Letak Geologis Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan

Letak Geologis Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan

Indonesia adalah salah satu negara dengan letak yang strategis. Secara umum, lokasi dan letak suatu negara atau wilayah Indonesia bisa dilihat dari 3 aspek, yakni letak geografis Indonesia, letak astronomis Indonesia dan letak geologis Indonesia. Kali ini akan dibahas khusus mengenai letak Indonesia secara geologis beserta pengaruh letak geologis Indonesia dalam beberapa faktor.

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau yang banyak. Wilayah Indonesia didominasi oleh wilayah perairan sehingga Indonesia termasuk negara maritim. Indonesia memiliki total luas area daratan sebesar 1,9 juta km persegi. Jika dihitung dari total luas area daratan dan lautan, Indonesia menempati peringkat 7 negara terbesar di dunia dengan wilayah paling luas.

Secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua yakni Asia dan Australia serta terletak di antara dua samudra yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Secara astronomis Indonesia terletak di antara 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT. Lalu bagaimana dengan letak geologis wilayah Indonesia?

letak geologis indonesia

Letak Geologis Indonesia

Letak Indonesia secara geologis merupakan posisi Indonesia ditinjau dari aspek geologis yakni berdasarkan susunan bebatuan yang ada dipermukaan bumi yang ada di wilayah Indonesia. Letak geologis Indonesia berada di antara rangkaian pegunungan besar dan beberapa daerah dangkalan. Selain itu wilayah Indonesia juga menjadi titik pertemuan beberapa lempeng litosfer di dunia. Berikut ini kami akan menjelaskan letak geologis Indonesia secara rinci sebagai berikut.

Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar

Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar di dunia yaitu rangkain sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik. Indonesia bagian barat dilalui oleh pegunungan sirkum Mediterania. Sedangkan wilayah Indonesia bagian tengah dilalui oleh pegunungan sirkum Pasifik.

Rangkaian sirkum Mediterania terdiri dari pegunungan muda yang masih aktif menyebabkan di wilayah barat Indonesia banyak terdapat gunung api yang masih aktif. Sedangkan di wilayah timur kebanyakan gunung apinya sudah tidak aktif lagi. Karena terdiri dari pegunungan yang sudah tua dari sirkum Pasifik.

Indonesia terletak pada titik pertemuan tiga lempeng litosfer

Indonesia terletak pada titik pertemuan tiga lempeng litosfer yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan Lempeng Eurasia di lepas pantai Jawa, Sumatra dan Nusa Tenggara. Dan bertabrakan dengan lempeng pasifik di daerah Maluku dan Papua.

Posisi geologis Indonesia ini menyebabkan Indonesia sering terjadi gempa bumi atau tsunami karena tumbukan antar lempeng sehingga kemungkinan terjadi gempa bumi di Indonesia sangat besar. Di daerah pertemuan lempeng ini sering terjadi gempa bumi, tsunami dan tanah longsor.

Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan

Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul dan daerah Laut Pertengahan Australia Asiatis. Dangkalan Sunda berada di Indonesia bagian barat yang berhubungan langsung dengan benua Asia yang mencakup wilayah Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, Madura, Bali dan pulau-pulau kecil disekitarnya.

Dangkalan Sahul berada di Indonesia bagian timur yang berhubungan langsung dengan benua Australia yang meliputi wilayah yang sangat luas, membentang dari bagian utara Papua hingga bagian utara Benua Australia. Daerah laut pertengahan Australia-Astis, yaitu daerah yang terletak di wilayah tengah diantara dangkalan sunda dan dangkalan Sahul.

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Letak geologis Indonesia menyebabkan beberapa dampak dan akibat yang mencakup beberapa faktor, layaknya pengaruh letak geografis Indonesia dan pengaruh letak astronomis Indonesia. Berikut ini merupakan beberapa akibat letak geologis Indonesia selengkapnya.

Indonesia memiliki banyak gunung api aktif

Wilayah Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif terutama di wilayah Indonesia bagian barat. Hal ini disebabkan oleh wilayah barat dilalui oleh rangkaian sirkum pegunungan mediterania. Sirkum mediterania terdiri dari rangkaian pegunungan api yang masih muda, sehingga lebih berpotensi untuk aktif.

Indonesia menjadi negara rawan gempa bumi dan gunung berapi

Wilayah Indonesia menjadi negara yang rawan bencana alam, seperti gempa bumi dan gunung berapi. Letak tektonik wilayah Indonesia membuat Indonesia sering terjadi gempa bumi tektonik. Selain itu Indonesia juga rawan terjadi gempa bumi vulkanik dan tsunami yang disebabkan aktivitas geologis gunung berapi.

Indonesia memiliki banyak tambang dan mineral

Wilayah Indonesia menyimpan banyak tambang dan mineral yang beragam seperti emas, perak dan besi. Hal ini dikarenakan terdapat banyak cekungan sedimen akibat aktifitas tektonik di wilayah Indonesia yang menyebabkan terjadinya endapan mineral.

Indonesia memiliki tanah yang subur

Di Indonesia terdapat banyak jenis tanah untuk pertanian dan perkebunan. Hal ini juga disebabkan oleh aktivitas gunung merapi yang menghasilkan tanah vulkanik. Tanah vulkanik mengandung banyak unsur hara yang menjadi indikator kesuburan tanah.

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, baik flora atau pun fauna. Terdapat banyak flora dan fauna endemi yang hanya ada di Indonesia. Beberapa flora dan fauna khas Indonesia juga termasuk yang dilindungi. Ragamnya flora fauna Indonesia juga dipengaruhi oleh dua dangkalan yang melalui wilayah Indonesia.

Indonesia memiliki kedalaman laut yang bervariasi

Laut di Indonesia bagian barat memiliki kedalaman laut dalam. Sedangkan wilayah Indonesia bagian tengah dan timur terdiri dari lautan dengan kedalaman yang dangkal. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi geologis Indonesia yang dilalui oleh dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul. Selain itu juga terdapat wilayah di Indonesia yang terletak diantara dua dangkalan tersebut (Australia-Asiatis).

Nah itulah info geografi Indonesia mengenai letak geologis Indonesia serta pengaruh letak geologis Indonesia selengkapnya. Akibat letak Indonesia secara geologis memang menimbulkan beberapa keuntungan dan kerugian bagi Indonesia.

Tinggalkan komentar