350+ Kata Kata Bahasa Jawa | Lucu, Cinta, Bijak, Galau [Halus & Kasar]

350+ Kata Kata Bahasa Jawa | Lucu, Cinta, Bijak, Galau [Halus & Kasar]

350+ Kata Kata Bahasa Jawa Lucu, Cinta, Bijak, Galau [Halus dan Kasar] – Bahasa jawa adalah salah satu bahasa yang paling banyak di gunakan di Indonesia, secara luas pulau Jawa yang besar dan jumlah penduduknya yang banyak. Jika kita diperhatikan, maka akan ditemukan banyak kata kata bijak bahasa jawa yang mengandung makna tentang kehidupan, ini akan berguna sebagai motivasi dan inspirasi bagi yang ingin berhasil meraih kesuksesan hidup.

Bahasa Jawa sendiri terbagi dalam beberapa baian, umumnya dikenal bahasa jawa kasar dan bahasa jawa halus. Jawa bagian tengah yang mempunyai bahasa jawa kasar dan halus juga, bahasa jawa halus kebanyakan berada di kota kota disekitar ibu kota jawa tengah ini contohnya di solo dan di ibu kotanya sendiri yaitu di semarang , di DI Yogyakarta juga memakai bahasa yang halus, sedangkan untuk yang bahasa jawa kasar berada di kota daerah perbatasan antara jawa barat dan jawa tengah biasanya di kota daerah sekitar pantai utara dan pantai selatan.

Untuk wilayah jawa timur bahasa jawanya kebanyakan sama dengan bahasa yang ada di jawa tengah ,tapi di daerah barat jawa timur cara bicara didaerah ini agak lantang atau tegas, bahasa ini terletak berdekatan dengan daerah Madura . Tingkat tutur dalam bahasa Jawa dibagi menjadi tiga yaitu tingkat tutur ngoko, tingkat tutur madya dan tingkat tutur karma. Atau secara umum dibagi menjadi dua saja yaitu tingkat tutur ngoko dan tingkat tutur karma.

Namun di artikel ini akan kita satukan saja, intinya semuanya menggunakan bahasa jawa baik kasar, halus, kromo inggil dan sebagainya. Untuk memahami kata kata mutiara bahasa jawa dibawah ini, maka tak lupa kami sertakan juga terjemahan bahasa Indonesianya supaya bisa dipahami makna dan isi kandungan dari setiap untaian katanya.

Sebenarnya sangat banyak kata mutiara jawa yang bisa kita jadikan petuah-petuah diri sendiri yang utamanya. Rangkaian kata kata jawa dibawah ini terdiri dari berbagai tema, diantaranya kata kata bahasa jawa lucu, romantisme percintaan, sindiran, hingga kata mutiara bijak tentang kehidupan hingga kata sindiran. Berikut selengkapnya (update terbaru),

Kata Kata Lucu Bahasa Jawa

kata kata lucu bahasa jawa1

Yang pertama adalah kata kata gokil bahasa jawa yang kocak banget, dimana isi nya adalah humor yang bertujuan untuk menghibur, dirangkai dalam bahasa jawa yang khas yang keren abis, semoga bisa membuat tersenyum dan tertawa. Sangat cocok digunakan untuk caption instagram maupun status di berbagai media sosial misalnya facebook dan twitter. Berikut kumpulan kata kata lucu bahasa jawa dan artinya,

“Ngopi disek ben ora gendeng, Prasamu wong gendeng iku opo ora doyan kopi?”
“Ngopi dulu biar nggak gila, Kau kira orang gila itu apa tak doyan kopi?”

“Ojo percoyo karo omongane suwarno, Kakean ngujar ora iso nglakoni”
“Jangan percaya sama omongannya suwarno, Kebanyakan bicara tak bisa menjalankan”

“Golek duit iku gampang, Olehe sing angel”
“Cari uang itu mudah, Dapetnya yang susah”

“Tangi turu nyandak hape, Arep turu nutuli hape. Ojo lali, nek arep mati selfieo disik.”
“Bangun tidur pegang hape, Mau tidur mencetin hape. Jangan lupa, kalau mau mati selfielah dulu”

“Sing kakean ngomong biasane ora iso nglakoni, sing ora tau ngomong, wis mesti wong bisu”
“Yang banyak omong biasanya tak bisa menjalankan. Yang tak pernah ngomong, sudah pasti orang bisu”

“Aku kere kok enyek, jare males. Aku sugih kok rasani, jare ngingu tuyul. Karepmu iku opo?”
“Aku miskin kau hina, katanya malas. Aku kaya kau gunjingin, katanya plihara tuyul. Maumu itu apa?”

“Ojo seneng ngumbar wadine liyan, Ngko lambemu dilaundry malaikat”
“Jangan suka mengumbar rahasia orang lain, Ntar bibirmu di laundry malaikat”

“Wes, ora usah mecucu, Ngkok tak tukokno hp gambar dakocan”
“Sudah, gak usah cemberut, Ntar kubelikan hp gambar dakocan”

“Nek dipikir-pikir sakjane kowe iki ora elek. Masalahe, sing gelem mikir iku sopo?”
“Kalo dipikir-pikir sebenarnya kamu ini tidak jelek. Masalahnya, yang mau mikir itu siapa?”

“Gaplek pringkilan… wis tuwek pethakilan. Pethakilan nek duwite akeh yo pantes. Ra duwe duit pethakilan? Diguyu tengu!!”
“Gaplek pringkilan… sudah tua bertingkah. Bertingkah kalo banyak uang ya pantas. Tak punya uang bertingkah? Diketawain tengu!!”

