Letak Geografis Indonesia Beserta Kondisi, Pengaruh & Batas Wilayahnya

Letak Geografis Indonesia Beserta Kondisi, Pengaruh & Batas Wilayahnya

Letak geografis Indonesia – Indonesia merupakan negara maritim dan negara kepulauan yang ada di Asia Tenggara. Ditinjau dari sisi keadaan geografis Indonesia, letak wilayah Indonesia memang sangat strategis. Dengan letak geografis Indonesia yang sangat strategis, tentu banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan karena banyak pengaruh letak geografis Indonesia yang ditimbulkan.

Secara geografis Indonesia terletak di benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara. Selain Asia, benua yang berdekatan dengan wilayah Indonesia adalah benua Australia dan kawasan negara negara Oceania. Luas wilayah Indonesia mencapai 1,9 juta km persegi. Secara geografis, Indonesia juga termasuk negara maritim dimana wilayah perairan Indonesia sangat luas. Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang memiliki jumlah pulau sebanyak lebih dari 17 ribu pulau. Adapun 5 pulau terbesar di Indonesia adalah Kalimantan, Papua, Sumatera, Sulawesi dan Jawa.

Bagaimana dengan posisi geografis Indonesia? Letak suatu negara secara geografis didasarkan pada permukaan bumi atau posisinya dibanding wilayah sekelilingnya. Letak wilayah Indonesia juga didasarkan pada letak astronomis Indonesia yang berada di dekat garis khatulistiwa. Beberapa aspek dari letak geografis wilayah Indonesia didasarkan pada letak astronomis Indonesia, letak geologis Indonesia dan letak fisiografis Indonesia serta pengaruh sosial budaya Indonesia.

Mengapa letak Indonesia dikatakan strategis? Letak Indonesia memang sangat strategis karena berada di posisi silang. Yang dimaksud posisi silang Indonesia yaitu posisinya yang diapit 2 benua dan 2 samudera. Lokasi geografis Indonesia juga memberi pengaruh, baik keuntungan dan kerugian. Letak yang strategis mendatangkan keuntungan di bidang ekonomi, politik dan komunikasi. Pengaruh letak geografis Indonesia juga mencakup aspek pembagian musim, zona iklim hingga masuknya budaya asing.

letak geografis indonesia

Letak Geografis Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat strategis. Letak strategis Indonesia ini dikarenakan terletak di posisi silang yaitu diapit di antara dua benua dan terletak di antara dua samudera. Letak geografis di Indonesia ini pun bisa dijangkau dari wilayah mana pun yang ada di dunia tanpa kesulitan. Berikut penjelasan mengenai posisi dan letak wilayah Indonesia secara geografis didasarkan pada kondisi geografis Indonesia di sekitarnya selengkapnya.

Indonesia Terletak Diantara Dua Benua yaitu Asia dan Australia

Letak Indonesia secara geografis terletak di antara dua benua, yakni benua Asia dan benua Australia. Indonesia berada di wilayah Asia Tenggara dan berbatasan dengan negara Australia di bagian Selatan serta negara Papua Nugini di bagian Timur. Indonesia pun dekat dengan kawasan Oseania yang meliputi negara negara kecil di Samudera Pasifik.

Posisi Indonesia diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia ini jelas menguntungkan Indonesia yang menjadi lalu lintas perdagangan dunia. Selain itu cuaca dan iklim Indonesia akan terpengaruh akibat posisi geografis Indonesia ini. Hal lain yang mempengaruhi adalah keanekaragaman flora dan fauna serta keadaan alam Indonesia.

Indonesia Terletak Diantara Dua Samudera yaitu Hindia dan Pasifik

Selain diapit oleh dua benua, negara Indonesia diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Letak Samudera Hindia ada di sisi barat daya wilayah Indonesia, sedangkan lokasi Samudera Pasifik berada di sisi timur laut wilayah Indonesia.

Kondisi wilayah Indonesia ini mempengaruhi pembagian musim di Indonesia yang terdiri dari 2 musim, yakni musim hujan dan musik kemarau. Letak Indonesia yang berada di antara dua samudera juga mempengaruhi keadaan iklim di Indonesia yakni iklim laut. Biasanya terjadinya musim penghujan di Indonesia berlangsung antara bulan Oktober sampai April dengan ditandainya berhembusnya angin musim barat daya, sementara musim kemarau terjadi dalam kurun antara April sampai Oktober dengan adanya indikasi munculnya angin musim timur laut.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Letak Indonesia berbatasan dengan beberapa negara yang ada di sekitarnya ditinjau dari tiap arah mata angin. Batas geografis Indonesia meliputi dari batas wilayah Indonesia sebelah utara, batas wilayah Indonesia sebelah barat, batas wilayah Indonesia sebelah timur dan batas wilayah Indonesia sebelah selatan. Berikut ini merupakan batas wilayah Indonesia secara geografis.

