Letak Geografis Asia Tenggara (ASEAN) | Batas, Kondisi, Pengaruhnya

Letak Geografis Asia Tenggara (ASEAN) | Batas, Kondisi, Pengaruhnya

Kali ini akan dibahas tentang letak geografis Asia Tenggara (ASEAN) lengkap beserta batas wilayah, kondisi dan pengaruhnya bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Asia Tenggara atau ASEAN adalah sub regional Asia yang terdiri dari negara-negara yang secara geografis berada di selatan China, sebelah timur India, barat New Guinea dan utara Australia. Sebagian besar negara-negara di kawasan Asia Tenggara terletak di belahan bumi Utara.

Asia Tenggara terdiri dari 11 negara dan memiliki luas wilayah 4,493,944 km2 . Asia Tenggara adalah benua terpadat jumlah populasi dan penduduknya ke tiga di dunia. Kawasan Asia Tenggara juga terletak dekat persimpangan pelat geologi dengan aktivitas seismik dan vulkanik yang tinggi sehingga membuat Asia Tenggara memiliki kemungkinan terjadi gempa dan letusan gunung berapi yang relatif tinggi.

Letak Geografis Asia Tenggara Beserta Batas, Kondisi dan Pengaruhnya

Kawasan Asia Tenggara secara geografis dibagi menjadi dua subregional yaitu Daratan Asia Tenggara (Indocina) dan Maritim Asia Tenggara yaitu berbentuk kepulauan. Jika melihat geografi Asia Tenggara ini, maka negara-negara yang berada di daratan adalah Myanmar, Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam. Sedangkan negara-negara yang berada di kepulauan adalah Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Sedangkan letak geografis sendiri adalah letak yang didasarkan posisi suatu wilayah terhadap wilayah lainnya, juga merupakan letak suatu kawasan jika dilihat di permukaan bumi sebenarnya atau ditinjau dari kawasan sekitarnya. Letak geografis Asia Tenggara sangatlah strategis dan menguntungkan bagi negara negara yang berada di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Dan selengkapnya mengenai letak geografis Asia Tenggara dan pengaruhnya lengkap beserta batas batas wilayah dan kondisi geografisnya.

Letak Geografis Asia Tenggara

Letak geografis ASEAN berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta terletak diantara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Lihat dibawah ini untuk memudahkan :

Terletak diantara dua benua : Benua Asia & Benua Australia.
Terletak diantara dua samudra : Samudra Hindia & Samudra Pasifik.

Letak geografis Asia Tenggara terletak di antara tiga perairan yaitu :

  • Samudra Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat.
  • Laut Cina Selatan di utara.
  • Samudra Pasifik di timur.

Pengaruh Geografis Asia Tenggara

Posisi dan letak geografis Asia Tenggara sangat strategis karena letaknya berada di antara dua benua dan dua samudra. Kawasan ini menghubungkan negara-negara barat dan timur sehingga kawasan ini sangat menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara. Pengaruh lainnya adalah sebagai tempat hilir mudik ikan ikan yang bermigrasi di lautan.

Batas Wilayah Asia Tenggara

Kawasan Asia berbatasan dengan negara, samudra dan benua di setiap sisinya, berikut ini batas batas wilayah Asia Tenggara lengkap baik utara, selatan, barat dan sebelah timur :

Utara : berbatasan dengan Kawasan Asia Timur (China) dan Samudra Pasifik .
Selatan : berbatasan dengan Samudra Hindia, Benua Australia, Timor Leste .
Barat : berbatasan dengan Kawasan Asia Selatan, Teluk Benggala, India, Bangladesh, Samudra Hindia .
Timur : berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Papua Nugini .

Kondisi Geografis Asia Tenggara

Bentuk bentuk geografis negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) dibagi menjadi empat tipe, berikut penjelasan selengkapnya :

  • Berbentuk hampir seperti lingkaran (compact), misalnya Kamboja.
  • Berbetuk kepulauan yang terpisah-pisah (fragmanted), misalnya Indonesia dan Filipina.
  • Berbentuk memanjang (elongated), misalnya Vietnam.
  • Berbentuk lebih kompleks dan beragam, biasanya terdapat daerah yang memanjang seperti tangan (protuded),
  • misalnya Thailand dan Myanmar.

Demikianlah informasi mengenai letak geografis Asia Tenggara lengkap beserta pengaruhnya, batas wilayahnya hingga kondisi geografisnya. Semoga semua penjelasan diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi ilmu pengetahuan.

Tinggalkan komentar