“Demit ora ndulit, setan ora doyan. Mesti ae, podo setane”
“Demit tak mencolek, setan tak doyan. Tentu saja, sama setannya”

“Nyang pasar rebo kok malah ra katokan. Wayahe angon kebo kok malah pesbukan”
“Ke pasar rebo kok malahtak bercelana. Saatnya menggembala kerbau kok malah pesbukan”

“Bocah nom saiki karo biyen iku ora podo. Bocah nom jaman biyen, saiki wis podo tuwek”
“Anak muda jaman sekarang sama dulu itu beda. Anak muda jaman dulu, sekarang udah pada tua”

“Apapun yang terjadi tetep tak sukuri
Kowe nyemplung got… sukurin lo!
Kowe ditinggal istri… sukurin lo!
Kowe tuku sate… njaluk po’o Lek!”
“Apapun yang terjadi tetap aku syukuri
Kau nyebur got… sukurin lo!
Kau ditinggal istri… sukurin lo!
Kau beli sate… minta napa bang!”

Kata Kata Cinta Bahasa Jawa

kata kata cinta bahasa jawa2

Kalau ini adalah ucapan kata bijak bahasa jawa tentang cinta, makna dari untaian kata katanya berhubungan dengan dunia percintaan yang rumit, semoga bisa mencerahkan dan menginspirasi. Berikut kumpulan kata kata cinta bahasa jawa dan artinya,

“Witing tresno jalaran soko kulino,”
“Jatuh cinta karena terbiasa.”

“Tresno iku dudu mung nggo donalan, kabeh mau amargo kahanan,”
“Jatuh cinta itu bukan untuk permainan, namun semua itu karena keadaan.”

“Ati iki nelongso ditinggal marang sliramu,”
“Hati ini terluka remuk ditinggal kamu pergi.”

“Senadyan aku sengit banget karo kowe, tapi roso ning ati ora iso di apusi. Roso sayang iki mung kanggo sliramu,”
“walaupun sebenarnya aku sangat membencimu. Tetapi, perasaan di hati tidak bisa di bohongi. Rasa sayang yang ada didalamnya hanya untukmu.”

“Jaman isih tresno, aben dino di takokno. Saiki wes ra seneng, aben dino mung matur cacate lan nisto,”
“Ketika dulu masih cinta, setiap hari di hubungi / ditanyain. Sekarang sudah tak lagi cinta, setiap hari hanya nyari kekurangannya dan memberinya hinaan.”

“Aku tresno kowe saklawase,”
“Aku cinta kamu selamanya.”

“Pokok’e, mung sliramu seng tak sayang,”
“Pokonya hanya kamu seorang yang kucinta.”

“Pengenku, Aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe lewih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu,”
“Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku disitu bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama.”

“Jenenge seneng kui ono umure. Koyo to mati. Yen wes entek umure, rasah mbok getuni. Ikhlash wae, insya Allah”
“Setiap cinta ada umurnya. sebagaimana kematian. Ketika sudah habis umurnya, tak bisa lagi diperpanjang. Iklashkan saja, Allah pasti ganti yang lebih baik.”

“Mung sliramu seng tak enteni,”
“Hanya kamu yang aku tunggu.”

“Rino wengi aku tansah kelingan sliramu,”
“Siang malam aku selalu teringat dirimu.”

“Anggere aku nyawang sliramu, Rasane, kabeh macem roso bungah ning alam dunyo mandeg deg ono ing ngarep netraku,”
“Ketika aku melihatmu, aku lihat semua ujung kebahagiaan di dunia ini telah terhenti di mataku.”

“Sik jenenge roso tresno sik tenanan, yo kuwi sik marakne ati tambah semangat. Marakne tenang ning pikirane awake dewe ,”
“Cinta sejati itu yang menghidupkan api semangat didalam hati, dan menghadirkan ketenangan di dalam alam pikir kita.”

“Nek seneng tenan-nan kui di jogo awake, atine, lan kesucianne. Ndang di ajak ijab, dudu dijak rono rene pacaran ra jelas,”
“Kalau kamu cinta beneran ya dijaga badannya (fisiknya), perasaannya, dan juga kesuciaannya. Segera diajak menikah, bukan luntang lantung hanya di ajak pacaran kesana kemari.”

“Jeroning ati kangenku setengah mati,”
“Didalam hati aku sangat rindu sampai setengah mati.”

“Ra kepetuk sak wetoro rasane pengen weruh sliramu,”
“Tidak bertemu sebentar saja ingin melihat kamu.”

“Saben dino aku tansah ngalamun, mikir sliramu seng ayu dewe,”
“Setiap hari aku selalu melamun memikirkan kamu yang paling cantik sendiri.”

“Sakwise aku ketemu karo sliramu. Ra ono liyo, aku mung kepengen urip bareng awakmu, sak entek wektu ku ing dunyo iki. ,”
“Ketika aku bertemu denganmu. Yang aku mau hanya menghabiskan waktu bersamamu sampai ujung usiaku.”

“Aku ora pernah ngerti opo kui tresno, kajaba sak bare ketemu karo sliramu,”
“Aku nggak pernah tau cinta itu apa, kecuali setelah bertemu denganmu”

“Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui,”
“Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan jatuh cinta, tetapi berkali kali jatih cinta pada orang yang sama”

“Aku ra bakal mekso awakmu gawe seneng aku, tapi aku bakal ngusahakne neng koe aku iki ora dolanan karo kowe.”
“Aku tidak memaksa kamu untuk suka padaku, namun aku akan berusaha untuk buktikan bahwa aku tidak main – main sama kamu.”

“Aku ra iso adoh karo kowe, amergo aku iki abot ninggalne awakmu. Iki lo sek jenenge sayang tenanan”
“Aku tidak bisa jauh dari kamu sebab aku berat meninggalkan kamu dan ini yang dinamakan cinta yang tulus.”

“Wong wedok ki ra ger siji, nak wes kelangan ra sah mbok pikiri.”
“Wanita didunia ini tidak hanya satu, kalau kamu ditinggalkan tidak perlu difikirkan.”

