terbanyak. Populasi penduduk benua Afrika mencakup 16% total populasi di seluruh dunia. Dengan jumlah SDM penduduk yang banyak, benua Afrika memiliki banyak potensi di berbagai bidang.

Benua Afrika adalah benua yang dilalui tiga garis lintang utama

Benua Afrika termasuk salah satu benua yang unik. Letak astronomis benua Afrika dilalui oleh tiga garis lintang utama, yaitu garis khatulistiwa (0°), garis balik Utara (23 ½°LU), dan garis balik Selatan (23 ½°LS). Hal ini hanya terjadi di benua Afrika dan tidak ditemui di benua lain.

Benua Afrika adalah benua dengan rata-rata usia penduduk termuda

Dibanding benua lain, benua Afrika merupakan benua dengan rata-rata jumlah penduduk termuda di dunia. Rata-rata usia penduduk di benua Afrika adalah 20 tahun termuda dibanding benua lain. Sebagai perbandingan rata-rata usia penduduk di seluruh dunia adalah 30 tahun.

Benua Afrika adalah benua yang memiliki banyak ras, budaya dan bahasa

Sama seperti benua Asia, benua Afrika juga dikenal sebagai benua yang beragam. Terdapat banyak ras, etnis, budaya dan bahasa yang digunakan di benua Afrika. Demografi benua Afrika pun terbentang dari budaya di Afrika Utara hingga di Afrika bagian Selatan.

Benua Afrika adalah benua yang memiliki banyak gurun pasir

Bentang alam benua Afrika cukup unik dan beragam. Benua Afrika dikenal memiliki banyak wilayah gurun pasir. Kebanyakan gurun yang ada di benua Afrika berada di kawasan Afrika Utara. Gurun Sahara yang ada di Afrika Utara menjadi salah satu gurun terbesar di dunia.

Benua Afrika adalah benua yang memiliki keragaman flora dan fauna

Dibanding benua lain, benua Afrika dikenal memiliki keragaman flora dan fauna. Kehidupan liar di Afrika sangat terkenal dan banyak spesies binatang yang tinggal di Afrika. Tak heran jika benua Afrika dianggap sebagai benua dengan keragaman hewan yang paling unik dan beragam.

Ciri-Ciri Benua Afrika

Berikut merupakan ciri-ciri benua Afrika lainnya yang menjadi karakteristik benua Afrika yang paling utama.

1. Luas Wilayah Benua Afrika

Luas wilayah benua Afrika adalah 30.370.000 km persegi atau 11.730.000 mil. Dengan luas wilayah tersebut, benua Afrika menjadi benua terluas kedua di dunia setelah benua Asia berdasarkan area luasnya.

2. Letak Astronomis Benua Afrika

Letak astronomis benua Afrika berada di antara 35° LU – 33° LS dan 18° BT – 53° BT. Secara astronomis wilayah Afrika terbentang dari lintang utara sampai lintang selatan dan berada di bagian bujur timur belahan Bumi.

3. Letak Geografis Benua Afrika

Letak geografis benua Afrika berada di sebelah barat daya benua Asia dan sebelah selatan benua selatan. Selain itu letak benua Afrika secara geografis berada di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Atlantik.

4. Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Gunung tertinggi di benua Afrika adalah Gunung Kilimanjaro. Gunung Kilimanjaro memiliki tiga puncak yaitu Kibo, Mawenzi dan Shira. Puncak tertingginya adalah Kibo dengan tinggi 5895 meter di atas permukaan laut sekaligus menjadi gunung berapi tertinggi di dunia yang masih aktif.

5. Sungai Terpanjang di Benua Afrika

Sungai terpanjang di benua Afrika adalah Sungai Nil. Sungai Nil berada di kawasan Afrika Utara yang melewati beberapa negara seperti Mesir, Sudan, Ethiopia, Uganda, Kongo, Tanzania, Kenya, Rwanda, Burundi dan Eritrea. Panjang Sungai Nil adalah 6853 kilometer membuat sungai ini menjadi sungai terpanjang di dunia.

6. Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Afrika

Negara dengan jumlah penduduk terbanyak yang ada di benua Afrika adalah Nigeria. Populasi penduduk Nigeria diperkirakan sebesar 166 juta jiwa. Negara Afrika engan populasi penduduk terbesar lain adalah Ethiopia (84 juta jiwa) dan Mesir (82 juta jiwa).

7. Negara Maju di Benua Afrika

Benua Afrika dianggap sebagai salah satu benua paling tertinggal di antara benua lain dari segi ekonomi dan infrastruktur. Oleh karena itu hingga kini tidak ada negara di Afrika yang masuk kategori negara maju. Meski begitu ada beberapa negara yang punya potensi menjadi negara maju di Afrika di masa mendatang seperti Afrika Selatan, Mesir dan Aljazair.

8. Batas Wilayah Benua Afrika

Berikut batas batas wilayah benua Afrika secara geografis:

  • Batas wilayah benua Afrika sebelah utara : Laut Tengah, Benua Eropa
  • Batas wilayah benua Afrika sebelah barat : Samudera Atlantik
  • Batas wilayah benua Afrika sebelah timur : Laut Merah, Samudera Hindia
  • Batas wilayah benua Afrika sebelah selatan : Samudera Atlantik

9. Gurun Terluas di Benua Afrika

Gurun terluas di benua Afrika adalah Gurun Sahara. Gurun Sahara berada di kawasan Afrika Utara tepatnya di negara Mesir, Aljazair, Libya, Mali, Tunisia, Maroko, Niger, Sudan, Chad dan Mauritania. Luas gurun Sahara adalah 9,2 juta km persegi menjadikan gurun ini sebagai gurun pasir terluas di dunia dan gurun terbesar ketiga di dunia secara keseluruhan setelah dua gurun di wilayah kutub yaitu gurun Antartika dan gurun Arktik.

10. Danau Terbesar di Benua Afrika

Danau terbesar di Afrika adalah Danau Victoria dengan luas sebesar 68.870 km persegi. Wilayah Victoria Lake terletak di banyak negara sekaligus di antaranya adalah Uganda, Kenya dan Tanzania.

11. Negara Terbesar di Benua Afrika

Negara terbesar di benua Afrika adalah Aljazair dengan luas wilayah sebesar 2,381 juta km persegi. Sedangkan negara terluas di Afrika yang kedua adalah Republik Demokratik Kongo dengan luas wilayah sebesar 2,345 juta km persegi.

12. Negara Terkecil di Benua Afrika

Negara terkecil di benua Afrika adalah Seychelles yang memilik luas area paling kecil. Luas wilayah Seychelles yang berada di Afrika Timur adalah 455 km persegi.

13. Negara Terkaya di Benua Afrika

Posisi sebagai negara terkaya di benua Afrika adalah Guinea Khatulistiwa, Nigeria, Mauritius dan Gabon.

14. Negara Termiskin di Benua Afrika

Posisi sebagai negara termiskin di benua Afrika adalah Sao Tome & Principe, Komoros dan Republik Afrika Tengah.

Nah itulah info karakteristik benua Afrika secara lengkap, meliputi letak benua Afrika secara geografis dan astronomis, batas batas benua Afrika, negara terbesar dan terkecil di benua Afrika, negara terkaya dan termiskin di benua Afrika serta ciri-ciri keadaan alam benua Afrika lainnya meliputi gunung tertinggi, danau terbesar, sungai terpanjang dan gurun terluas. Demikian info karakteristik benua Afrika kali ini.

Tinggalkan komentar