Macam-Macam Search Engine Selain Google dan Contohnya [Lengkap]

Macam-Macam Search Engine Selain Google dan Contohnya [Lengkap]

Macam-macam search engine – Apa yang dimaksud dengan search engine? Pengertian search engine atau mesin pencari adalah program komputer untuk melakukan pencarian berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis dalam sebuah jaringan internet. Beberapa contoh search engine yang populer antara lain adalah Google, Yahoo, Bing dan Yandex.

Kita tentu tidak asing dengan istilah search engine. Saat kita browsing lewat Google, maka kita telah menggunakan mesin pencari atau search engine. Fungsi search engine sangat penting saat kita mencari informasi. Tidak hanya itu, manfaat search engine juga bisa dirasakan untuk mencari file gambar atau video pula.

Google mungkin jadi search engine paling populer. Namun faktanya ada banyak mesin pencari selain Google, meski banyak juga yang sudah tidak aktif. Di bawah ini akan dibagikan info macam-macam search engine dari masa ke masa sampai sekarang.

(baca juga urutan versi OS Android)

Macam-Macam Search Engine

Berikut merupakan jenis-jenis mesin pencari yang ada, baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi, di antaranya adalah Google, Yahoo, Bing, Yandex, Baidu, Ask.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

Google

contoh mesin pencari google

Mesin pencari terbaik, terpopuler dan paling banyak digunakan adalah Google. Bahkan anda mungkin bisa membaca artikel ini setelah searching lewat Google. Google dikenal bisa melakukan pencarian image dan filter result lain serta database yang luas. Google mungkin telah menguasai pasar search engine lebih dari 90%.

Keunggulan dari Google adalah akses kecepatan dan kemudahan saat mencari serta tampilan yang simple dan memudahkan. Namun ada juga kekurangan Google misalnya seperti banyaknya spam yang ada dalam hasil pencarian Google.

Yahoo!

macam-macam search engine yahoo

Yahoo sempat menjadi salah satu portal internet terbesar di tahun 90an dan 2000an. Meski begitu dalam beberapa tahun terakhir pamor Yahoo kian merosot sehingga penggunaan mesin pencari Yahoo terus menurun dari tahun ke tahun sampai sekarang.

Kelebihan Yahoo adalah adanya fitur pencarian gambar, refresh cepat dan layanan fasilitas gratis. Meski begitu banyak kelemahan Yahoo seperti tampilan yang rumit dan direktori yang masih terbatas. Tak heran jika Yahoo kian tertinggal dari Google.

Bing

Bing merupakan mesin pencari yang dibuat oleh Microsoft sejak tahun 2009. Sebelumnya Bing dikenal dengan nama layanan MSN search dan Windows Live Search yang sudah ada sejak tahun 1998. Search engine Bing mulai naik daun dan cukup banyak digunakan.

Kelebihan search engine Bing misalnya memiliki fasilitas instant answer, dapat filter pencarian image dan video  serta bisa membuka situs yang diblokir sekalipun. Sementara ada juga kekurangannya seperti fitur yang kurang lengkap hingga kecepatan yang belum maksimal.

Yandex

Yandex merupakan search engine asal Rusia. Situs mesin pencari ini begitu populer di Rusia dan digunakan oleh lebih dari 50% pengguna internet di Rusia. Sementara secara global, Yandex menjadi salah satu search engine yang cukup banyak digunakan juga.

Kemampuan pencarian dari Yandex pun cukup akurat dan tak kalah dari search engine besar lain. Sampai sekarang Yandex masih aktif dan bersaing di tengah dominasi Google di dunia.

Ask.com

Ask.com menjadi contoh search engine berikutnya. Dulunya bernama Ask Jeeves namun kemudian dikenal dengan nama Ask.com. Konsep Ask.com merupakan mesin pencari dengan sistem tanya jawab dengan direktori yang cukup banyak pula.

Namun sejak tahun 2010, Ask.com memberhentikan layanan mesin pencari. Alasannya karena susahnya bersaing dengan mesin pencari besar lain seperti Google.

Baidu

Baidu menjadi salah satu macam search engine dengan banyak penggunanya. Mesin pencari ini berpusat di China dan berfokus pada layanan internet, termasuk juga mesin pencari. Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin.

