30+ Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Tahun 2019 [UPDATE]

30+ Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Tahun 2019 [UPDATE]

Klub sepak bola terkaya di dunia tahun 2019 – Sepak bola sudah tidak bisa dipisahkan dari uang. Kondisi finansial dari suatu tim atau klub sepak bola sangat berpengaruh pada prestasi sebuah tim sehingga tim yang juara biasanya merupakan klub terkaya.

Tentu bukan suatu kebetulan jika klub-klub hebat yang populer dan kerap meraih trofi seperti Real Madrid, Barcelona, Bayern Munchen atau Juventus memiliki pendapatan yang besar dibanding klub-klub lain dari liga yang sama. Mereka juga kerap masuk dalam daftar klub terkaya di dunia.

Bicara soal klub terkaya mungkin semua sepakat bahwa kebanyakan berasal dari Inggris. Premier League Inggris memang terkenal karena memiliki hak siar sponsor yang sangat besar.

Pemasukan klub bukan hanya dari uang hadiah turnamen saja, ada juga sumber utama lain seperti penjualan merchandise dan jersey resmi, penjualan tiket stadion, kontrak sponsor dan apparel serta sumber pendapatan lainnya.

Beberapa klub besar yang diakuisi oleh pengusaha kaya raya juga langsung mendapat suntikan dana baru, sebut saja seperti Chelsea, Manchester City, dan Paris Saint-Germain (PSG).

Adanya uang sangat berguna untuk operasional klub. Pembelian pemain baru di bursa transfer pun menjadi lebih leluasa karena memiliki budget transfer yang besar. Hasilnya prestasi klub bisa jadi lebih meningkat.

Tiap tahunnya, perusahaan keuangan dan finansial ternama Deloitte selalu membuat list daftar klub sepak bola terkaya di dunia. Daftar tersebut disebut sebagai Deloitte Football Money League, sistem peringkat klub terkaya berdasarkan total pendapatan suatu klub yang pertama dirilis di tahun 1998.

(baca juga 10 klub Indonesia terkaya 2019)

Daftar 10 Klub Terkaya di Dunia 2019

Berikut merupakan daftar 10 klub sepak bola terkaya di dunia tahun 2019 update terbaru selengkapnya versi Deloitte.

1. Real Madrid

Real Madrid klub terkaya

Real Madrid menjadi klub bola terkaya tahun 2019. Klub ini berbasis di kota Madrid, Spanyol. Berdasarkan Deloitte, penghasilan Real Madrid sebesar 750,9 juta euro, tertinggi dibanding klub-klub top lain di dunia.

Uang yang didapat Real Madrid didapat dari banyak sumber, salah satunya adalah uang hadiah dari kompetisi Eropa Liga Champions dimana Real Madrid berhasil menjadi juara tiga tahun secara berturut-turut yakni pada tahun 2016, 2017 dan 2018.

2. Barcelona

Barcelona klub terkaya

Peringkat kedua klub sepak bola terkaya di dunia ditempati oleh Barcelona. Klub asal Catalonia, Spanyol ini mendapat penghasilan sebesar 690,4 juta euro. Ini menunjukkan bahwa keuangan mereka sangat stabil dari tahun ke tahun.

Sebagai salah satu klub terpopuler di dunia, tak heran melihat Barcelona sebagai salah satu klub dengan penghasilan terbesar, dimana beberapa sumber terbesar berasal dari penjualan merchandise, jersey klub dan penjualan tiket stadion.

3. Manchester United

Man United klub terkaya

Klub terkaya di dunia ketiga adalah Manchester United. Klub berjuluk The Red Devils ini tercatat memiliki kekayaan sebesar 666 juta euro. Meski beberapa tahun terakhir prestasi MU menurun, namun pendapatan dan ekonomi yang mereka dapat yang malah meningkat.

Nilai sponsor yang begitu besar ditambah dengan hak siar Liga Inggris yang tinggi menjadikan Manchester United menjadi klub sepak bola terkaya di Inggris saat ini.

4. Bayern Munchen

Bayern klub terkaya

Di peringkat 4 bercokol klub terkaya dari negara Jerman. Siapa lagi kalau bukan Bayern Munchen. Klub ini memiliki pendapatan mencapai 629,2 juta euro. Tentu tak aneh mengingat Bayern menjadi klub paling populer di Jerman dan salah satu yang paling dikenal baik di Eropa maupun dunia.

Keuangan dan ekonomi mereka selalu stabil setiap tahunnya. Hal ini juga sejalan dengan prestasi Bayern yang konsisten meraih trofi Bundesliga dan kerap bersaing di ajang Liga Champions.

5. Manchester City

Man City klub terkaya

Bukan rahasia umum lagi jika klub Manchester City kini masuk jajaran elit klub dengan kekayaan terbesar di dunia. Sejak diakusisi oleh Abu Dhabi United Group dari Uni Emirat Arab, The Citizen memang memiliki banyak uang yang kerap digunakan untuk membeli pemain bintang baru di bursa transfer.

Di tahun ini, kekayaan Man City mencapai 568,4 juta euro, tertinggi kedua di Inggris dan kelima di dunia.

6. Paris Saint-Germain

PSG klub terkaya

Satu lagi klub Eropa yang jadi kekuatan finansial besar setelah diakuisisi oleh perusahaan negara Timur Tengah. Ya, Paris Saint-Germain menajdi salah satu klub berpenghasilkan terbesar setelah dibeli oleh Qatar Investment Group.

Dengan kekayaan mencapai 541,7 juta euro, PSG jadi kian royal dalam bursa transfer. Salah satu buktinya dengan melakukan rekor pembelian termahal di bursa transfer sepanjang masa saat merekrut Neymar dari Barcelona dengan harga mencapai 220 juta euro.

7. Liverpool

Liverpool klub terkaya

Klub terkaya di dunia di peringkat 7 adalah Liverpool. The Reds yang kini dimiliki oleh John W. Henry dari Fenway’s Sports Group ini memiliki penghasilan sebesar 513,7 jtua euro.

Liverpool sendiri mendapat uang hadiah besar usai menjadi juara Liga Champions musim 2018-2019, dan setahun sebelumnya menjadi runner up di ajang yang sama.

8. Chelsea

Chelsea klub terkaya

Sejak dibeli oleh pengusaha kaya raya asal Rusia, Roman Abramovich, Chelsea memang berubah menjadi salah satu klub sepak bola paling kaya di dunia. Total pendapatan Chelsea tahun ini adalah 505,7 juta euro.

Kekayaan yang diraih oleh Chelsea juga berbanding lurus dengan prestasi yang diraih oleh The Blues. Sejak tahun 2003 saat pertama dibeli Abramovich, Chelsea meraih banyak trofi bergengsi mulai dari Liga Inggris hingga Liga Champions.

9. Arsenal

Arsenal klub terkaya

Dominasi klub asal Inggris pada list klub terkaya memang sudah terjadi selama beberapa tahun terakhir. Hak siar dan kontrak sponsor yang besar jadi alasan utama. Arsenal menjadi klub Inggris kelima dalam daftar 10 besar klub terkaya di dunia versi Deloitte Football Money League ini.

Klub berjuluk The Gunners ini memiliki pendapatan sebesar 439,2 juta euro. Meski prestasi Arsenal agak menurun dalam beberapa tahun terakhir, namun Arsenal nyatanya masih mampu mendapat keuntungan besar.

10. Juventus

Juventus klub terkaya

Peringkat 10 klub terkaya di dunia ditempati oleh klub asal Italia, yaitu Juventus. Klub yang berbasis di kota Turin, Italia ini memiliki kekayaan mencapai 428,3 juta euro. Juve menjadi yang paling terdepan dibanding klub Italia lain, salah satunya karena mereka jadi satu dari sedikit klub asli Italia yang memiliki stadion sendiri.

Prestasi apik di ajang Liga Champions, dengan 2 kali menjadi runner up di tahun 2015 dan 2017 juga mendatangkan uang hadiah yang besar bagi klub yang dimiliki oleh keluarga Agnelli dari perusahaan EXOR N V.

Selain 10 besar di atas, juga ada 20 klub lain yang masuk dalam daftar 30 besar. Klub-klub terkenal seperti AC Milan, Inter Milan, Atletico Madrid, Totteham Hotspur hingga Dortmund berhasil masuk dalam peringkat 11 sampai peringkat 30 klub terkaya berikut ini.

NoKlubNegaraPendapatan (juta euro)
11Tottenham HotspurInggris394,9
12Borussia DortmundJerman317,2
13Atletico MadridSpanyol304,4
14Inter MilanItalia280,8
15AS RomaItalia250,0
16Schalke 04Jerman243,8
17EvertonInggris212,9
18AC MilanItalia207,7
19Newcastle UnitedInggris201,5
20West Ham UnitedInggris197,9
21NapoliItalia182,8
22Leicester CityInggris179,4
23SouthamptonInggris172,0
24Crystal PalaceInggris169,0
25Zenit Saint PetersburgRusia167,8
26BesiktasTurki165,7
27SevillaSpanyol165,2
28Olympique LyonPrancis164,2
29Brighton & Hove AlbionInggris157,4
30BenficaPortugal150,7

Itulah info daftar 10 klub terkaya di dunia tahun 2019 atau top 10 richest football clubs in the world yang dirilis Deloitte. Daftar tersebut merupakan bagian dari Deloitte Football Money League yang dirilis tiap tahunnya.

Tinggalkan komentar