10 Kota Tertua di Indonesia Beserta Tahun Berdiri dan Sejarahnya

10 Kota Tertua di Indonesia Beserta Tahun Berdiri dan Sejarahnya

Kota tertua di Indonesia – Apa saja kota tertua di Indonesia? Indonesia merupakan negara yang merdeka di tahun 1945. Meski begitu Indonesia memiliki sejarah panjang sejak dulu, mulai dari era kerajaan hindu-budha, era penjajahan Belanda dan era kemerdekaan. Sejarah Indonesia panjang membuat banyak kota dan wilayah Indonesia yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Jakarta memang menjadi ibukota Indonesia, namun kota ini sendiri baru ada sejak tahun 1942 (sebelumnya bernama Sunda Kelapa, Jayakarta dan Batavia). Beberapa kota tua di Indonesia ternyata sudah ada sejak bahkan sejak abad ke-6 hingga abad ke-10. Saat itu memang masih termasuk zaman Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia. Ada juga kota tua Indonesia di era Kerajaan Islam di Indonesia.

Kota tertua di Indonesia lain juga ada yang didirikan di era kolonialisme Belanda. Beberapa kota tertua di Indonesia adalah kota-kota besar yang jadi ibukota provinsi di Indonesia saat ini, meski ada juga kota kota yang tidak termasuk ibukota yang termasuk dalam daftar kota tertua di Indonesia.

Kota Tertua di Indonesia

Lantas apa saja kota tertua di Indonesia yang pertama ada? Inilah list daftar 10 kota tertua di Indonesia beserta tahun berdirinya dan sejarah singkatnya sebelum era kemerdekaan lengkap.

1. Palembang

kota tertua di indonesa palembang

Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 688 Masehi menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.

Luas wilayah Kota Palembang adalah 358,55 Km² dengan ketinggian rata-rata 8 meter dari permukaan laut. Letak Palembang cukup strategis karena dilalui oleh jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan antar daerah di Pulau Sumatera. Di Palembang juga terdapat Sungai Musi yang dilintasi Jembatan Ampera dan berfungsi sebagai sarana transportasi dan perdagangan antar wilayah.

2. Salatiga

kota tertua di indonesa salatiga

Kota Salatiga adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah dan diperkirakan berdiri pada tahun 750 M. Kota ini berbatasan sepenuhnya dengan Kabupaten Semarang. Salatiga terletak 49 km sebelah selatan Kota Semarang atau 52 km sebelah utara Kota Surakarta, dan berada di jalan negara yang menghubungkan Semarang-Surakarta. Salatiga terdiri atas 4 kecamatan, yakni Argomulyo, Tingkir, Sidomukti, dan Sidorejo. Kota ini berada di lereng timur Gunung Merbabu sehingga membuat kota ini berudara cukup sejuk.

Ada beberapa sumber yang dijadikan dasar untuk mengungkap asal usul Salatiga, yaitu yang berasal dari cerita rakyat, prasasti maupun penelitian dan kajian yang cukup detail. Dari beberapa sumber tersebut Prasasti Plumpungan-lah yang dijadikan dasar asal usul Kota Salatiga. Berdasarkan prasasti ini Hari Jadi Kota Salatiga dibakukan, yakni tanggal 24 Juli 750 yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah Tingkat II Kota Salatiga Nomor 15 Tahun 1995 tentang Hari Jadi Kota Salatiga.

3. Malang

kota tertua di indonesa malang

Malang menjadi salah satu kota tertua di Indonesia karena diperkirakan ada sejak tahun 760 M. Usia kota Malang diperkirakan berusia 1255 tahun yang diperoleh melalui peninggalan prasasti Dinoyo diperkirakan sudah ada sejak 1 Margasira 682 saka (28 November 760).

Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Malang adalah kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur setelah Surabaya dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Malang didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km2 yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya.

Kota Malang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang dan sisi selatan Pulau Jawa. Kota ini dibatasi oleh Kecamatan Singosari dan Kecamatan Karangploso di sisi utara; Kecamatan Pakis dan Kecamatan Tumpang di sisi timur; Kecamatan Tajinan dan Kecamatan Pakisaji di sisi selatan; dan Kecamatan Wagir dan Kecamatan Dau di sisi barat yang semuanya merupakan kecamatan di Kabupaten Malang.

4. Kediri

kota tertua di indonesa kediri

Kediri diperkirakan sudah ada sejak tahun 879 Masehi dan sekaligus menjadikannya menempati urutan ke 4 sebagai kota tertua di Indonesia. Kota Kediri adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 130 km sebelah barat daya Surabaya dan merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang menurut jumlah penduduknya. Kota Kediri memiliki luas wilayah 63,40 km² dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Kediri. Kota Kediri terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer.

