Macam-Macam Simbiosis Lengkap Beserta Contoh dan Pengertiannya

Macam-Macam Simbiosis Lengkap Beserta Contoh dan Pengertiannya

Kali ini akan dibagikan info mengenai pengertian simbiosis, macam-macam simbiosis dan contohnya. Seperti diketahui jika simbiosis merupakan interaksi makhluk hidup. Jenis jenis simbiosis antara lain adalah simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme dan simbiosis parasitisme. Selain itu juga ada istilah simbiosis amensalisme, simbiosis netralisme dan simbiosis kompetisi. Apa saja pengertian dan contoh contoh simbiosis tersebut?

Pengertian Simbiosis

Apa itu simbiosis? Apa definisi simbiosis? Pengertian simbiosis adalah hubungan timbal balik antara 2 organisme dalam ekosistem untuk saling mengisi satu sama lain.  Arti simbiosis dapat diartikan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan interaksi simbiosis disebut simbion.

Simbiosis bisa dibilang sebagai jenis interaksi antar makhluk hidup. Interaksi antar organisme ini memang bisa saling menguntungkan atau merugikan. Pola simbiosis juga berkaitan dengan interaksi dalam ekosistem dan bisa dibedakan berdasarkan interaksinya.

macam-macam simbiosis

Macam-Macam Simbiosis

Secara umum terdapat klasifikasi macam-macam simbiosis misalnya seperti simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme, amensalisme, netralisme dan kompetisi. Jenis simbiosis tersebut disusun berdasarkan pola dan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem dan lingkungan. Berikut ini merupakan macam-macam simbiosis beserta pengertian dan contoh simbiosis selengkapnya.

1. Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contohnya

Pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan sesama makhluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak. Definisi simbiosis mutualisme pun dapat diartikan hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain. Berikut merupakan contoh simbiosis mutualisme dimana kedua interaksi makhluk hidup saling menguntungkan.

Contoh Simbiosis Mutualisme

  • Bunga Sepatu dan Lebah, dimana lebah menghisap nektar dari bunga, sedangkan bunga sepatu dibantu proses penyerbukannya.
  • Burung Jalak dan Kerbau, dimana burung jalak mendapat makanan yaitu kutu kerbau, sedangkan kerbau bisa terbebas dari kutu pengganggunya karena dimakan burung jalak.
  • Flagellata dan Rayap, dimana flagellata hidup di dalam usus rayap dan ikut membantu proses pencernaan rayap, sedangkan flagellata bisa mendapat makana dari rayap.
  • Bunga dan Kupu-Kupu, dimana bunga dibantu proses penyerbukannya sedangkan kupu-kupu bia mendapatkan nektar.
  • Kelelawar dan Kantung Semar, dimana kelelawar tinggal di tempat yang nyaman di sekitar tanaman kantung semar sedangkan kantung semar bisa memperoleh pupuk yang berasal dari kotoran kelelawar.

2. Pengertian dan Contoh Simbiosis Komensalisme

Pengertian simbiosis komensalisme adalah hubungan antar makhluk hidup dimana pihak yang satu mendapat keuntungan tetapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan pula. Berikut merupakan contoh simbiosis komensalisme dimana satu pihak diuntungkan dan satu pihak lain tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.

Contoh Simbiosis Komensalisme

  • Anggrek dan Pohon Mangga, dimana anggrek menggunakan batang pohon mangga yang ditempelinya sebagai tempat hidup, sedangkan pohon mangga yang ditempeli tidak akan dirugikan karena anggrek tidak mengambil sari-sari makanan yang berada pada tumbuhan inangnya tersebut.
  • Udang dan Mentimun Laut, dimana udang bertahan hidup dengan cara menunggangi mentimun laut, sedangkan mentimun laut tidak diuntungkan dan tidak dirugikan dengan adanya keberadaan udang.
  • Ikan Badut dan Anemon Laut, dimana ikan badut akan terlindung dari pemangsa karena hidup di antara tentakel-tentakel anemon laut, sedangkan anemon laut tidak diuntungkan dan tidak dirugikan dengan keberadaan ikan badut.
  • Sirih dan Tumbuhan Inangnya, dimana sirih akan merambat mengikuti tanaman inangnya untuk memperoleh sinar matahari yang berguna untuk proses fotosintesis, sedangkan tumbuhan inangnya tidak memperoleh pengaruh apapun serta tidak dirugikan.
  • Hiu dan Ikan Remora, dimana ikan remora akan hidup menempel dengan ikan hiu untuk untuk mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu, sedangkan ikan hiu tidak merasa terganggu dengan kehadiran ikan remora.