  • Batas wilayah Indonesia sebelah utara : Filipina, Singapura, Malaysia, Laut Cina Selatan
  • Batas wilayah Indonesia sebelah barat : Samudera Hindia, perairan India
  • Batas wilayah Indonesia sebelah timur : Papua Nugini, Samudera Pasifik
  • Batas wilayah Indonesia sebelah selatan : Australia, Samudera Hindia, Timor Leste

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Posisi letak Indonesia secara geografis juga memberikan pengaruh pada berbagai aspek yang ada di Indonesia. Berikut beberapa pengaruh letak geografis Indonesia ditinjau dari beberapa aspek dan kriteria.

Pembagian musim di Indonesia

Letak Indonesia yang diapit 2 samudera dan 2 benua menyebabkan adanya pembagian musim di Indonesia menjadi 2 musim, yakni musim penghujan dan musim kemarau. Hal ini disebabkan adanya angin muson yang disebabkan karena letak Indonesia di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Kehadiran angin muson ini membuat Indonesia hanya memiliki dua musim yakni musim kemarau dan musim penghujan.

Kondisi iklim dan keadaan alam Indonesia

Kondisi alam di Indonesia juga dipengaruhi oleh letak Indonesia secara geografis. Indonesia memiliki iklim laut karena posisinya sebagai negara kepulauan. Selain itu posisi Indonesia secara geografis banyak memperoleh pengaruh angin laut sehingga banyak mendatangkan hujan.

Keadaan Sosial dan Budaya di Indonesia

Pengaruh letak geografis terhadap sosial budaya dibuktikan dengan keanekaragaman budaya Indonesia. Kekayaan kultur Indonesia juga tak lepas dari wilayah sekeliling Indonesia. Adanya proses asimilasi dan akulturasi dengan budaya asing menyebabkan adanya percampuran budaya yang didasarkan dengan letak geografis Indonesia.

Hubungan Politik di Indonesia

Kondisi geografis Indonesia juga berpengaruh terhadap hubungan politik Indonesia dengan negara negara lain. Indonesia memiliki hubungan yang baik dan aktif di bidang politik internasional dikarenakan karena akses yang dimiliki cukup mudah akibat letak geografis Indonesia yang strategis.

Peningkatan Ekonomi dan Pariwisata Indonesia

Letak Indonesia yang cukup strategis membuat Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia. Indonesia juga menjadi salah satu pusat perekonomian dunia karena diapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Pariwisata Indonesia pun mampu berkembang pesat hingga mendatangkan devisa negara.

Faktor Kondisi Geografis Indonesia

Selain letak geografis Indonesia, terdapat beberapa faktor pendukung lain yang menentukan letak wilayah Indonesia. Faktor kondisi geografis Indonesia di antaranya adalah letak astronomis Indonesia, letak fisiografis Indonesia, letak geologis Indonsia serta pengaruh sosial budaya Indonesia.

Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis Indonesia berada diantara 6 derajat LU – 11 derajat LS dan diantara 95 derajat BT – 141 derajat BT. Pengaruh letak astronomis Indonesia antara lain yaitu Indonesia termasuk wilayah yang punya curah hujan yang cukup sering, mempunyai ekosistem hutan hujan tropis yang bernilai tinggi, mendapatkan sinar matahari dengan durasi lama, tingginya kelembaban udara dan mempunyai tiga daerah pembagian waktu (waktu Indonesia bagian timur, waktu Indonesia bagian barat dan waktu Indonesia bagian tengah).

Letak Fisiografis Indonesia

Letak fisiografis merupakan posisi suatu wilayah yang dapat diamati menurut segi fisiknya. Letak fisiologis Indonesia berada di antara 3 lautan besar yang mengelilingi negara Indonesia dan juga yang menjadi pembatas dari zona laut. Pada bagian selatan Indonesia ada Samudera Hindia, pada bagian timur Indonesia ada Samudera Pasifik dan pada bagian utara Indonesia ada Laut Cina Selatan. Pengaruh letak fisiologis Indonesia menjadikan Indonesia mempunyai berbagai keanekaragaman hayati laut dan menjadi jalur perdagangan dunia.

Letak Geologis Indonesia

Letak geologis Indonesia berada diantara 2 sirkum yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Selain itu letak geologis Indonesia juga terletak pada tiga lempeng utama dunia yaitu Lempeng Australia, Lempeng Pasifik dan Lempeng Eurasia. Pengaruh letak geologis Indonesia menjadikan Indonesia termasuk daftar negara yang sering mendapatkan gempa dan sebagian besar gunung-gunungnya adalah gunung api aktif.

Pengaruh Sosial Budaya Indonesia

Sosial budaya atau biasanya pengertiannya adalah letak suatu wilayah yang dapat diketahui menurut kondisi sosial dan budaya yang berhubungan dengan negara lain. Pada umumnya keadaan sosial budaya Indonesia amatlah bermacam-macam bilamana dilihat terhadap kebudayaan, suku dan agama yang ada.

Nah itulah info lengkap mengenai letak geografis Indonesia dan penjelasannya lengkap beserta batas geografis Indonesia dan pengaruh letak geografis Indonesia. Dengan posisi geografis Indonesia yang sangat strategis, hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjadi keuntungan bagi pemerintah Indonesia baik di sektor perdagangan atau pun sektor ekonomi dunia.

Tinggalkan komentar