Letak Astronomis Benua Asia Beserta Pengaruhnya Terhadap Iklim

Letak Astronomis Benua Asia Beserta Pengaruhnya Terhadap Iklim

Letak astronomis benua Asia – Benua Asia merupakan benua terbesar dan terluas di dunia dengan luas wilayah 44.579.000 km persegi. Terdapat sekitar 49 negara yang ada di benua Asia. Benua Asia juga terdiri dari beberapa kawasan, yakni Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan dan Asia Barat.

Selain itu, benua Asia juga memiliki letak astronomis dimana letak tersebut memberikan beberapa dampak dan pengaruh. Letak astronomis Asia ini membawa pengaruh iklim cuaca yang sangat kuat bagi kawasan Asia secara keseluruhan.

Letak astronomi sendiri adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Garis lintang merupakan garis khayal pada peta atau globe yang sejajar dengan garis khatulistiwa yang membelah bumi menjadi dua bagian, yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis khatulistiwa atau disebut sebagai garis equator atau garis lini adalah garis lintang 0°.

Sementara garis bujur merupakan suatu garis khayal pada peta atau globe yang menghubungkan antara kutub utara dan kutub selatan bumi. Bumi dibagi menjadi 180° garis bujur (BT) dan 180° garis bujur barat (BB). Garis bujur memisahkan bumi menjadi dua bagian, yakni belahan bumi barat dan belahan bumi timur, dengan titik pusat di daerah Greenwich, Inggris.

Dan untuk selengkapnya simak dibawah ini informasi yang akan menjelaskan letak astronomis benua Asia dan pengaruhnya dari segi iklim dan ekonominya.

(baca juga letak astronomis ASEAN)

Letak Astronomis Benua Asia dan Pengaruhnya Terhadap Iklim

Letak Astronomis Benua Asia

Secara astronomis, Benua Asia terletak di antara 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Artinya benua Asia terletak pada 77 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang selatan, serta pada 26 derajat bujur timur sampai 169 derajat bujur timur.

Pengaruh Letak Astronomis Benua Asia

Letak astronomis benua Asia memberikan pengaruh salah satunya dalam hal iklim dan ekonominya. Berikut ini beberapa dampak dan pengaruh akibat letak astronomis Asia.

Benua Asia menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia

Salah satu dampak dari letak astronomis benua Asia adalah Asia menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia. Hal ini karena letak Asia yang membentang dari bumi belahan utara sampai selatan, serta mendominasi sebagian besar wilayah belahan bumi bagian timur.

Selain itu, letak benua Asia memang cukup strategis karena diapit beberapa wilayah perairan samudera, seperti Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Benua Asia juga berbatasan dengan benua Eropa, benua Afrika, benua Australia, dan benua Amerika.

Benua Asia mempunyai 4 iklim

Pengaruh letak astronomis benua Asia berikutnya adalah benua Asia memiliki 4 (empat) iklim, yaitu Iklim Tropis (iklim panas), Iklim Subtropis (iklim sedang), Iklim Dingin (iklim kutub) dan Iklim Gurun. Tentu tiap jenis iklim diterapkan pada tiap-tiap kawasan yang berbeda.

Kawasan benua Asia memang cukup beragam, ada yang didominasi wilayah gurun di bagian Timur Tengah, ada yang dekat dengan garis khatulistiwa di daerah Asia Tenggara, ada juga yang dekat kawasan kutub di daerah Asia Utara. Tak heran jika ada banyak iklim yang ada di benua Asia secara keseluruhan.

Sekian informasi dan penjelasan mengenai letak astronomis benua Asia lengkap beserta dampak dan pengaruh iklim dan ekonominya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Tinggalkan komentar