“Ora kepengin sing sempurna nggo dampingi uripku. Mung butuh wong sing ikhlas nerimo lan nglengkapi kekuranganku.”
“Tidak butuh orang sempurna untuk mendapingi hidupku. Aku hanya butuh orang yang ikhlas menerima dan melengkapi kekuranganku.”

Kata Kata Bijak Bahasa Jawa

kata kata bijak bahasa jawa1

Selanjutnya ada kata kata bijak yang bisa digunakan sebagai panduan dan pedoman menjalani kehidupan, dengan begitu kita bisa termotivasi dan semangat untuk meraih kesuksesan dunia hingga akhirat. Makna rangkaian kata katanya berisi nasehat bijak yang tentunya berguna bagi kita sebagai pengingat, pembakar semangat hingga panduan agar menjadi pribadi yang berhasil baik keluarga, karir dan pekerjaannya. Berikut kumpulan kata kata bijak bahasa jawa dan artinya,

“Tansah ajeg mesu budi lan raga nganggo cara ngurangi mangan lan turu.”
“Kurangi makan dan tidur yang berlebihan agar kesehatan kita senantiasa terjaga.”

“Urip kang utama, mateni kang sempurna”
“Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya.”

“Memayu hayuning pribadi; memayu hayuning kulawarga; memayu hayuning sesama; memayu hayuning bawana.”
“Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia.”

“Aja mbedakake marang sapadha-padha”
“Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.”

“Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip”
“Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup.”

“Nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep”
“Akan tetapi bukan berarti lalu kita gampang kehilangan pengharapan”

“Sabar iku ingaran mustikaning laku”
“Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan”

“Yen kabih wis ginaris nyata, aja nganti ana ati sing rumangsa sengsara narima pacoba”
“Jika semua sudah menjadi ketetuan Tuhan, jangan ada lagi hati yang merasa sedih disaat menerima cobaan”

“Nyambut gawe diniati sing tenanan,Kanggo golek panguripan sukur bisa nguripi wong sing kekurangan.Sapa seneng andum bakal keduman, sapa seneng pawih bakal luwih”
“Bekerja dengan niat yang sungguh-sungguh, untuk mencari penghidupan akan lebih baik jika bisa menghidupi. Dengan berbagi semakin memperlancar rezeki,siapa bermurah hidup penuh berkah dan berlimpah.”

“Luwih pantes diajeni wong wani urip tinimbang wani mati.Yen wani urip kudu kuat.Yen wani mati bisa mung karana nekat”
“Lebih mulia dihargai orang karena berani hidup daripada berani mati Karena berani hidup harus kuat Tetapi berani mati bisa hanya karena nekat”

“Matur nuwun Gusti kagem dinten menika, Mugi dinten menika saged tansah kula lampahi kanti laku lampah ingkang langkung sae”
“Terima kasih Tuhan untuk hari ini.Semoga hari ini bisa selalu saya jalani dengan tingkah laku yang baik.Amin”

“Mung merga sega sepiring aja nganti ngguling sega sak cething,Mung merga banyu sak cipratan aja nganti utah banyu sak padasan.”
“Kalau cuma karena nasi satu piring jangan sampai tumpah nasi satu bakul.Kalau cuma karena satu cipratan air jangan sampai membuat tumpah satu tampungan air. Jangan karena masalah kecil membuat semua menjadi berantakan!!!”

“Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan”
““Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran””

“Uwong sing ngaku bala nanging mung reka-reka iku luwih seneng yen awakmu sengsara.Ngati-ngati milih bala ngati-ngati milih kanca”
“Orang yang mengaku teman tetapi cuma pura-pura itu lebih senang kalau dirimu sengsara.Hati-hati memilih teman”

“Nglakoni apa-apa sing kudu dilakoni lan ninggalke apa-apa sing kudu ditinggalke wujud tanggung jawabe manungsa marang uripe.”
“Melakukan sesuatu yang harus dilakukukan dan meningalkan sesuatu yang harus ditingalkan adalah wujud dari tanggung jawabnya manusia akan hidupnya.”

“Ora kabeh seneng marang karo apa seng dewe lakoni,ora popo,seng penting dewe niate apek lan nglakoni seng bener.”
“Tidak semua senang apa yang kita lakukan,tidak apa-apa,yang penting adalah niatnya baik dan menjalankan yang benar”

“kadang mripat iso salah ndelok,kuping salah krungu,lambe iso salah ngomong,tapi ati ora iso bakal diapusi”
“Terkadang mata bisa salah melihat,telinga salah mendengar,mulut bisa salah bicara,tetapi hati tidak mungkin bisa di bohongi”

“ojo pisan-pisan mabuk bondo,opo meneh mabuk kuoso,uripmu mesti bakal rekoso”
“jangan sekali-kali mabuk harta,apalagi mabuk kuasa,hidupmu pasti akan sengsara”

“dudu sanak,dudu kadang,yen mati melu kelangan”
“bukan keluarga,bukan saudara,tapi jika sudah meninggal ikut kehilangan”

“gusti allah mboten sare”
“tuhan tidak pernah tidur”

“durung punjul wes kesusu kaselak jujul kasesalan hawa cupet kapepetan pamrih,tangeh nedya anggambuh maring hyang wisesa”
“belum cukup kemampuan sudah ingin cepat terlihat pandai,terdorong hawa nafsu menjadikan sempit pemikiran,dengan seperti itu tidak mungkin dengan sang pencipta”

“golek sempurnananing urip lahir batin dan kusumpurnaning pati”
“mencari kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat,kita mempunyai tanggung jawab atas kehidupan sendiri,baik dunia dan akhirat”

“ojo dadi kacang kang lali karo kulite”
“jangan menjadi orang yang lupa atas jasa orang lain”

“ojo gampang gumunan,ojo gampang getunan,ojo gampang kagetan,ojo gampang aleman”
“jangan mudah terheran-heran,jangan mudah menyesal,jangan mudah terkejut,jangan mudah manja”

“ing ngerso sung tulodho,ing madyo mangun karso,tut wuri handayani”
“di depan memberikan teladan,di tengah membangun pelopor,di belakang memberi semangat”

“alam ora biso di lawan,awu seng semebar iku sejatine berkah gusti kanggo njaga kesuburan bumi jawa. Mulane ayo podo di syukuri wae”
“Alam tidak akan bisa dilawan,abu yang berterbangan adalah berkah dari tuhan untuk menjaga kesuburan bumi jawa. Untuk itu mari kita syukuri saja”

“adhang-adhang tetese embun,pasrah peparing marang gusti ALLAH SWT.”
“setelah usaha dengan maksimal kita juga harus pasrah atas apa yang telah diusahakan dengan kehendak ALLAH SWT.”

“ojo rumongso biso,naning dadio kang biso rumangsa”
“jangan merasa bisa namun jadilah orang orang yang bisalah merasakan”

“rela lan legawa lahir trusing batin”
“ikhlas dengan lahir batin”

“nanging ora ateges gampil pepes kentean pengarepan”
“akan tetapi bukan berarti lalu kita mudah kehilangan harapan”

“sabar iku lire momot kuat nandhang sakening coba lan pandhadharaning urip”
“sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan berbagai godaan dan musibah dalam hidup”

“Ora kabih seneng karo apa sing dewek lakoni, Ora papa , sing penting dewek niate apik lan nglakoni sing bener”
“Tidak semua senang dengan apa yang kita lakukan, tidak papa, Yang penting kita niatnya baik dan jalani sesuatu yang benar”

“Ojo tinggal nyolong playu”
“Jangan pergi meninggalkan tanggung jawab”

“Mending jujur senajan ngelarani ati , Ketimbang munafik jebule tukang ngapusi”
“Mending jujur walaupun menyakiti hati, Dari pada munafik ternyata suka berbohong”

“Mergo seng nandur bakale ngunduh, Dadi seng tukang ngapus ngapusi bakale di apusi sok mboh pas waktune”
“Karena yang menanam akan menuai buahnya, Maka yang suka berbohong pun akan di bohongi, Entah kapan ,akan datang pada waktunya”

“Kadang mripat iso salah ndelok, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, Tapi ati lan perasaan ora bakal iso di apusi”
“Terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah mendengar, bibir bisa salah berbicara, Tetapi hati dan perasaan tidak mungkin bisa di bohongi”

“Sabar iku ingaran mustikaning laku”
“Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan”

“Nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep”
“Akan tetapi bukan berarti lalu kita gampang kehilangan pengharapan”

“Suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki”
“Sebaliknya kita harus menjalani dengan penuh harapan dan seolah-olah mampu untuk mendapatakan apa saja yang ada di dunia ini. Tentunya dengan disertai rasa mawas diri dan kepasrahan”

“Urip iku di gawe rileks wae, Ngibadah , kerjo, mangan turu, seneng seneng di sambi Online”
“Hidup itu di bikin rileks aja, Beribadah, kerja, makan tidur, bersenang senang sambil online”

“Luwih pantes di ajeni wong sing wani urip ketimbang wani mati, Yen wani urip kudu kuat, Yen wani mati mung kerono nekat”
“Lebih pantas Dihormati orang yang berani hidup dari pada yang berani mati, Jika berani hidup itu harus kuat, Jika berani mati cuma karena nekat”

“Nek lagi rekoso ojo gersulo, lakonono wae dungo iku luweh becik”
“Kalau sedang susah jangan mengeluh, berdoa lah itu lebih baik”

“Alam iki sajatining guru”
“Alam ini adalah guru”

“Sopo sing nandur yo kui sing bakal manen hasile”
“Siapa yang menanam itu lah yang akan memanen hasilnya”

“Ojo dumeh, ojo nyleneh, ojo gresulo, ojo suloyo, lan rasah neko neko”
“Jangan bangga, jangan aneh aneh, jangan mengeluh, jangan loyo, dan jangan macem macem”

“Yen kue terus sambat karo opo sing kue ora ndue, Iku bakalan gawe kue ora cukup karo urip iki, sukuri wae opo sing ono”
“Jika kamu terus mengeuh dengan apa ynag kamu tidak punya, Itu bakal buat kamu tidak cukup dengan hidup ini, Syukuri saja apa yang ada”

“Sebejo bejone wong kang lali, Esek bejo wong kang eleng lan waspodo”
“Seberuntung beruntungnya orang yang lupa, masih beruntung lah orang yang ingat dan waspada”

“Wong sing menang iku wong sing ngasorake priyanggane dewe”
“Pemenang adalah orang yang bisa mengalahkan dirinya sendiri”

“Ojo mabuk bondo opo meneh mabuk kuoso, Uripmu iso rekoso”
“Jangan mabuk harta apalagi mabuk kuasa, Hidupmu bisa sengsara”

“Aja obah lan atimu kemranyah, Aluwung meneng nganti atimu lerem”
“Jangan bergerak jika hatimu tidak tenang, lebih baik diam sampai hatimu dingin dan tenang”

“Akeh Kang Apal Quran Haditse, Seneng Ngafirke Marang Liyane”
“Banyak yang hanya sekedar penghafal Quran, Tapi malah suka mengkafirkan orang lain”

“Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati”
“Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat”

“Kafire Dewe Gak Digatekke, Yen Iseh Kotor Ati Akale”
“Sedangkan kekafirannya tidak dihiraukan, Hal itu disebabkan oleh hati dan akal yang masih kotor.”

“Aja kuminter mundak keblinger, aja cidra mundak cilaka.”
“Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, jangan suka berbuat curang agar tidak celaka.”

