15+ Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Manusia Beserta Fungsinya

15+ Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Manusia Beserta Fungsinya

Manfaat Sumber Daya Alam (SDA) – Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Macam macam sumber daya alam terdiri dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Terdapat beberapa contoh pemanfaatan sumber daya alam bagi kehidupan manusia. Kali ini akan kami bagikan contoh manfaat sumber daya alam bagi manusia beserta fungsinya selengkapnya.

Manfaat Sumber Daya Alam

Terdapat beberapa manfaat dan fungsi sumber daya alam, baik manfaat sumber daya alam hayati atau manfaat sumber daya alam non-hayati. Pemanfaatan SDA pun tak terbatas pada sumber daya alam dari komponen biotik tapi juga komponen non-biotik yang masuk kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Berikut ini contoh manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia selengkapnya, baik manfaat sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan manfaat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Menjaga kelangsungan hidup manusia

Fungsi sumber daya alam yang paling utama adalah untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Tanpa adanya sumber daya alam, manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Manusia tidak akan bisa hidup tanpa air, manusia tidak akan bisa hidup tanpa panas matahari, manusia juga tidak akan bisa hidup tanpa oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan.

Sumber daya alam lain seperti angin, hewan, tanah, mineral dan minyak bumi juga sangat penting dan krusial untuk kelangsungan hidup manusia. Pada hakikatnya, adanya sumber daya alam ini memang digunakan untuk menjaga kelangsungan dan memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai penghasil bahan bakar dan energi

Manfaat sumber daya alam salah satu yang paling utama sebagai sumber energi dan juga sebagai bahan bakar. Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu membutuhkan energi dan bahan bakar. Adanya energi dan bahan bakar digunakan untuk berbagai hal mulai dari menghidupkan listrik, bahan bakar kendaraan bermotor, untuk keperluan memasak dan juga untuk kebutuhan lainnya.

Contoh sumber daya alam energi misalnya seperti minyak bumi dan gas alam. Selain itu berbagai jenis olahan minyak bumi seperti minyak tanah, solar, pertalite, aspal, pelumas, tar dan paraffin juga berguna sebagai sumber daya penghasil energi atau bahan bakar. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti angin, air atau panas matahari juga bisa dikonversi menjadi energi.

Sebagai pembangkit listrik

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, adanya sumber daya alam juga bisa digunakan sebagai sumber energi pembangkit listrik. SDA yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik bisa berupa sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Contoh sumber energi untuk pembangkit listrik misalnya seperti:

  • PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
  • PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)
  • PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas)
  • PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi)
  • PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)
  • PLTO (Pembangkit Listrik Tenaga Ombak)
  • PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)

Untuk memenuhi kebutuhan makan manusia

Sumber daya alam juga bisa dimanfaatkan sebagai kebutuhan makan bagi manusia. SDA yang dimanfaatkan adalah hewan dan tumbuhan. Untuk hewan, manusia biasanya mengkonsumsi dagingnya atau hal lain yang unik dari hewan seperti susu, telur dan lain-lain. Hewan yang sering dikonsumsi manusia misalnya seperti ayam, sapi, kambing, ikan, udang, lele atau bebek. Selain itu tumbuhan juga bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi manusia. Tiap hari kita mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan.

 

Untuk menjaga kelestarian alam

Manfaat sumber daya alam bagi kehidupan juga diperlukan untuk menjaga kelestarian alam. Keseimbangan alam sangat bergantung pada sumber daya alam yang ada. Contohnya adalah hutan yang terdiri dari pepohonan dan tanaman yang disebut sebagai paru-paru dunia. Hutan sangat penting untuk menjaga kelestarian alam. Selain itu berbagai macam mineral dalam bumi juga penting untuk kelestarian alam. Untuk itu kita harus merawat dan menjaga sumber daya alam yang ada dengan baik.

Untuk menjaga keseimbangan ekosistem

Selain menjaga kelestarian alam, SDA juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Adanya binatang dan tumbuhan di alam bebas penting untuk menjaga keseimbangan alam dan ekosistem. Hewan dan binatang akan menjalani siklus rantai makanan. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Manusia kemudian bisa memanfaatkan hewan dan tumbuhan untuk manfaat lain seperti sebagai bahan pangan atau yang lainnya.

