Daftar 20 Kota Terbesar di Indonesia Menurut Luas Wilayahnya

Daftar 20 Kota Terbesar di Indonesia Menurut Luas Wilayahnya

Daftar 20 kota terbesar di Indonesia – Indonesia merupakan negara yang luas dengan luas wilayah membentang dari Sabang sampai Merauke. Terdapat 34 provinsi di Indonesia yang tersebar baik di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawesi dan pulau-pulau lainnya. Selain itu terdapat ratusan wilayah administrasi lain termasuk kabupaten dan kota yang ada di tiap tiap provinsi di Indonesia. Lantas kota yang mana yang termasuk dalam list urutan 20 kota/kabupaten terbesar di Indonesia yang berdasarkan luas wilayahnya?

Sebagai negara kepulauan yang luas, wilayah Indonesia memang sangat luas dengan jumlah penduduk yang banyak. Secara letak geografis Indonesia yang strategis juga diimbangi dengan luas wilayah yang besar. Selain itu banyak juga kota kota besar di Indonesia dengan luas wilayah yang besar pula. Kota besar yang dimaksud di sini dihitung berdasarkan luas wilayah, bukan berarti kota metropolitan yang lebih tergantung pada populasi jumlah penduduknya.

Misalnya saja kota Jakarta, yang menjadi kota dengan jumlah penduduk di Indonesia sekaligus kota terpadat di Indonesia. Namun jika diurutkan berdasarkan luas wilayah, kota Jakarta yang dibagi menjadi 5 wilayah kabupaten/kota tidak termasuk dalam list 10 kota terbesar di Indonesia.

Baca Juga : 100 Kota Terbesar di Dunia Menurut Jumlah Penduduknya

Begitu pula kota kota metropolitan Indonesia lain yang terkenal seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Malang, Bekasi, Makassar, Denpasar atau Tangerang. Kota-kota tersebut tidak termasuk kota terluas di Indonesia dan hanya masuk jika dibuat daftar kota terbesar di Indonesia menurut jumlah penduduknya.

Daftar 20 Kota Terbesar di Indonesia

Kali ini akan dibahas mengenai daftar kota terbesar di Indonesia menurut luas wilayahnya. Kota Palangkaraya menjadi kota terbesar di Indonesia diikuti oleh Dumai dan Tidore Kepulauan. Inilah list urutan 20 kota dan kabupaten terbesar dan terluas di Indonesia beserta penjelasannya update terbaru selengkapnya.

1. Palangkaraya

kota terbesar di indonesia palangkaraya

Kota terbesar di Indonesia adalah kota Palangka Raya. Kota ini adalah ibukota provinsi Kalimantan Tengah. Luas wilayah dari Palangkaraya adalah 2.400 km persegi menjadikannya kota/kabupaten terbesar di Indonesia. Sementara populasi jumlah penduduk Palangkaraya adalah 376 ribu jiwa. Artinya kepadatan penduduk kota Palangkaraya adalah 92 jiwa/km persegi.

Secara administratif, terdapat 5 kecamatan di kota Palangka Raya yaitu Pahandut, Jekan Raya, Bukit Batu, Sebangau dan Rakumpit. Sebagai kota terluas di Indonesia, maka otomatif Palangkaraya juga menjadi kota terbesar di Kalimantan berdasarkan luas wilayahnya.

Sebagai kota besar di Indonesia, pemerintah pusat sering membuat wacana tentang upaya pemindahan ibukota dari kota Jakarta menuju Palangkaraya. Kota ini dinilai ideal sebagai pengganti Jakarta sebagai ibukota. Meski itu hal ini hanya sebatas wacana dan tampaknya tidak akan pernah terealisasi.

2. Dumai

kota terbesar di indonesia dumai

Urutan kota terbesar di Indonesia berikutnya adalah kota Dumai. Kota ini terletak di provinsi Riau. Dumai juga menjadi kota terbesar di Sumatera. Luas area kota Dumai adalah 2.039 km persegi. Total populasi penduduk Dumai sebesar 350.678 jiwa. Sedangkan kepadatan penduduk yang menempati wilayah kota Dumai adalah 0,2 jiwa per km perseginya.

Secara administratif, kota Dumai terbagi menjadi 7 kecamatan, di antaranya yaitu Dumai Barat, Dumai Timur, Bukit Kapur, Medang Kampai, Sungai Sembilan, Dumai Kota dan Dumai Selatan. Selain itu tiap kecamatan juga dibagi lagi menjadi 33 kelurahan.

Letak kota ini berada di pesisir timur provinsi Riau. Kota Dumai memiliki simbol yaitu fauna Harimau Sumatera yang berhabitat di daerah di Dumai. Terdapat bandara Pinang Kampai yang ada di kota ini. Adapun suku yang menempati kota Dumai antara lain adalah suku Melayu, Minangkabau, Jawa, Batak dan lain-lain.