“Urip niku terus mlaku bebarengan karo wektu sing bisa gawa lakumu supaya apik nasibmu.”
“Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu yang bisa membawa tingkah lakumu biar baik nasibmu.”

“Urip kang utama, mateni kang sempurna.”
“Selama hidup kita melakukan perbuatan baik, maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya.”

“Manungsa mung ngunduh wohing pakarti.”
“Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatannya sendiri.”

“Yitna yuwana lena kena sing sapa lena bakal cilaka.”
“Selalu tetap waspada karena kalau ceroboh, maka akan lebih dekat dengan bahaya.”

“Nuladha laku utama.”
“Mencontoh haruslah pada perbuatan yang utama dan yang baik.”

“Ajining diri soko lathi, ajining rogo soko busono.”
“Kehormatan diri adalah dari lisan, kehormatan raga adalah dari pakainnya.”

“Sak apik-apike wong yen aweh pitulung kanthi cara dedhemitan.”
“Sebaik-baik manusia adalah orang yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi.”

“Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo.”
“Lakukan apa yang kita bisa, setelah itu serahkan hasilnya kepada Tuhan.”

“Sepiro gedhene sengsoro yen tinimpo amung dhadi cubo.”
“Seberapa besar masalah jika diterima dengan ikhlas hanya akan menjadi cobaan yang ringan.”

“Sing lali marang panggawe kang becik bakal nemoni cilaka.”
“Siapa yang lupa untuk berbuat baik akan menemui malapetaka.”

“Yen urip mung isine isih nuruti nepsu sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemune.”
“Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan.”

“Datan serik lamun ketaman, datan susah lamun kalangan.”
“Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri, jangan bersedih manakala kehilangan sesuatu.”

“Memayu Hayuning Bawono.”
“Mengusahakan kesematan, kebahagiaan, dan kesejahteraan hidup di dunia.”

“Wong tuwo kang ora gelem mamulang marang putra wayahe iku dudu wong tuwo.”
“Orang tua yang tidak mau untuk mendidik anaknya tidak pantas disebut dengan orang tua.”

“Wayah wulangen marang kautaman, predinen susileng tata supata gawe pepadhaning kaluwarga.”
“Didiklah anak cucumu kearah keutamaan, didiklah tata susila agar dapat menjadi sinar cahaya bagi keluarga.”

“Olo Tanpo Rupo Yen Tumandhang Amung Sedelok.”
“Setiap kesusahan, keburukan, dan masalah-masalah apabila dijalani dengan senang hati, maka cobaan tersebut hanya akan terasa sebentar saja.”

“Narimo ing pandum.”
“Menerima segala sesuatu dengan ikhlas.”

“Mumpung anom ngudiya laku utama.”
“Selagi masih muda selalu berupaya untuk menjadi yang terbaik berperan dalam segala sesuatu yang baik-baik.”

“Ngelmu iku kalakone kanthi laku.”
“Bila ingin menjadi pintar, maka harus belajar mencari ilmu.”

“Ing Ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.”
“Di depan memberi teladan, di tengan membangun prakarsa (pelopor), di belakang memberi semangat.”

“Abot entheng saka panggawene dhewe.”
“Berat dan ringannya kehidupan tergantung dari diri manusia itu sendiri.”

“Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinterNanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa.”
“Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar.”

“Kerja iku ora usah mikirna gajih, Sing penting takwa lan ulet, Mengko gajih bakalan teko dewe neng awakmu”
“Kerja itu nggak usah mikirin gajih, Yang penting yang takwa dan ulet, Nanti gajih bakalan datang sendiri ke kamu”

Kata Kata Bahasa Jawa Halus

kata bahasa jawa halus

Selanjutnya ada kata kata bahasa jawa halus, berisi untaian kata bijak berbagai tema yang akan bisa dijadikan petuah dalam mengarungi kerasnya hidup,

“sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan”
“sebaik-baiknya orang adalah yang memberi kebaikan /pertolongan dengan cara sembunyi-sembunyi”

“wong kang sabar rejekine jembar ngalah urip luwih berkah”
“orang yang sabar rezekinya akan lebih lebar,mengalah hidup akan lebih berkah”

“golek jodho ojo mung mburu endhaning warna,pala krama aja ngeceh-ngeceh banda”
“mencari jodoh itu jangan hanya karena rupa yang menawan,waktu pernikahan jangan hanya menghamburkan harta benda”

“sura dira jayaningrat,lebur dening pangastuti”
“segala sifat keras hati,angkara murka,hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak,lebut dan sabar”

“sepiro gedhene sengsoro yen tinompo amung dadi coba”
“seberapapun masalah yang besar jika diterima dengan lapang dada dan ikhlas akan hanya menjadi cobaan ringan”

“alang-alang dudu aling-alang”
“rintangan bukanlah penghalang”

“ngilo marang ghito’e dewe. sing uwis yo uwis”
“sebaiknya kita bisa mengetahui aib dan buruknya kita sendiri. dan yang sudah pernah terjadi biarlah berlalu.”

“ampun mbedakaken marang lintune”
“jangan membeda-bedakan antara sesama manusia,hargailah perbedaan”

“kawula namung saderma.mobah-mosik kersaning hyang sukmo”
“lakukan semua yang kamu bisa kemudian serahkan semuanya itu kepada tuhan yang maha esa”

“ambeg utotomo,andhap asor”
“untuk selalu jadi yang utama,namun tetap rendah hati”

“gusti paring mergi kangge tyang ingkang purun teng merginipun”
“tuhan akan memberikan jalan bagi mereka yang mau mengikuti jalan kebenaran”

“adigang,adigung,adiguno”
“untuk selalu menjaga kelakuanmu,jangan sombong atas kekuatan,kedudukan tau latar belakang siapa dirimu sebenarnya”

“pusaka ingkang paling sekti iku dudu tombak,pedang lan keris,pusaka kang paling sekti yaiku dumunung ing jati diri”
“pusaka yang paling sakti itu bukan tombak,pedang dan keris tetapi terletak di wilayah setempat”

Kata Kata Galau Bahasa Jawa

kata kata galau bahasa jawa

Kali ini ada kata kata galau bahasa jawa, bagi yang sedang galau, mungkin cocok melihat kata kata khas jawa, mungkin bisa bikin anda tertawa, atau malah tambah galau, berikut selengkapnya,

“Aku nangis, kowe ora..
Aku loro ati, kowe Bahagia..
Aku susah , kowe seneng..
Aku Move On , Kowe nyesel..TELAT!!”

