Lama Waktu Permainan Sepak Bola (Durasi Normal & Tambahan Waktu)

Lama Waktu Permainan Sepak Bola (Durasi Normal & Tambahan Waktu)

Sepak bola adalah olahraga terpopuler di dunia. Jutaan penggemar sepak bola tersebar di seluruh dunia. Ada banyak aturan sepak bola, salah satunya mengenai lama permainan sepak bola. Kali ini akan dijelaskan mengenai lama waktu permainan sepak bola baik di waktu normal, waktu tambahan waktu dan waktu perpanjangan waktu.

Segala aturan mengenai sepak bola telah diatur dalam Laws of the Game yang dibuat oleh IFAB (International Football Association Board) selaku badan yang menentukan aturan permainan sepak bola. Salah satu yang diatur dalam Laws of the Game adalah durasi permainan sepak bola.

Berapa lama permainan sepak bola? Secara umum pada waktu normal, lamanya waktu bermain sepak bola adalah 2 x 45 menit. Sehingga total lama permainan sepak bola adalah 90 menit. Selain itu juga ada istilah injury time atau masa tambahan waktu yang ditentukan oleh wasit di tiap pertandingan.

Waktu pertandingan sepak bola juga bisa bertambah jika diadakan perpanjangan waktu atau extra time. Hal ini hanya terjadi pada pertandingan sistem gugur yang mengharuskan ada pemenang dan tidak boleh ada hasil imbang dari kedua tim yang bertanding.

(baca juga ukuran lapangan sepak bola)

waktu lama permainan sepak bola

Durasi Waktu Permainan Sepak Bola

Berikut penjelasan mengenai lama permainan sepak bola baik durasi waktu normal, waktu tambahan waktu hingga waktu perpanjangan waktu sesuai aturan IFAB (International Football Association Board).

Lama waktu normal sepak bola

Lama permainan sepak bola dalam waktu normal adalah 2 x 45 menit. Babak pertama berlangsung selama 45 menit, begitu pula babak kedua juga berlangsung 45 menit. Artinya total lama pertandingan sepak bola dalam waktu normal adalah 90 menit. Di antara tiap babak ada jeda istirahat selama 15 menit.

Dalam pertandingan normal yang tidak mengharuskan adanya pemenang (bisa pada pertandingan liga atau babak grup), durasi pertandingan akan selesai setelah waktu normal usai meski pertandingan berakhir imbang.

Lama waktu injury time sepak bola

Pada tiap pertandingan sepak bola biasanya terdapat tambahan waktu di akhir tiap babak,  baik di akhir babak pertama ataupun di akhir babak kedua. Masa tambahan waktu ini sering disebut sebagai injury time, stoppage time atau additional time.

Lama waktu injury time ditetapkan oleh wasit pertandingan sebagai pengganti waktu yang hilang karena adanya cedera pemain, pergantian pemain atau penghentian waktu lain selama pertandingan. Biasanya waktu injury time berkisar antara 1 sampai 5 menit, meski ada juga yang lebih dari 5 menit dan ada pula yang tidak ada tambahan waktunya sama sekali.

Lama perpanjangan waktu sepak bola

Biasanya dalam sistem gugur yang mengharuskan adanya pemenang, jika pertandingan berakhir imbang akan diadakan perpanjangan waktu atau extra time. Durasi waktu perpanjangan waktu dalam sepak bola adalah 2 x 15 menit, yakni 15 menit di babak pertama extra time dan 15 menit di babak kedua extra time.

Artinya total waktu perpanjangan waktu adalah 30 menit. Jika ditambahkan dengan waktu normal selama 90 menit, maka total waktu pertandingan sepak bola yang harus diteruskan ke babak extra time adalah 120 menit. Jika kedudukan masih imbang akan dilakukan babak adu penalti antar kedua tim.

Aturan perpanjangan waktu sepak bola

Di tahun 90an dan awal 2000an, perpanjangan waktu menetapkan aturan lain. Dalam 30 menit waktu perpanjangan waktu, tim pertama yang langsung mencetak gol otomatis keluar sebagai pemenang tanpa menunggu durasi waktu habis. Aturan ini disebut sebagai golden goal atau gol emas.

Setelahnya juga sempat diterapkan aturan gol perak atau silver goal, yaitu jika suatu tim berhasil unggul pada babak pertama extra time, maka tim itu keluar sebagai pemenang dan tidak perlu dilakukan babak kedua extra time. Aturan golden goal dan silver goal kemudian dihapus, dan kini babak extra time tetap berlangsung selama 2 x 15 menit sampai akhir.

Demikian pembahasan mengenai durasi waktu pertandingan sepak bola baik pada waktu normal (90 menit), waktu injury time (tergantung wasit) serta waktu extra time (30 menit).

Tinggalkan komentar