3. Tidore Kepulauan

kota terbesar di indonesia tidore kepulauan

Peringkat kota terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Tidore Kepulauan. Luas wilayah kota ini sebesar 1.550 km persegi dengan jumlah penduduk sebesar 48.678 jiwa. Adapun tingkat kepadatan penduduknya adalah 63 jiwa per km persegi. Tidore Kepulauan merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Maluku Utara, di wilayah Indonesia bagian Timur.

Kota ini pun menjadi kota terbesar di Maluku dan kota terbesar di Indonesia bagian Timur. Secara administratif, terdapat 8 kecamatan, 40 kelurahan dan 49 desa yang ada di Tidore Kepulauan. Nama kecamatan di kota ini yaitu Oba, Oba Selatan, Oba Tengah, Oba Utara, Tidore, Tidore Selatan, Tidore Utara dan Tidore Timur. Wilayah Tidore Kepulauan terletak di pulau Halmahera dan pulau Tidore.

4. Subulussalam

kota terbesar di indonesia subulussalam

Kota Subulussalam merupakan kota yang terletak di provinsi Aceh. Luas wilayahnya adalah 1.391 km persegi. Subulussalam memiliki populasi penduduk sebesar 67.446 jiwa dengan kepadatan penduduk sebesar 48 jiwa/km persegi. Kota Subulussalam sendiri baru didirikan pada tahun 2007 lalu. Kota ini awalnya adalah pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil.

Secara administratif, kota Subulussalam terbagi menjadi 5 kecamatan yaitu kecamatan Longkib, kecamatan Penanggalan, kecamatan Rundeng, kecamatan Simpang Kiri dan kecamatan Sultan Daulat. Kota ini pun menjadi salah satu kota terluas di Indonesia menurut luas wilayahnya.

5. Sorong

kota terbesar di indonesia sorong

Sorong juga menjadi kota terluas di Indonesia, tepatnya di Indonesia Timur. Letak kota Sorong berada di provinsi Papua Barat. Kota ini memiliki luas wilayah sebesar 1.105 kilometer persegi. Jumlah penduduk di kota Sorong adalah 306.688 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 173 jiwa per km perseginya.

Pembagian wilayah kota Sorong dibagi menjadi sebanyak 10 kecamatan. Kecamatan yang ada di Sorong antara lain adalah Sorong, Sorong Barat, Sorong Kepulauan, Sorong Timur, Sorong Utara, Sorong Manoi, Sorong Kota, Malaimsimsa, Klaurung dan Maladom Mes. Dari 10 kecamatan dibagi lagi menjadi sebanyak 41 kelurahan yang ada dari kecamatan tersebut.

Kota Sorong dijuluki sebagai kota minyak karena adanya tambang minyak bumi yang ada di kota ini. Selain itu Sorong memiliki industri yang berkembang karena banyak sumber daya alam yang ada baik di kota Sorong maupun di kota sekitarnya. Akibatnya banyak investor dan perusahaan asing yang menanamkan modal untuk sektor industri di kota Sorong ini.

6. Jayapura

kota terbesar di indonesia jayapura

Daftar kota terbesar di Indonesia berikutnya adalah Jayapura. Kota ini merupakan ibukota provinsi Papua yang ada di Indonesia bagian Timur. Jayapura pun menjadi salah satu kota terbesar di Papua. Adapun luas wilayah dari kota Jayapura adalah 940 km persegi. Jumlah penduduk kota Jayapura adalah 613.227 jiwa dengan kepadatan penduduk 652 jiwa per km persegi.

Pembagian wilayah Jayapura terdapat 5 kecamatan yaitu Muara Tami, Abepura, Heram, Jayapura Selatan dan Jayapura Utara. Dari 5 distrik itu terbagi lagi menjadi sebanyak 25 kelurahan dan 14 desa. Kota Jayapura termasuk cukup padat dan menjadi salah satu kota terpadat di Indonesia bagian Timur.

Kebanyakan wilayah Jayapura terdiri dari wilayah perbukitan dan hutan lindung yang tak bisa dihuni. Sementara bagian kota Jayapura pun cukup padat penduduk. Kota Jayapura juga dikenal berkat klub sepak bola Persipura Jayapura yang sering menjadi juara Liga Indonesia.

7. Samarinda

kota terbesar di indonesia samarinda

Ibukota Kalimantan Timur, yaitu kota Samarinda juga merupakan salah satu dari 10 kota terbesar di Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 718 km persegi, Samarinda menjadi kota terluas ke-7 di seluruh penjuru nusantara. Jumlah penduduk kota Samarinda adalah 812.597 km persegi sehingga kota ini cukup padat yaitu dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar sekitar 1131 jiwa/km persegi.

Kota Samarinda secara administratif dibagi menjadi 10 kecamatan. Nama kecamatan yang ada di kota Samarinda adalah Loa Janan Ilir, Palaran, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Seberang, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, Sambutan, Sungai Kunjang dan Sungai Pinang.

Kondisi geografis kota Samarinda berada di daerah berbukit dengan ketinggian lebih dari 10 meter di atas permukaan laut. Kota ini juga memiliki Sungai Mahakam, salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang membelah kota Samarinda. Kota ini didominasi oleh suku Kutai, Banjar, Dayak dan Bugis.

8. Batam

kota terbesar di indonesia batam

Kota Batam adalah sebuah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Wilayah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang dan pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka. Luas wilayah Batam adalah 715 km persegi dengan total jumlah populasi penduduk sebesar 1.037.187 jiwa sehingga kota ini pun cukup padat.

Terdapat 12 kecamatan yang ada di kota Batam, yaitu Batam Kota, Nongsa, Bengkong, Batu Ampar, Sekupang, Belakang Padang, Bulang, Sagulung, Galang, Lubuk Baja, Sungai Beduk dan Batu Aji. Selain 12 kecamatan juga terdapat 74 kelurahan yang ada di kota Batam.

Batam merupakan salah satu kota di Indonesia dengan letak yang sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional yang strategis, kota ini memiliki jarak tempuh yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia. Sebagai kota terencana, Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia.

9. Padang

kota terbesar di indonesia padang

Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia. Padang memiliki wilayah seluas 694 km persegi.  Berdasarkan data terbaru, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 902.413 jiwa menjadikan kota ini salah satu yang terpadat di Sumatera.

Kondisi geografis kota Padang berbatasan dengan laut dan dikelilingi perbukitan dengan ketinggian mencapai 1.853 meter di atas permukaan laut. Secara administrasi, kota Padang memiliki 11 kecamatan yaitu Bungus Teluk Kabung, Koto Tangah, Kuranji, Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan, Nanggalo, Padang Barat, Padang Selatan, Padang Timur, Padang Utara dan Pauh.

Kota ini terkenal dihuni oleh suku Minangkabau. Selain itu Padang juga dikenal lewat makanannnya terutama masakan padang yang sudah merambah di seluruh kota di Indonesia. Kota ini pun menjadi salah satu kota dengan sejarah panjang di Indonesia, terutama di kawasan Indonesia bagian barat.

10. Pagar Alam

 

kota terbesar di indonesia pagar alam

Urutan kota terbesar di Indonesia selanjutnya adalah kota Pagar Alam. Kota ini merupakan kota yang berada di provinsi Sumatera Selatan. Pagar Alam merupakan kota yang dibentuk yang sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Lahat. Luas wilayah kota Pagar Alam adalah 633 km persegi. Sementara jumlah penduduk kota Pagar Alam adalah 133.862 jiwa.

Kota Pagar Alam ini terbagi menjadi 5 kecamatan dan 35 kelurahan. Lima kecamatan yang ada di Pagar Alam yaitu Dempo Selatan, Dempo Tengah, Dempo Utara, Pagar Alam Selatan dan Pagar Alam Utara. Kota Pagar Alam mempunyai potensi wisata yang sangat kaya, selain wisata alam, terdapat juga lokasi-lokasi purbakala. Di kota Pagar Alam ini terdapat sedikitnya 33 air terjun dan 26 situs bersejarah.

11. Pekanbaru

Provinsi : Riau
Luas wilayah : 633,01 km persegi
Jumlah penduduk : 1,038 juta jiwa
Kecamatan : 12

12. Singkawang

Provinsi : Kalimantan Barat
Luas wilayah : 504 km persegi
Jumlah penduduk : 246 ribu jiwa
Kecamatan : 5

13. Balikpapan

Provinsi : Kalimantan Timur
Luas wilayah : 503,3 km persegi
Jumlah penduduk : 735 ribu jiwa
Kecamatan : 6

14. Bontang

Provinsi : Kalimantan Timur
Luas wilayah : 497,57 km persegi
Jumlah penduduk : 165 ribu jiwa
Kecamatan : 3

15. Prabumulih

Provinsi : Sumatera Selatan
Luas wilayah : 434,5 km persegi
Jumlah penduduk : 161 ribu jiwa
Kecamatan : 6

16. Lubuklinggau

Provinsi : Sumatera Selatan
Luas wilayah : 401,5 km persegi
Jumlah penduduk : 201 ribu jiwa
Kecamatan : 8

17. Palembang

Provinsi : Sumatera Selatan
Luas wilayah : 358,55 km persegi
Jumlah penduduk : 1,724 juta jiwa
Kecamatan : 18

18. Palu

Provinsi : Sulawesi Tengah
Luas wilayah : 395,06 km persegi
Jumlah penduduk : 342 ribu jiwa
Kecamatan : 8

19. Sungaipenuh

Provinsi : Jambi
Luas wilayah : 391,5 km persegi
Jumlah penduduk : 82 ribu jiwa
Kecamatan : 8

20. Ambon

Provinsi : Maluku
Luas wilayah : 377,45 km persegi
Jumlah penduduk : 427 ribu jiwa
Kecamatan : 5

Nah itulah info list daftar 20 kota terbesar di Indonesia lengkap terbaru. List tersebut ditampilkan berupa penjelasan, provinsi, luas wilayah, jumlah penduduk, kepadatan penduduk dan jumlah kecamatan di tiap tiap kota terbesar di Indonesia. Sekian info kali ini semoga bisa menjadi referensi.

Tinggalkan komentar