“Ojo ngece Aku jomblo neng medsos,”
“Jangan hina aku jomblo di medsos,”

“Panjenengan ki mudeng opo ora tho mas, Nek aku ora tresno karo kue/?”
“Kamu itu ngerti nggak sih , Kalau aku ini nggak Cinta Sama kamu ??”

“Nek tresno ojo mung senengane nguwei harepan palsu, Keno karmane ngrasakne kuwe”
“Kalau cinta jangan Cuma memberi harapan palsu, Kena karmanya baru tau kamu”

“Nek kue golek seng sempurna karo sugih ,” Aku mundur”, Tapi nek koe golek seng rajin shalat karo seng khatam AL qur’an “ Aku tetep Mundur””
“Kalau kamu mencari yang sempurna dan kaya “ AKU MUNDUR” , Tapi kalau kamu mencari yang rajin shalat dan khatam AL QUR’AN “ AKU TETEP MUNDUR””

“DI pikir loro, di rasak ke tambah loro’ loro + loro += papat”
“Di pikir sakit, di rasain tambah sakit, dua + dua = empat”

“Kue minggu ora dolan?.. Aku turu waelah!,, Rumangsamu penak ? Yo penak ! DUIT KU ORA ENTEK”
“Kamu malam minggu nggak maen?.. Aku tidur aja!..Kamu pikir enak?.. Enak lah ! DUITKU NGGAK HABIS.”

“Tresno bakal sengsoro nek kue seneng karo wong mergo rupo karo bondo, Ora mergo tulusing tresno”
“Cintamu bakal sengsara kalau kamu suka sama orang karena rupa dan harta, Bukan karena cinta yang tulus”

“Tresno iku kadang koyo kripik telo, Iso ajur nek kue ora ngati ngati le nggowo”
“Cinta itu kadang seperti Kripik singkong, Bisa hancur kalau kamu tidak hati hati dalam membawa nya”

“Wedokan ayu kuwi dudu didelok seko kuru lan lemu awake ya”
“Parempuan itu bukan di lihat dari kurus dan gemuk Badan nya”

“Move on kuwi gurune mung kenyataan, dudu konco curhatmu..”
“Move on itu gurunya Cuma kenyataan,Bukan teman curhat mu”

“Nek kowe dikon mileh de,e utowo aku? miliho de,e wae ya, aku dudu pilihan… Mergo nek seng tenanan cinta kuwi rabakal ninggal..”
“Kalau kamu di suruh milih dia atau aku? Pilih lah dia saja ya, Aku bukan pilihan..Karena yang benar cinta itu nggak bakalan meninggalkan”

“Aku tanpa mu bagaikan sego kucing ilang karet, AMBYAaaaR..”
“Aku tanpamu bagaikan nasi kucing tanpa karet, Bubaaar..”

“Mbok aku di jak lungo mengdi ngunu lho cah.. Ben iso nggawe status “Otewe””
“Ajak lah akau pergi kemana gitu brow’’.. Biar akau bisa Update status “ Otewe””

“Aku kudu nompo kenyataan nek kue pancen ora tresno karo aku, Tapi tresno ku mung kanggo kue , aku kon kudu kepiye ??”
“Aku harus menerima kenyataan bahwa cinta memeng bukan untuk ku, Tapi cinta ku Cuma buat kamu, Aku harus bagaimana??”

“Iso nembang ra iso nyuling, Iso nyawang ra iso Nyanding”
“Bisa bernyanyi nggak bisa bersuling, Bisa melihat tak bisa memiliki”

“Senajan kue wes ono seng ndue, Aku tetep tresno karo kue”
“Meskipun kamu sudah ada yang punya, Tapi aku tetep cinta sama kamu”

“Aku mikirke kowe terus, yo mergo aku sayang kowe”
“Mikirin kamu terus karena aku sayang kamu”

“Tapi yo enek sih seng dilarani, diselingkuhi, dikhianati, tapi iseh bertahan. Dudu mergo sayang tapi wedi karo seng jenenge “suwung””
“Tapi ada yang di sakiti, di selingkuhi, di hianati, Tapi masih Bertahan, Bukan karena cinta tapi takut dengan yang namanya “ Sendiri””

“Sing jenenge etok etok kui ora enak,
Etok etok ora sayang.
Etok etok ora cemburu,
Etok etok ora loro’,
Etok etok senyum,
Nyesek brow!!”
“Yang namanya pura pura itu nggak enak,
Pura pura sayang,
Pura pura nggak cemburu,
Pura pura nggak sakit,
Pura pura senyum,
Nyesek lek !!”

Kata Kata Romantis Bahasa Jawa

kata kata romantis bahasa jawa

Kalau yang ini cocok untuk yang romantis, kata katanya penuh makna mendalam dan juga penuh rayuan gombal :). Berikut kumpulan kata kata romantis bahasa jawa dan artinya,

“Koe ra mudeng sayangku neng kowe gedene sepiro, kuwi luweh seko sayangmu neng de’e.”
“Kamu tidak tahu rasa sayang aku ke kamu itu sebesar apa? Itu lebih besar dari sayangmu kepada dia.”