Untuk menyuplai oksigen di udara

SDA sangat penting bagi manusia terutama untuk menyuplai oksigen. Oksigen merupakan unsur yang sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup di bumi ini. Jika tidak ada oksigen yang ada di udara ini maka sudah dipastikan tidak akan ada mahluk hidup yang bisa bertahan. Oksigen dihasilkan oleh tumbuhan yang ada di dunia, baik pohon atau tanaman lain. Keberadaan pohon dan tanaman menjadi sumber daya alam penting yang dapat diperbaharui.

Untuk mengurangi polusi udara

Sumber daya alam juga berfungsi untuk mengurangi polusi udara. Ini menjadi manfaat utama dari tumbuhan. Selain menghasilkan oksigen, adanya pohon dan tanaman juga bisa mengurangi polusi udara yang ada. Daerah yang ditanami oleh pohon tentu akan terasa lebih sejuk dan segar. Kita harus melestarikan tumbuhan yang ada agar udara menjadi bersih dan terhindar dari pencemaran udara.

Untuk kebutuhan obat dan medis

Contoh pemanfaatan sumber daya alam lainnya adalah untuk kebutuhan obat dan bahan medis. Banyak contoh obat-obatan yang diambil dari tumbuhan atau tanaman, misalnya seperti obat herbal, jamu dan lain-lain. Tumbuhan-tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat ini pun penting dan bisa digunakan menyembuhkan beberapa penyakit tertentu.

Sebagai sumber mata pencaharian dan pendapatan

Pemanfaatan SDA lainnya adalah sebagai sumber mata pencaharian dan sumber pendapatan. Adanya SDA yang ada di alam bisa dimanfaatkan sebagai sebuah profesi atau pekerjaan. Misalnya pekerja yang bekerja di daerah tambang sebagai SDA, lalu ada nelayan yang memanfaatkan sumber daya laut untuk mencari ikan yang akan dijual, petani yang memanfaatkan sumber daya tumbuhan untuk ditanam, peternak akan mendapat keuntungan dari beternak hewan dan lain-lain. Sumber daya alam yang ada pun bisa menghasilkan pendapatan bagi manusia yang memanfaatkannya.

Sebagai cadangan devisa negara

Kegunaan sumber daya alam lain adalah sebagai cadangan devisa negara. Bagaimana bisa? Adanya kekayaan alam yang ada di suatu negara bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan devisa atau pemasukan negara. Contohnya kekayaan alam Indonesia yang begitu banyak bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Selain itu sumber daya alam lain seperti emas, mineral atau cadangan gas alam lain bisa mendatangkan keuntungan bagi Indonesia.

Sebagai tempat wisata dan rekrerasi

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, adanya sumber daya alam bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata atau tempat rekreasi. Misalnya daerah dekat laut dan pantai bisa digunakan sebagai wisata pantai. Contoh lain adalah cagar alam menjadi tempat wisata yang berisi hewan dan tumbuhan langka. Banyak juga wisata alam lain yang ada di Indonesia yang menjadi contoh pemanfaatan sumber daya alam.

Sebagai penunjang kegiatan ekonomi global

Manfaat SDA berikutnya adalah di bidang ekonomi. Sumber daya alam juga penting untuk menghidup kegiatan ekonomi secara global di seluruh dunia. Transaksi ekspor-impor di seluruh dunia banyak melibatkan sumber daya alam, misalnya seperti perdagangan emas, bahan pangan, mineral, bahan bakar dan SDA lainnya. Tak heran jika sumber daya alam menjadi komoditi utama dalam proses ekonomi internasional.

Untuk kebutuhan tempat tinggal

Contoh pemanfaatan sumber daya alam lain adalah untuk kebutuhan tempat tinggal. Manusia bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk membuat tempat tinggal atau rumah. Biasanya rumah dibuat dengan SDA yang ada. Misalnya kayu dari pohon, batu bata dari tanah atau mineral besi yang digunakan sebagai bahan baku utama dalam membangun sebuah rumah.

Untuk memajukan perkembangan teknologi

Majunya teknologi di era modern juga tak lepas dari peran sumber daya alam. Keberadaan sumber daya alam sangatlah penting untuk mendukung pengembangan teknologi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Segala sumber daya alam yang ada baik sumber daya yang dapat diperbaharui atau sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui sangat penting untuk menunjang kemajuan teknologi menjadi lebih canggih.

Itulah daftar 15 contoh manfaat SDA selengkapnya, meliputi berbagai manfaat sumber daya alam bagi manusia yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sekian info kali ini, semoga bisa menjadi tambahan referensi ilmu pengetahuan alam.

Tinggalkan komentar