Fokus Baidu memang berpusat di China, apalagi banyak search engine lain yang dilarang di China. Berdasarkan penggunanya, Baidu termasuk salah satu search engine terpopuler di dunia, meski sebagian besar hanya digunakan pengguna dari China.

AoL Search

Contoh mesin pencari selanjutnya adalah AOL Seaarch. Mesin pencari ini dipublikasikan oleh Time Warner dan sebelumnnya bernama American Online, Inc. Kelebihannya adalah kecepatan unduhan yang cukup cepat, namun fiturnya masih kurang dan bahkan hasil pencarian kurang akurat.

Saat ini AOL melayani banyak perusahaan dalam hal layanan Internet di berbagai negara di dunia, sehingga menjadikan AOL sebagai ISP bersifat Internasional dengan jumlah pelanggan mencapai 30 juta pengguna.

AltaVista

AltaVista adalah salah satu mesin pencari yang pertama diluncurkan sejak tahun 1995. Di awal berkembangnya internet pada tahun 90an, AltaVista menjadi salah satu mesin pencari paling populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet.

Namun pamor AltaVista terus turun hingga diakuisisi oleh Yahoo sejak tahun 2003. Bahkan mulai tahun 2013, layanan mesin pencari AltaVista sudah dihentikan dan tidak beroperasi lagi.

Lycos

Lycos menjadi search engine yang pertama meluncur sejak tahun 1995. Selain mesin pencari, Lycos menyediakan layanan hosting, media sosial dan website entertainment. Salah satu keunggulan Lycos adalah adanya fitur pencarian file MP3 dan video.

Saat ini mesin pencari Lycos sudah merosot dan fokus pada portal websitenya. Kekurangan lain dari Lycos adalah hasil pencariannya yang kadang juga kurang begitu akurat.

Excite

Exicte menjadi contoh mesin pencari jadul yang eksis di tahun 90an. Search engine Excite menyediakan layanan mesin pencari dan portal berita. Selain itu juga ada fitur berbagi pesan online dan cukup dikenal di tahun 90an dan awal 2000an.

Meski begitu seiring dengan perkembangan zaman, mesin pencari ini kian tenggelam terutama karena dominasi Google yang begitu besar.

AlltheWeb

AlltheWeb menjadi salah satu mesin pencari populer di awal tahun 2000an. Situs search engine diluncurkan tahun 1999 dan cukup berkembang. Bahkan AlltheWeb sempat bersaing dengan Google dalam segi teknologi. Meski begitu popularitas AlltheWeb hanya bertahan sebentar dan layanannya sudah lama ditutup.

iWon

Jenis-jenis search engine berikutnya adalah iWon. Mungkin banyak yang kurang familiar dengan iWon karena penggunanya memang tidak banyak. Meski begitu fitur mesin pencari bukanlah fokus utama dari brand ini karena iWon lebih dikenal sebagai situs game yang memungkinkan user mendapatkan uang jika menang.

Gigablast

Satu lagi jenis mesin pencari yang mungkin masih asing yakni Gigablast. Pertama diluncurkan sejak tahun 2000, Gigablast menghadirkan layanan mesin pencari yang cukup akurat dengan hasil pencarian yang cukup banyak. Hingga kini Gigablast masih aktif.

DuckDuckGo

DuckDuckGo disingkat DDG merupakan contoh mesin pencari dengan nama yang unik. Search engine ini menggunakan informasi dari berbagai sumber, misalnya website crowdsourced seperti Wikipedia dan dari kemitraan dengan mesin pencari lain seperti Yahoo dan Bing.

Contoh Search Engine Lainnya :

  • Yandex
  • Ecosia
  • Qwant
  • Munax
  • Exalead
  • Youdao
  • Mamma
  • Groovle
  • Teoma
  • Metacrawler
  • Skyscanner
  • Otalo
  • Hakia
  • Lexxe
  • Elasticsearch
  • Seeks
  • Lucene
  • Blekko
  • Netscape
  • Swoogle
  • BlogScope
  • Everyclick
  • Infoseek
  • mozDex
  • Overture.com
  • Sphere
  • Sogou (khusus China)
  • Soso.com (khusus China)

Nah itulah macam-macam mesin pencari yang ada di dunia. Kita tentu sering menggunakan Google selaku mesin pencari terpopuler di dunia, namun faktanya ada banyak mesin pencari yang pernah ada, baik yang masih aktif ataupun yang sudah tidak aktif lagi.

Tinggalkan komentar