“Mung sliramu tansah tak enteni nganti saiki.”
“Cuma kamu yang aku tunggu sampai sekarang.”

“Nak kelingan sliramu, gawe aku ra tau iso turu.”
“Kalau ingat tentang kamu, aku tidak bisa tidur.”

“Aku ra bakal mandek, ra bakal nyerah ngutarakne perasaanku karo kowe.”
“Aku bakal embuktikne ketulusanku karo kowe.”

“Aku tidak akan pernah berhenti membuktikan ketulusanku kepadamu.”
“Aku ra bakal mekso awakmu gawe seneng aku, tapi aku bakal ngusahakne neng koe aku iki ora dolanan karo kowe.”

“Aku tidak akan pernah memaksa kamu untuk suka sama aku. Tapi aku bakal berusaha untuk membuktikan bahwa aku tidak pernah main-main dengan kamu.”
“Rino wengi aku tansah kelingan marang sliramu, Siang dan malam aku selalu terbayang dirimu.”

“Aku ra iso adoh karo kowe, amergo aku iki abot ninggalne awakmu. Iki lo sek jenenge sayang tenanan.”
“Aku tidak bisa jauh dari kamu, karena aku berat meninggalkanmu. Ini loh yang dinamakan sayang yang tulus.”

“Ojo trisno mergo rupone, kerono rupo kui bakale tuo, yen wes tuo bakale ciloko.”
“Jangan suka karena rupa, karena rupa itu akan jadi tua, kalau sudah tua nanti akan celaka.”

“Ojo trisno mergo bondo, mergo bondo iku bakale sudo, yen wes sudo bakale nelongso.”
“Jangan cinta karena harta, sebab harta nantinya akan berkurang, kalau nanti sudah berkurang past akan menyesal.”

“Tresno iku ora patokan karo ganteng, ayune rupamu, akehe bondomu, lan opo penggaweanmu.”
“Cinta itu tidak berpatokan pada ganteng, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu.”

“Ojo trisno mergo pangkat, mergo sok mben bojomu bakal dipecat.”
“Jangan cintai karena jabatan, karena nanti jabatan juga akan hilang.”

“Seng pas kui trisno mergo ati. Mesti ra bakal owah kanti tekane mati.”
“Yang pas itu cinta karena hati, pasti akan kekal sampai mati.”

“Ati iki nelongso ditinggal marang sliramu,”
“Hati ini terluka saat kamu tinggalkan.”

“Ojo ngasi koe ngapusi aku, opo meneh uger dolanan.”
“Jangan pernah kamu membohongi aku, apa lagi cuma main-main.”

“Omah-omah itu urusan abot, ora ger masalah nang KUA utowo nyewo tukang rias.”
“Omah-omah itu gawe sak lawase. Berumah tangga itu urusannya berat, bukan cuma tentang KUA atau sewa tukang rias pengantin.”

“Trisno iki dudu mung nggo dolanan, kabeh mau amergo kahanan.”
“Cinta ini bukan permainan, tapi karena keadaan.”

“Wedok ayu kui dudu di delok soko putihe kulite, ayune raine, lan dudu seko kuru lan lemu awake.”
“Perempuan cantik itu tidak dilihat dari putihnya kulit, cantiknya paras, dan tidak dilihat dari kurus atau gemuknya badan.”

Kata Kata Kangen Bahasa Jawa

kata kata kangen bahasa jawa

Ini untuk yang sedang kangen berat, mungkin bisa untuk menghilangkan kerinduan yang mendalam, berikut daftar kata kata kangen bahasa jawa dan artinya,

“Sabendino nahan kangen wae iso, Mosok nahan ngeeh wae ra iso”
“Tiap hari nahan kangen saja bisa, Masak nahan lapar aja nggak kuat”

“Ora ketemu kowe telung puluh dino rasanye koyo sewulan.”
“Tidak ketemu dirimu tiga puluh hari sama seperti tidak pernah ketemu satu bulan.”

“We kadong jero roso kangen iki marang marang awakmu.”
“sudah terlalu dalam rasa rindu ini sama dirimu.”

“Ra kepetuk sak wetoro rasane pengen weruh sliramu.”
“Tidak bertemu sebentar saja, aku selalu ingin bertemu kamu.”

“Jeroning ati kangenku setengah mati.”
“Didalam hatiku sangat merindukan kamu sampai setengah mati.”

“Nak kelingan sliramu, gawe aku ra tau iso turu”
“Jika ingat tentang kamu, aku tidak bisa tidur”

“Hasem, saben dino kok isine aku kangen wae karo koe yo. Opo mergo koe ayu!”
“Tiap hari kok aku selalu kangen sama kamu, apa mungkin karena kamu cantik sekali!.”

Kata Kata Mutiara Bahasa Jawa

kata kata mutiara bahasa jawa

Selanjutnya ada kata mutiara penuh nasehat bijak yang akan mengingatkanmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Cocok sebagai pengingat dan bahan introspeksi diri agar tidak salah jalan dan bisa mengarungi kehidupan dengan baik dan benar. Berikut ini kumpulan kata kata mutiara bahasa jawa dan artinya,

“Enek masjid mung disawang, Al-Qur’an digawe pajangan, jare ngaku Islam, nangeng ora tau gelem sembahyang.”
“Ada masjid hanya dilihat, Al-Qur’an hanya dijadikan hiasan, katanya mengaku agama Islam, tapi tidak mau sholat.”

“Akeh cewek suale ngisor dengkul, jare lak gog ngono ora gaul, terae zaman iki zaman edan, lak gak melu edan ora keduman.”
“Banyak cewek celana pendek-pendek, katanya jika tidak seperti itu tidak gaul, memang sekarang zamannya zaman gila, kalau tidak ikut gila tidak kebagian.”