Menurut catatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kediri, jumlah penduduk Kota Kediri pada tahun 2012 sebanyak 312.331 jiwa. Kepadatan penduduk Kota Kediri adalah sebesar 4.926 jiwa per km².

5. Magelang

kota tertua di indonesa magelang

Magelang adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang diperkirakan berdiri pada tahun 907 M. Kota ini terletak di tengah kabupaten Magelang. Karena memang dulunya Kota Magelang adalah ibukota dari Kabupaten Magelang sebelum mendapat kebijakan untuk mengurus rumah tangga sendiri sebagai sebuah kota baru. Kota Magelang memiliki posisi yang strategis, karena berada di jalur utama Semarang-Yogyakarta. Kota Magelang berada di 15 km sebelah Utara Kota Mungkid, 75 km sebelah selatan Semarang, dan 43 km sebelah utara Yogyakarta.

Hari Jadi Kota Magelang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 6 Tahun 1989, bahwa tanggal 11 April 907 Masehi merupakan hari jadi. Penetapan ini merupakan tindak lanjut dari seminar dan diskusi yang dilaksanakan oleh Panitia Peneliti Hari Jadi Kota Magelang bekerjasama dengan berbagai pihak yang berkompeten. Kota Magelang mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan Mantyasih, yang saat ini dikenal dengan Kampung Meteseh di Kelurahan Magelang. Usia kota Magelng di dapat setelah memeriksa salah satu peninggalan prasasti Poh.

6. Semarang

kota tertua di indonesia semarang

Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah dan diperkirakan telah berdiri sejak tahun 1547 M. Semarang adalah kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa dan menjadi salah satu kota terpadat di Jawa dan di Indonesia.

Luas wilayah kota Semarang adalah 373.67 km persegi. Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat.

Sejarah Semarang berawal kurang lebih pada abad ke-6 M, yaitu daerah pesisir yang bernama Pragota (sekarang menjadi Bergota) dan merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Daerah tersebut pada masa itu merupakan pelabuhan dan di depannya terdapat gugusan pulau-pulau kecil.

7. Medan

kota tertua di indonesa medan

Kota Medan adalah adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara dan diperkirakan telah ada sejak tahun 1590 M. Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, serta kota terbesar di luar Pulau Jawa. Pulau Sumatra sendiri menjadi pulau terbesar di Indonesia yang keempat. Berbatasan dengan Selat Malaka menjadikan Medan kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia.

Medan berawal dari sebuah kampung yang didirikan oleh Guru Patimpus di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura. Hari jadi Kota Medan ditetapkan pada tanggal 1 Juli 1590. Memasuki abad ke-20, Medan menjadi kota yang penting di luar Jawa, terutama setelah pemerintah kolonial membuka perusahaan perkebunan secara besar-besaran.

8. Makassar

kota tertua di indonesa makassar

Kota Makassar adalah ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar telah berdiri sejak tahun 1607 M. Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur. Kota ini terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan.

Kota ini dahulu bernama Ujung Pandang dan dipakai dari kira-kira tahun 1971 sampai tahun 1999. Alasan untuk mengganti nama Makassar menjadi Ujung Pandang adalah alasan politik, antara lain karena Makassar adalah nama sebuah suku bangsa padahal tidak semua penduduk kota Makassar adalah anggota dari etnik Makassar. Jumlah penduduk kota Makassar terbaru diperkirakan sekitar 1,612 juta jiwa.

9. Bandung

kota tertua di indonesa bandung

Kota Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat. Bandung diperkirakan ada sejak tahun 1810 M. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek.

Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja dan kota wisata kuliner.

10. Purworejo

kota tertua di indonesia purworejo

Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kota/kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah. Purworejo sudah ada sejak tahun 1901. Meski tidak terlalu dikenal dibanding kota lain dalam list ini, namun Purworejo termasuk salah satu kota tertua di Indonesia.

Purworejo berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang di utara, Kabupaten Kulon Progo (Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di timur), Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Kebumen di sebelah barat. Kabupaten Purworejo terdiri atas 16 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 469 desa dan 25 kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Purworejo.

Nah itulah info list daftar 10 kota tertua di Indonesia lengkap beserta tahun berdiri dan sejarahnya. Kota Palembang menjadi kota tertua di Indonesia diikuti oleh Salatiga, Malang dan Kediri. Sekian info kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan umum.

Satu pemikiran pada “10 Kota Tertua di Indonesia Beserta Tahun Berdiri dan Sejarahnya

Tinggalkan komentar