Karakteristik Benua Asia Lengkap Beserta Ciri-Ciri dan Penjelasannya

Karakteristik Benua Asia Lengkap Beserta Ciri-Ciri dan Penjelasannya

Karakteristik Benua Asia – Benua Asia adalah benua dengan banyak negara. Benua Asia dikenal sebagai benua terbesar di dunia dan benua dengan populasi penduduk terbanyak. Selain itu terdapat karakteristik benua Asia lainnya meliputi negara di benua Asia, keadaan alam benua Asia dan ciri-ciri benua Asia lainnya. Apa saja karakteristik benua Asia?

Benua Asia merupakan benua yang terletak di bagian timur Bumi. Letak daratan benua Asia menyambung dengan benua Eropa dalam daratan Eurasia. Luas wilayah Asia sebesar 44.579.000 kilometer persegi, menjadikan benua Asia sebagai benua terluas di dunia. Benua Asia juga memiliki jumlah penduduk sebesar 4,5 miliar jiwa, mencakup 60% populasi dunia dan menjadi benua dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

Banyak negara negara di benua Asia yang terkenal dan berpengaruh. Contohnya negara di Asia Timur seperti Jepang dan Korea Selatan, negara di Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Qatar, negara dengan budaya peradaban tinggi seperti Cina dan India hingga negara di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia atau Malaysia. Banyak negara berpengaruh dunia yang ada di benua Asia.

karakteristik benua asia

Karakteristik Benua Asia

Benua Asia juga memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik benua Asia meliputi letak, posisi, batas wilayah, keadaan alam, luas wilayah, jumlah penduduk, sejarah, iklim dan cuaca serta kemajuan ekonomi negara negaranya. Berikut ini merupakan karakteristik benua Asia lengkap beserta penjelasan selengkapnya.

Benua Asia adalah benua terluas di dunia

Dibanding benua lain yang ada di Bumi, benua Asia adalah benua terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah. Total luas wilayah benua Asia adalah 44,57 juta kilometer persegi. Luas benua Asia mencapai seperempat dari luas area daratan di dunia. Wilayah geografis benua Asia terdiri dari pegunungan, dataran rendah dan dataran tinggi. Pembagian wilayah benua Asia secara umum dibagi menjadi Asia Utara/Tengah, Asia Timur, Asia Barat (dikenal sebagai Timur Tengah), Asia Selatan dan Asia Tenggara (dikenal sebagai ASEAN).

Benua Asia adalah benua dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia

Selain benua terluas di dunia, benua Asia juga menjadi benua dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia jika dibandingkan dengan benua lain di dunia. Total jumlah penduduk benua Asia diperkirakan sekitar 4,46 miliar jiwa, lebih dari setengah jumlah penduduk di dunia. Cina menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Dengan SDM penduduk yang banyak, benua Asia memiliki banyak potensi di berbagai bidang.

Benua Asia memiliki pertumbuhan penduduk paling tinggi

Benua Asia juga dikenal memiliki pertumbuhan penduduk paling tinggi dan paling cepat. Negara-negara dengan pertumbuhan penduduk terbesar di dunia di antaranya adalah Cina, India, Pakistan dan Indonesia. Pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan lonjakan penduduk yang cepat.

Benua Asia merupakan benua dengan banyak sejarah

Benua Asia juga dikenal sebagai benua yang kaya akan sejarah dan budaya. Benua Asia juga menjadi benua lahirnya agama di dunia seperti Islam, Hindu, Buddha, Kristen, Yahudi dan lain-lain. Banyak sejarah peradaban dunia yang dimulai dari negara negara di Asia, seperti Cina, Arab Saudi, India, Iran, Mongolia hingga Indonesia. Banyak bangunan kuno seperti kuil, candi, masjid hingga situs bersejarah yang ada di benua Asia.

Benua Asia merupakan benua yang rawan bencana

Dibanding benua lain, benua Asia menjadi yang rawan bencana, terutama bencana gempa bumi. Negara negara di lingkar pasifik seperti Indonesia, Jepang atau Filipina menjadi negara yang rawan bencana gempa bumi, gunung meletus atau bahkan tsunami. Wilayah benua Asia berada di wilayah yang mempunyai lempeng tektonik.

Benua Asia adalah benua yang memiliki banyak daerah pegunungan

Menurut kondisi geografis Asia, benua Asia merupakan benua yang memiliki wilayah berupa pegunungan. Pengunungan yang berada di wilayah benua Asia ini meliputi sepertiga dari total wilayah benua Asia. Pegunungan terhampar di wilayah benua Asia dan jumlahnya sangat banyak. Selain pegunungan, wilayah benua Asia juga banyak dihampari gunung- gunung api yang sering mengalami erupsi

Benua Asia memiliki gunung tertinggi di dunia

Benua Asia dikenal memiliki pegunungan dengan gunung gunung tertinggi di dunia yaitu Pegunungan Himalaya yang terletak di wilayah Tibet dan Nepal. Salah satu gunung di pegunungan tersebut menjadi gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest. Gunung Everest juga menjadi titik tertinggi di planet Bumi dengan ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut.

Benua Asia adalah benua dengan banyak ras dan budaya

Benua Asia dikenal sebagai benua yang memiliki keanekaragaman ras dan budaya. Banyak ras manusia yang ada di benua Asia, mulai dari ras Tionghoa, ras Arab, ras Asia Timur hingga ras Melayu. Benua Asia juga memiliki banyak kebudayaan yang dipengaruhi oleh letak geografis, sosial, agama serta sejarah dan peradaban di negara negara benua Asia secara keseluruhan.

Benua Asia menjadi menjadi tempat pertemuan tiga jalur pegunungan besar

Benua Asia menjadi benua tempat pertemuan tiga jalur pegunungan besar. Jumlah pegunungan di benua Asia ini sangat banyak, sehingga terdapat pertemuan-pertemua diantara pegunungan-pengunungan. Jalur pegunungan yang saling bertemu itu jumlahnya ada tiga, yakni Pegunungan Muda Sirkum Pasifik, Pegunungan Muda Sirkum Mediterania dan Pegunungan Australia. Jalur dari ketiga pegunungan yang besar itu tadi bermuara di satu tempat di benua Asia, yakni di laut serta di Kepulauan Banda yang terletak di Indonesia.

Benua Asia adalah benua yang memiliki banyak gurun

Benua Asia adalah benua yang memiliki banyak wilayah gurun. Beberapa gurun di benua Asia berada di negara Cina, Rusia, Mongolia, Uzbekistan dan negara negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Irak, Uni Emirat Arab dan Iran. Beberapa gurun terbesar di Asia antara lain adalah Gurun Gobi, Gurun Thai, Gurun Arabia dan lain-lain.

Benua Asia memiliki wilayah daratan yang tergabung dengan benua Eropa (sering disebut Eurasia)

Benua Asia dan benua Eropa memang memiliki wilayah daratan yang tergabung hingga sering disebut sebagai daratan Eurasia.  Wilayah Eurasia karena merupakan wilayang perbatasan di antara keduanya, maka mempunyai karakteristik campuran yang berasal dari kedua benua yang berada di dekatnya, baik kebudayaan, adat istiadat dan lain-lain. Negara yang berada di wilayah benua Asia dan Eropa antara lain adalah Rusia, Turki, Kazakhstan, Georgia dan Armenia.

Ciri-Ciri Benua Asia

Berikut merupakan ciri-ciri benua Asia lainnya yang menjadi karakteristik benua Asia yang paling utama.

1. Luas Wilayah Benua Asia

Luas wilayah benua Asia adalah 44.579.000 km persegi atau 17.212.000 mil. Dengan luas wilayah tersebut, benua Asia menjadi benua terluas di dunia berdasarkan area luasnya.

2. Letak Astronomis Benua Asia

Letak astronomis benua Asia berada di antara 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Secara astronomis wilayah Asia terbentang dari lintang utara sampai lintang selatan danberada di bagian bujur timur.

3. Letak Geografis Benua Asia

Letak geografis benua Asia berada di antara benua Eropa dan benua Australia. Selain itu letak benua Asia secara geografis berada di antara Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Arktik.

4. Gunung Tertinggi di Benua Asia

Gunung tertinggi di benua Asia adalah Gunung Everest. Gunung Everest memiliki tinggi 8.848 meter di atas permukaan laut sekaligus menjadi gunung tertinggi di dunia.

5. Sungai Terpanjang di Benua Asia

Sungai terpanjang di benua Asia adalah Sungai Yangtze. Sungai Yangtze berada di negara Cina dengan panjang aliran sungai yaitu 6300 kilometer.

6. Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Asia

Negara dengan jumlah penduduk terbanyak yang ada di benua Asia adalah Republik Rakyat Cina. Populasi penduduk Cina diperkirakan sebesar 1,4 miliar jiwa sekaligus menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia saat ini.

7. Negara Maju di Benua Asia

Terdapat beberapa negara maju yang ada di benua Asia. Contoh negara maju di benua Asia misalnya yaitu Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Singapura, Hong Kong, Makau, Israel, Taiwan, Qatar, Uni Emirat Arab, Brunei, Kuwait, Bahrain dan Oman.

8. Batas Wilayah Benua Asia

Berikut batas batas wilayah benua Asia secara geografis:

  • Batas wilayah benua Asia sebelah utara : Samudera Arktik
  • Batas wilayah benua Asia sebelah barat : Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural, Benua Eropa
  • Batas wilayah benua Asia sebelah timur : Samudera Pasifik, Selat Bering
  • Batas wilayah benua Asia sebelah selatan : Samudera Hindia

9. Gurun Terluas di Benua Asia

Gurun terluas di benua Asia adalah Gurun Arabian di negara negara Timur Tengah dengan luas 2,33 juta km persegi dimana gurun tersebut terdiri dari banyak wilayah gurun pasir. Sedangkan jika hanya menghitung satu gurun saja, maka gurun Gobi adalah gurun terbesar dengan luas 1 juta km persegi.

10. Danau Terbesar di Benua Asia

Danau terbesar di Asia adalah Laut Kaspia yang masih termasuk dalam kategori danau dengan luas sebesar 371 ribu km persegi. Wilayah Laut Kaspia terletak di banyak negara sekaligus di antaranya adalah Rusia, Kazakhstan, Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan.

11. Negara Terbesar di Benua Asia

Negara terbesar di benua Asia adalah Rusia dengan luas wilayah sebesar 13,1 juta km persegi dimana wilayah Rusia terletak di benua Asia dan Eropa. Jika hanya menghitung negara yang seluruh wilayahnya ada di benua Asia, maka Cina adalah negara terluas di Asia dengan luas sebesar 9,59 juta km persegi.

12. Negara Terkecil di Benua Asia

Negara terkecil di benua Asia adalah Maladewa yang memilik luas area paling kecil. Luas wilayah Maladewa yang berada di Asia Selatan adalah 300 km persegi.

13. Negara Terkaya di Benua Asia

Posisi sebagai negara terkaya di benua Asia adalah Makau, Qatar dan Singapura.

14. Negara Termiskin di Benua Asia

Posisi sebagai negara termiskin di benua Asia adalah Afghanistan, Myanmar dan Bangladesh.

Nah itulah info karakteristik benua Asia secara lengkap, meliputi letak benua Asia secara geografis dan astronomis, batas batas benua Asia, negara terbesar dan terkecil di benua Asia, negara terkaya dan termiskin di benua Asia serta ciri-ciri keadaan alam benua Asia lainnya meliputi gunung tertinggi, danau terbesar, sungai terpanjang dan gurun terluas. Demikian info karakteristik benua Asia kali ini.

 

Tinggalkan komentar