“Cah saiki akeh sek podo edan, sekolah ra gelem, ngaji ra gelem, kerjane lontang lantung lan wani ngelawan wong tuwo.”
“Anak sekarang banyak yang sudah gila, mengaji tidak mau, kerjaannya cuma kesana-kesini tidak jelas dan berani melawan orang tua.”

“Kadang, niat apik itu ora mesti ditanggepi wong liyo apek. Sante wae ra sah dipikir sepaneng.”
“Kadang, niat baik tidak semua ditaanggapi baik oleh orang lain. Santai saja, tidak perlu dipikir pusing.”

“Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran soko rekoso.”
“Adanya cinta karena terbiasa. Adanya bahagia itu karena bekerja keras.”

“Oto kawat balung wesi, kerjo seng semangat golek rejeki.”
“Otot kawat tulang beli, kerja yang semangat untuk mencari rizki.”

Kata Kata Jawa Sindiran

kata kata sindiran bahasa jawa

Kalau ini kata kata ala sindiran ala bahasa jawa, kata kata sindiran ini cocok digunakan baik untuk nasehat kepada sahabat maupun kepada diri sendiri agar lebih baik lagi, berikut selengkapnya,

“Udane awet koyo lambemu nak ngomel ngomel ra leren leren.”
“Hujannya awet seperti mulutnya kalau ngomel-ngomel tidak berhenti-berhenti.”

“Wong ki nak diapiki bales ngapiki, tapi nak wis diapiki tapi malah nglarani mungkin dudu wong.”
“Orang itu kalau di baikin membalas kebaikan. Tapi kalau sudah dibaikin tapi balas jahat, mungkin bukan manusia.”

“Uripmu koyo wit gedhang, due jantung tapi ra due ati.”
“Hidupmu seperti pohon pisang, punya jantung tapi tidak punya hati.”

“Iso ngajari mung ra iso negalakoni.”
“Cuma bisa ngajarin tapi tidak bisa melakukan.”

“Nak pelit ki ojo mremet.”
“Kalau pelit itu jangan medit-medit.”

“Janjimu tresnamu gede nyatane sak ini kok tinggalne.”
“Janjimu cintamu sangat besar, tapi pada kenyataannya sekarang kamu tinggalkan aku.”

“Janjimu mung lamis.”
“Janjimu hanya sebatas dimulut saja.”

“Ngomongmu empuk mung nyereti.”
“Perkataanmu manis dan empuk, tapi sayang bikin aku seret.”

Kata Kata Kecewa Bahasa Jawa

kata kata kecewa bahasa jawa

Bagi yang sedang dilanda kecewa karena berbagai kegagalan apakah itu cinta, dan lain sebagainya, maka bisa narsis dengan memakai kata kata kecewa bahasa jawa berikut ini sebagai status di medsos, wkwk, sangat tidak dianjurkan tapi yah 🙂 lebih baik segera diatasi masalahnya agar kekecewaan bisa hilang, bukan malah update status 🙂

“Cukup ngelos dodo kare embaten.”
“Cukup mengelus dada sambil ngedumel.”

“Senajan koe ono seng due, aku tetep tresno karo koe”
“Meski kamu sudah ada yang punya, tapi aku tetap cinta kamu.”

“Cinta dudu perkoro sepiro kerepe kowe ngucapke, tapi sepiro akehe seng mbok buktike”
“Cinta bukan dilihat dari perkataan kamu, tapi seberapa besar kamu buktikan.”

“Aku sayang kowe, opo aku kudu ngode kowe terus? Kapan pekamu?”
“Aku sayang kamu, apa aku harus kasih kode terus?, kapan kamu bisa mengerti?”

“Iseh tetep bertahan karo wong seng isohe mung nglarani kowe? Kuwi jenenge sayang? Opo ora isoh golek seng luwih seko kuwi?”
“Masih bertahan dengan orang yang hanya bisa menyakiti kamu?, apa itu yang dibilang sayang?, apa tidak bisa mencari yang lebih dari itu?.”

“Tresno iku ora patokan karo ganteng, ayune rupamu, akehe bondomu, lan opo penggaweanmu.”
“Cinta itu tidak dilihat dari ganteng, cantiknya wajah kamu, banyak harta kamu atau pekerjaan kamu.”

“Koe ra mudeng sayangku neng kowe gedene sepiro, kuwi luweh seko sayangmu neng de’e”
“Kamu tidak mengerti rasa sayangku padamu sebesar apa? lebih besar dari sayangmu pada dia.”

“Senadyan mbokmu karo bapakmu ra ngijine hubungan awake dewe, aku bakal terus berusaha gawe kowe lan keluargamu setuju karo aku”
“Meski ibu dan bapak kamu tidak setuju dengan hubungan kita, aku akan tetap berusaha untuk membuat keluargamu setuju.”

Gambar Lucu Bahasa Jawa

Berikut ini kumpulan gambar gambar lucu bahasa jawa terbaru sebagai pelengkap dari quotes kata kata jawa yang telah kami rangkum sebelumnya,

kata kata lucu bahasa jawa

kata kata galau bahasa jawa

kata kata lucu bahasa jawa

kata kata lucu bahasa jawa

kata kata cinta bahasa jawa

kata kata cinta bahasa jawa

kata kata bahasa jawa

kata kata cinta bahasa jawa

kata kata bijak bahasa jawa

kata kata lucu bahasa jawa

kata kata bijak bahasa jawa

kata kata lucu bahasa jawa

kata kata lucu bahasa jawa

kata kata cinta bahasa jawa

Demikianlah 350+ Kata Kata Bahasa Jawa Lucu, Cinta, Bijak, Galau, Kangen, Sindiran, Mutiara [Halus dan Kasar]. Semoga kata kata lucu bahasa jawa diatas bermanfaat sebagai nasehat bagi pribadi masing masing, intinya adalah ambil perkataan yang baik dan positif untuk diterapkan dalam menjalani kehidupan. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar