Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia Terbaru 2018

Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia Terbaru 2018

Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia Terbaru 2018 – Mata uang (Currency) adalah alat pembayaran transaksi ekonomi yang digunakan di suatu negara.Nilai sebuah mata uang diukur berdasarkan dengan mata uang negara lain atau biasa disebut kurs (nilai tukar). Besarnya kurs mata uang ini biasanya ditentukan oleh permintaan (demand) dan juga penawaran (supply). Dimana semakin tinggi permintaannya maka makin tinggi pula nilai tukarnya. Dan sebaliknya, jika penawaran lebih banyak daripada permintaannya maka akan menyebabkan nilai tukar mata uang suatu Negara menjadi rendah.

Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia Terbaru 2018

Faktor yang mempengaruhi tinggi dan rendahnya nilai mata uang dunia diantaranya adalah investasi Internal dan eksternal, kondisi Kepemimpinan Nasional, sistem keuangan pemerintah, kondisi ekonomi bangsa, bank Suku bunga dan aturan serta perdagangan barang ke negara lain.

Sedangkan faktor yang menyebabkan sebuah mata uang menjadi rendah dan lemah diantaranya adalah defisit Neraca Perdagangan, Suku Bunga yang rendah dan juga Hutang publik serta kondisi ekonomi dan politik suatu Negara. Nilai tukar yang rendah memunculkan sebutan sebagai Mata Uang Termurah.

Mata uang termurah adalah mata uang suatu negara yang satuannya berharga rendah dibandingkan dengan mata uang negara lain atau bisa juga dibandingkan dengan jumlah barang tertentu yang dapat dibeli. Biasanya perhitungan didasarkan pada perhitungan kurs Euro (EUR), Poundsterling (GBP), atau Dolar Amerika (USD).

Saat ini, nilai mata uang terendah di dunia adalah Rial Iran dengan nilai Tukar Iran Rial terhadap 1 Dolar Amerika Serikat (USD) adalah 30.093. Sebelum Iran, Zimbabwe memiliki mata uang terendah di dunia. Tapi setelah beberapa tahun mereka mulai menggantinya dengan USD. Sayangnya Rupiah sebagai mata uang Indonesia juga masuk dalam 10 mata uang terendah di dunia pada urutan ke lima. Kursnya terhadap dolar Amerika ada dikisaran 13 ribu.

10 Mata Uang Terendah di Dunia

Nah, lalu mana sajakah nama mata uang dengan nilai tukar atau kurs terendah serta paling lemah daya belinya saat ini? Berikut ini daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia 2018 update terbaru lengkap beserta penjelasan dan nilai tukarnya terhadap Rupiah Indonesia (IDR).

1 . Rial Iran

Negara dengan nilai mata uang terlemah di dunia yang pertama adalah Iran. Rial Iran (IRR) adalah mata uang resmi Iran yang diterbitkan oleh Bank Sentral Republik Islam Iran. Rial berasal dari real Spanyol, yang merupakan mata uang Spanyol selama beberapa abad. Satu rial dibagi menjadi 100 dinar. Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia adalah sekitar (Rp.1) : 2,2698 IRR.

2. Dobra Sao Tome

Dobra adalah mata uang resmi negara Sao Tome dan Principe. Mata uang ini pertama kali dipakai pada tahun 1977 menggantikan Eskudo São Tomé dan Príncipe. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 100 centimo. Mata uang ini terbagi menjadi 5000, 10 000, 20 000, 50 000 dobras. Dobra dikeluarkan oleh Bank sentral: Central Bank of Sao Tome and Principe

3. Dong Vietnam

Dong Vietnam (VND) merupakan sebuah mata uang resmi negara Vietnam sejak 3 Mei 1978 menggantikan Đồng Vietnam Utara dan Selatan. Dikeluarkannya mata uang ini dikontrol oleh Bank Negara Vietnam. Simbol yang paling umum digunakan untuk đồng adalah ₫. Nilai tukar terhadap Rupiah Indonesia adalah 1, 6816 VND. Ini sekaligus menjadikan Dong Vietnam menjadi salah satu mata uang terkecil di dunia jika dilihat dari segi kurs nilai tukarnya.

4. Rubel Belarus

Rubel Belarus adalah mata uang paling rendah di dunia yang merupakan mata uang resmi Belarus. Simbol untuk rubel adalah Br dan kode ISO 4217 adalah BYN. Rubel Belarus dikeluarkan oleh Bank sentral: National Bank of the Republic of Belarus dan nilai tukar terhadap Rupiah Indonesia adalah sekitar 1, 51 BYR.

5. Rupiah Indonesia

Mata uang terendah di dunia selanjutnya adalah mata uang negara Indonesia. Mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia dengan kode ISO 4217 IDR. Nilai tukar terhadap Dolar Amerika (USD) adalah sekitar 13.000 IDR. Nilai terhadap dollar selalu naik dan turun secara umum tergangung situasi dan kondisi dalam negeri.

6. Frank Guinea

Frank Guinea (GNF) adalah mata uang negara Guinea yang terletak di benua Afrika. Mata uang ini dikeluarkan oleh Central Bank of the Republic of Guinea. Nilai tukar terhadap Rupiah Indonesia sekitar 0, 6779 GNF.

7. Kip Laos

Kip adalah mata uang resmi negara Laos. Kependekan ISO 4217 untuk mata uang ini adalah LAK. Pada 1979 sebuah proses pembaharuan mata uang telah dijalankan di mana uang 100 kip lama digantikan dengan 1 kip baru. Mata uang Kip dikeluarkan oleh Bank Sentral : Bank of the Lao P.D.R. Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp1) = 0,609 LAK.

8. Leone Sierra Leone

Mata uang terendah di dunia selanjutnya adalah frank Guinea. Sierra Leone merupakan sebuah negara yang terdapat di benua Afrika. Mata uangnya, Leone yang disingkat dengan SLL merupakan mata uang terlemah dan terkecil di dunia yang menempati posisi ke delapan. Mata uang dikeluarkan oleh Bank of Sierra Leone. Sedangkan nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia sekitar (Rp1) = 0,4205 SLL.

9. Guarani Paraguay

Guaraní Paraguay (PYG) adalah mata uang resmi negara Paraguay sejak 1944 menggantikan mata uang Peso Paraguay. Mata uang ini setiap satu-satunya dibagi menjadi 100 céntimo. Mata uang ini dicetak oleh Bank Sentral Paraguay. Dalam uang kertas terdiri dari 2.000, 5.000, 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000 guarani. Nilai tukar terhadap Rupiah Indonesia sekitar 0, 4163 PYG.

10. Riel Kamboja

Mata uang terendah di dunia yang terakhir adalah Riel Kamboja. Riel (KHR) merupakan sebuah mata uang resmi negara Kamboja sejak tahun 1980 menggantikan Riel Kamboja Lama. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 100 sen. Mata uang Riel Kamboja dikeluarkan oleh Bank Sentral : National Bank of Cambodia. Nilai Tukar dengan Rupiah Indonesia (Rp1) = 0,3057 KHR.

Demikianlah informasi mengenai daftar 10 mata uang terendah di dunia update terbaru tahun 2018 lengkap beserta penjelasannya dan nilai tukarnya terhadap rupiah. Semua mata uang diatas adalah mata uang paling kecil dan lemah kurs nilai tukarnya. Akhir kata semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar