10 Klub Terkaya di Indonesia 2018 versi Forbes [Update Terbaru]

10 Klub Terkaya di Indonesia 2018 versi Forbes [Update Terbaru]

Apa klub terkaya di Indonesia? Masalah sepak bola dan finansial di Indonesia memang sering terjadi, mulai dari gaji terlambat hingga infrastruktur buruk. Meski begitu ada beberapa klub Indonesia terkaya dengan nilai kontrak sponsor dan pengeluaran tahunan yang mencapai angka miliaran hingga triliunan.

Jika menyebut peringkat klub terkaya di Indonesia, maka Persib Bandung pantas dikedepankan. Hal ini karena Persib dikenal mampu menggaet banyak sponsor karena banyaknya fans Bobotoh. Klub dengan jumlah fans banyak lain di Indonesia seperti Persebaya, Arema dan Persija juga tak ketinggalan dalam 10 besar.

Banyaknya fans dan suporter klub membuat sponsor mau mencairkan banyak dana bagi klub tersebut. Selain klub berprestasi tentu akan mudah menggaet sponsor. Hasilnya banyak pemain di Liga Indonesia yang digaji besar, terutama pemain asing. Bahkan tahun lalu sempat ada istilah marquee player.

Memang nilai pendapatan yang diraih klub terkaya di Indonesia jelas sangat jauh berbeda dengan deretan klub terkaya di dunia. Seperti diketahui jika nama-nama klub terkaya di dunia seperti Manchester United, Real Madrid, Barcelona, PSG atau Chelsea memiliki nilai kekayaan mencapai jutaan euro.

Lantas siapa saja yang masuk 10 besar klub Indonesia paling kaya? Majalah Forbes telah menyusun daftar 10 klub Indonesia terkaya dihitung dari pengeluaran tahunan. Data tersebut dirilis di awal tahun 2018 dan akan diupdate jika terdapat perubahan lebih lanjut.

(baca juga pemain bola terkaya di dunia)

klub terkaya di indonesia

10 Klub Terkaya di Indonesia 2018

Berikut ini merupakan daftar 10 klub Indonesia terkaya tahun 2018 berdasarkan majalah Forbes yang dihitung dari pengeluaran tahunan pada tahun 2017-2018 saat ini.

1. Persib Bandung

Urutan klub terkaya di Indonesia yang pertama adalah Persib Bandung. Tim berjuluk Maung Bandung dikenal sebagai klub populer sehingga nilai kontrak sponsor Persib juga jadi yang terbesar di Liga 1 Indonesia. Bahkan Persib pernah menggaet pemain kelas dunia seperti Michael Essien dengan gaji besar.

Berdasarkan Forbes, pengeluaran tahunan Persib Bandung mencapai angka 2,24 triliun rupiah, menjadikan Persib sebagai klub terkaya di Indonesia versi Forbes.

2. Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya menempati urutan dua klub Indonesia terkaya tahun ini. Klub berjuluk Bajul Ijo memang baru saja promosi ke Liga 1, namun tetap diperhitungkan sebagai klub top di Indonesia. Banyaknya jumlah fans yang dijuluki Bonek membuat para sponsor tak ragu menyuntikkan dana segar pada Persebaya.

Berdasarkan Forbes, pengeluaran tahunan Persebaya Surabaya mencapai angka 2,19 triliun rupiah, menjadikan Persebaya sebagai klub terkaya kedua di Indonesia versi Forbes.

3. Persipura Jayapura

Persipura Jayapura menjadi klub kebanggaan masyarakat Papua. Klub yang bermarkas di Jayapura dan berjuluk Mutiara Hitam juga dilirik banyak sponsor. Meski sempat terkendala masalah sponsor, nyatanya Persipura tetap mampu stabil secara finansial.

Berdasarkan Forbes, pengeluaran tahunan Persipura Jayapura mencapai angka 1,31 triliun rupiah, menjadikan Persipura menempati urutan ketiga klub Indonesia terkaya versi Forbes.

4. Mitra Kukar

Peringkat klub terkaya di Indonesia berikutnya adalah Mitra Kukar. Mitra Kukar merupakan klub sepak bola asal Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Banyak sponsor yang direkrut Mitra Kukar, yang bahkan membuat tim ini mampu menggaji pemain bola top sekelas Mohamed Sissoko.

Berdasarkan Forbes, pengeluaran tahunan Mitra Kukar mencapai angka 1,29 triliun rupiah, menjadikan Mitra Kukar menempati urutan keempat klub terkaya di Indonesia 2018 versi Forbes.

5. Semen Padang

Semen Padang memang sudah terdegradasi ke Liga 2 di tahun 2018 ini. Meski begitu berdasarkan laporan terakhir Semen Padang masih mengeluarkan banyak pengeluaran tahunan. Catatan keuangan Semen Padang pun tetap stabil meski prestasi sedang terpuruk.

Berdasarkan Forbes, pengeluaran tahunan Semen Padang mencapai angka 1,26 triliun rupiah, menjadikan Semen Padang menempati urutan kelima klub terkaya di Indonesia versi Forbes.

6. Sriwijaya FC

Sriwijaya FC merupakan klub sepak bola asal kota Palembang, Sumatera Selatan. Klub ini berjuluk Laskar Wong Kito. Berdasarkan Forbes, pengeluaran tahunan Sriwijaya FC mencapai angka 989 miliar rupiah, menjadikan Sriwijaya FC menempati urutan keenam klub Indonesia terkaya versi Forbes.

7. Arema FC

Arema FC merupakan klub sepak bola asal kota Malang, Jawa Timur. Klub ini berjuluk Singo Edan. Berdasarkan Forbes, pengeluaran tahunan Arema FC mencapai angka 761 miliar rupiah, menjadikan Arema FC menempati urutan ketujuh klub terkaya di Indonesia versi Forbes.

8. Madura United

Madura United merupakan klub sepak bola asal Madura, Jawa Timur. Klub ini dijuluki Laskar Sapeh Kerrab dan bermarkas di Stadion Gelora Bangkalan. Madura United menempati urutan kedelapan daftar klub terkaya di Indonesia versi Forbes.

9. Persija Jakarta

Persija Jakarta merupakan klub sepak bola asal kota Jakarta. Klub ini dijuluki Macan Kemayoran dan basis suporternya dikenal sebagai The Jak Mania. Persija menempati urutan kesembilan daftar klub Indonesia paling kaya versi Forbes.

10. PSM Makassar

PSM Makassar adalah klub sepak bola asal kota Makassar, Sulawesi Selatan. Klub ini dijuluki Juku Eja dan termasuk salah satu klub tertua di Indonesia yang sudah ada sejak dulu. PSM saat ini menempati urutan kesepuluh peringkat klub bola Indonesia terkaya versi Forbes.

Nah itulah urutan klub Indonesia terkaya tahun 2018. List dihitung berdasarkan pengeluaran tahunan untuk semua klub Liga Indonesia di semua kasta kompetisi. Semua data finansial diambil dari data Forbes magazine yang valid dan kredibel dan akan diupdate jika ada perubahan.

Tinggalkan komentar