3. Pengertian dan Contoh Simbiosis Parasitisme

Pengertian simbiosis parasitisme adalah hubungan antar organisme dimana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak organisme lainnya. Berikut merupakan contoh simbiosis parasitisme dimana satu pihak diuntungkan dan satu pihak lainnya dirugikan.

Contoh Simbiosis Parasitisme

  • Benalu dan Tanaman Inangnya, dimana tanaman benalu akan mendapatkan sari makanan dan inangnya akan diambil sari-sari makanannya sehingga tanaman benalu mendapatkan keuntungan sari-sari makanan dan tanaman inangnya akan mengalami kerugian.
  • Cacing Perut yang ada di Usus Manusia, dimana cacing perut akan mengambil sari-sari makanan yang ada dalam usus manusia dan manusia mengalami kerugian yaitu diambil sari-sari makanannya.
  • Kutu dan Hewan Lain tempat ia tinggal, dimana kutu memperoleh makanan dengan mengisap darah dari tubuh hewan yang dihinggapinya, sedangkan hewan yang dihinggapi merasa dirugikan karena timbul rasa gatal dan pertumbuhannya menjadi tidak sehat.
  • Bunga Rafflesia dan Tumubuhan Inangnya, dimana bunga rafflesia akan mendapatkan sari-sari makanan dan inangnya diambil sari-sari makanannya.
  • Tali Putri dan Tanaman Beluntas, dimana tali putri akan mendapatkan sari-sari makanan dan tanaman beluntas dirugikan karena diambil sari makanannya.

4. Pengertian dan Contoh Simbiosis Netralisme

Pengertian simbiosis netralisme adalah hubungan antar organisme dimana kedua pihak tidak saling diuntungkan atau pun dirugikan. Interaksi antar kedua spesies tidak menyebabkan keuntungan maupun kerugian bagi keduanya sehingga sifatnya netral. Berikut merupakan contoh simbiosis netralisme dimana kedua pihak tidak dirugikan dan diuntungkan.

Contoh Simbiosis Netralisme

  • Gajah dan Jerapah, dimana keduanya saling hidup dalam lingkungan savana namun tidak saling menguntungkan dan merugikan serta tidak terjadi perebutan makanan antar keduanya.
  • Kumbang dan Lebah, dimana keduanya merupakan jenis organisme yang mencari makan di tumbuhan, namun tidak saling menguntungkan atau merugikan karena lebah menghisap nektar di bunga sedangkan kumbang mencari makanan di daun tumbuhan.

5. Pengertian dan Contoh Simbiosis Amensalisme

Pengertian simbiosis amensalisme adalah hubungan antar makhluk hidup dimana satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan pula. Berikut merupakan contoh simbiosis amensalisme dimana satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan.

Contoh Simbiosis Amensalisme

  • Pohon Walnut dan Tumbuhan Lainnya, dimana pohon walnut dirugikan karena senyawa alelopati yang dihasilkan pohon walnut, namun pohon walnut tidak diuntungkan dan tidak dirugikan pula.
  • Gulma dan Tanaman Produksi, dimana gulma menghasilkan zat alelopati yang bisa membuat tanaman produksi di sekitarnya mati, sedangkan gulma tidak terkena dampak apapun.
  • Jamur Penicillum Sp dan Bakteri Gram Positif, dimana jamur penicillum sp akan mengeluarkan senyawa alelopati yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram positif, sedangkan jamur penicillum sp tidak terkena pengaruh apapun.

6. Pengertian dan Contoh Simbiosis Kompetisi

Pengertian simbiosis kompetisi adalah hubungan antar makhluk hidup dimana kedua pihak saling merugikan, biasanya terjadi melalui kompetisi dalam memperebutkan makanan. Kompetisi ada dua jenis yaitu kompetisi intraspesifik dan kompetisi interspesifik. Berikut merupakan contoh kompetisi dimana kedua pihak saling dirugikan dalam suatu kompetisi dalam ekosistem.

Contoh Simbiosis Kompetisi

  • Sapi dan Kerbau, terjadi simbiosis kompetisi karena sapi dan kerbau sama-sama hewan herbivora yang memakan tumbuhan sehingga mereka saling berlomba memperebutkan makanannya untuk bertahan hidup.
  • Singa dan Harimau, terjadi simbiosis kompetisi karena singa dan harimau sama-sama hewan karnivora yang memakan hewan lain sehingga mereka saling berlomba memperebutkan makanannya untuk bertahan hidup dalam ekosistem.

Nah itulah info pengetahuan mengenai definisi dan pengertian simbiosis, macam-macam simbiosis serta contoh simbiosis lengkap baik simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme, netralisme, amensalisme dan kompetisi dalam ekosistem. Sekian artikel pengetahuan kali ini.

Tinggalkan komentar