Daftar 12 Liga Sepakbola Terbaik di Benua Eropa

Daftar 12 Liga Sepakbola Terbaik di Benua Eropa

Banyak yang bilang jika pusat sepakbola adalah di benua Eropa. Hal ini memang tidak salah, karena liga liga Eropa memang menjadi yang terbaik. Terbukti dengan prestasi klub-klub Eropa di ajang internasional, seperti Piala Interkontinental (dulu) atau Piala Dunia Antar-Klub (sekarang. Klub-klub dari benua biru selalu mendominasi.

Di antara semua liga di Eropa, banyak juga yang berpendapat bahwa Liga Inggris adalah yang terbaik. Untuk anggapan ini, rasanya tidak semua setuju, dan faktanya memang Liga Inggris tidak layak disebut sebagai liga terbaik Eropa.

Beberapa tahun terakhir Premier League memang menjadi magnet utama sepakbola. Banyaknya tim besar, pemain-pemain kelas dunia hingga pertandingan dengan tempo cepat membuat Inggris menjadi liga terpopuler. Ya, hanya sebatas terpopuler, namun bukan yang terbaik.

Faktanya dalam kurun tahun 2007 hingga 2009 mungkin Inggris bisa disebut sebagai liga terbaik Eropa. Hal ini mengacu pada adanya tiga tim Inggris yang menembus semifinal Liga Champions selama tiga musim beruntun.

Namun secara umum, Inggris masih tertinggal dari dua liga tradisi sepakbola lain, apalagi kalau bukan Spanyol dan Italia. Setidaknya hal ini mengacu pada prestasi klub-klub di kompetisi Eropa, seperti terlihat pada list berikut.

liga terbaik Eropa
La Liga disebut sebagai liga terbaik di Eropa

Daftar 12 Liga Terbaik Eropa

1. Liga Spanyol (39 juara)

Keberadaan Real Madrid dan Barcelona menjadi faktor utama Spanyol menjadi liga terbaik se-Eropa, atau bahkan se-dunia. Keduanya menyumbangkan 26 dari total 36 gelar juara oleh klub-klub Spanyol. Real Madrid masih tercatat sebagai klub tersukses di Eropa dengan torehan 12 gelar juara UCL. Sementara di kasta Europa League, Sevilla menjadi yang terbaik dengan empat kali juara, termasuk tiga piala di tahun 2014-2016.

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 39
Runner up : 26

2. Liga Italia (30 juara)

Italia mungkin mengalami fase-fase buruk setelah skandal Calciopoli di tahun 2006, namun perlahan kini Serie A mulai bangkit. Faktanya Liga Italia sempat menjadi liga terbaik dan terpopuler di era 1990an dan awal 2000an. Tim-tim seperti AC Milan, Juventus dan Inter Milan memiliki tradisi kuat di pentas Eropa. Sementara klub lain seperti Napoli, Lazio, Parma, AS Roma, Fiorentina, Sampdoria atau bahkan Torino juga tercatat minmal pernah mencapai final kompetisi Eropa.

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 30
Runner up : 25

3. Liga Inggris (27 juara)

Mungkin kini Liga Inggris menjadi liga terpopuler, namun secara umum, Inggris masih jauh dari kata terbaik. Bukan berarti tidak ada prestasi berarti dari klub-klub negeri Elizabeth. Akhir 70an dan awal 80an, Inggris pernah mendominasi Eropa lewat Liverpool, Notthingham Forest dan Aston Villa. Tim-tim seperti Man United, Chelsea dan Arsenal juga konsisten bersaing di Liga Champions dalam kurun 10 tahun terakhir.

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 27
Runner up : 21

4. Liga Jerman (14 juara)

Dari total 25 final yang dijalani klub-klub asal Jerman, hanya 14 yang keluar sebagai juara. Bayern Munchen tentu adalah klub tersukses, dengan meraih lima trofi Champions League. Tim Bundesliga lain yang pernah membawa pulang trofi Eropa adalah Dortmund, Hamburg, Monchengladbach, Schalke, Leverkusen, Frankfurt dan Werder Bremen.

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 14
Runner up : 25

5. Liga Belanda (12 juara)

Eredivisie pernah disegani sebagai salah satu liga papan atas Eropa. Ajax Amsterdam pernah meraih hatrick juara Liga Champions di era 70an. Selain itu, PSV dan Feyenoord juga pernah meraih trofi Big Ear. Namun sayangnya Liga Belanda mengalami kemunduran di era 2000an hingga sekarang, terbukti dari tidak adanya lagi prestasi tim-tim Belanda di pentas Eropa.

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 12
Runner up : 7

6. Liga Portugal (7 juara)

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 7
Runner up : 13

7. Liga Belgia (4 juara)

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 4
Runner up : 3

8. Liga Rusia (4 juara)

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 4
Runner up : 2

9. Liga Skotlandia (2 juara)

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 2
Runner up : 5

10. Liga Rumania (2 juara)

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 2
Runner up : 1

11. Liga Turki (2 juara)

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 2
Runner up : 0

12. Liga Prancis (1 juara)

Statistik di Kompetisi Eropa
Juara : 1
Runner up : 10

(*kompetisi Eropa yang dihitung hanya Liga Champions, Liga Eropa / Piala UEFA dan Piala Super Eropa saja)

Berdasarkan jumlah trofi klub-klub lokal di turnamen Eropa, Liga Spanyol layak dinobatkan sebagai liga terbaik Eropa, diikuti oleh Italia, Inggris dan Jerman. Sementara Liga Prancis hanya menempati posisi 12, dengan hanya satu kali juara (Marseille juara Liga Champions 1993), meski 10 kali menjadi runner up. Padahal kini Ligue 1 Prancis masuk dalam top 5 liga elit Eropa. List di atas juga tidak melibatkan perhitungan dari Piala Winners dan Piala Intertoto yang sudah tidak aktif lagi.

Tinggalkan komentar