10+ Mata Uang Tertinggi di Dunia dan Nilai Tukarnya Terhadap Rupiah

10+ Mata Uang Tertinggi di Dunia dan Nilai Tukarnya Terhadap Rupiah

Nilai mata uang tertinggi di dunia – Mata uang (currency) adalah alat pembayaran transaksi ekonomi yang digunakan di suatu negara. Nilai mata uang suatu negara yang diukur atau dinyatakan dengan mata uang negara lainnya disebut dengan istilah kurs atau nilai tukar. Nilai tukar merupakan sebuah perjanjian yang dikenal sebagai nilai tukar mata uang terhadap pembayaran saat kini atau di kemudian hari, antara 2 (dua) mata uang masing-masing negara atau wilayah.

Tiap negara tentu memiliki mata uangnya masing-masing, misalnya Indonesia yang menggunakan mata uang rupiah. Mata uang tersebut memiliki tingkat dan nilai tukar yang berbeda-beda. Ada beberapa negara dikenal memiliki mata uang dengan nilai tukar yang tinggi, sebaliknya adapula yang rendah. Tinggi atau rendahnya mata uang suatu negara biasanya dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran negara tersebut.

Dari banyak mata uang negara di dunia, ternyata mata uang tertinggi di dunia saat ini bukanlah dolar Amerika Serikat atau Pound Sterling yang banyak digunakan. Mata uang termahal dengan nilai tukar yang paling tinggi ternyata adalah mata uang negara Kuwait yaitu Dinar Kuwait.

Mata uang termahal adalah mata uang suatu negara yang satuannya berharga tinggi dibandingkan dengan mata uang negara lain atau bisa juga dibandingkan dengan jumlah barang tertentu yang dapat dibeli. Biasanya perhitungan didasarkan pada perhitungan kurs Euro (EUR), Poundsterling (GBP), atau Dolar Amerika (USD).

Jadi yang dimaksud mata uang dengan nilai tertinggi di dunia bukanlah dihitung berdasarkan besar nominalnya. Tapi yang dimaksud adalah mahal atau kekuatan daya belinya. Bisa juga dikatakan bahwa mata uang suatu negara tersebut satuannya berharga lebih tinggi jika dibandingkan dengan mata uang negara lainnya.

(baca juga mata uang terendah di dunia)

Daftar 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia Terbaru 2018

10 Mata Uang Tertinggi di Dunia

Nah, kira kira negara mana saja yang memiliki kurs mata uang paling tinggi di dunia saat ini? Berikut ini informasi mengenai daftar 10 urutan mata uang tertinggi di dunia update terbaru lengkap beserta penjelasan dan nilai tukarnya terhadap mata uang rupiah.

1 . Dinar Kuwait

Negara : Kuwait
Kode : KWD

Mata uang termahal di dunia yang pertama adalah dinar Kuwait atau KWD. Dinar Kuwait adalah mata uang yang dipergunakan di negara Kuwait. Nilai 1 dinar Kuwait setara dengan US$ 3,29 atau Rp 45.744. Mata uang ini dikeluarkan oleh Bank Sentral Kuwait

2. Dinar Bahrain

Negara : Bahrain
Kode : BHD

Dinar Bahrain (BHD) adalah mata uang resmi negara Bahrain. Dinar Bahrain diperkenalkan pada tahun 1965 untuk menggantikan Gulf Rupee. Nilai tukar 1 dinar Bahrain setara dengan US$ 2,66 atau Rp 36.984. Ini sekaligus menjadikan dinar Bahrain sebagai salah satu mata uang tertinggi di dunia saat ini.

3. Rial Oman

Negara : Oman
Kode : OMR

Mata uang paling berharga di dunia selanjutnya adalah rial Oman (OMR). Mata uang ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1940. Oman adalah satu-satunya negara yang menggunakan mata uang ini. Perekonomian Oman sangat stabil karena industri minyak dan gas yang kuat. Nilai tukar 1 rial Oman setara dengan US$ 2,60 atau Rp 36.150.

4. Dinar Yordania

Negara : Yordania
Kode : JOD

Dinar Yordania (JOD) adalah mata uang Yordania. Nilai 1 dinar Yordania sama dengan US$ 1.41 atau Rp 19.604. Mata uang tersebut banyak dipakai bersama dengan shekel Israel di Tepi Barat. Dinar tersebut terbagi dalam 10 dirham, 100 qirsh (juga disebut piastre) atau 1000 fulus.

5. Pound Sterling

Negara : Britania Raya (Inggris)
Kode : GBP

Pound sterling atau pounds saja (GBP) adalah mata uang Britania Raya. Selain di Britania Raya, Pound sterling juga digunakan negara persekutuan Inggris seperti di Kepulauan Falkland, Gibraltar, Guernsey, Jersey, Kepulauan Falkland, dan lain-lain. Mata uang Pound sterling adalah mata uang tertua di dunia yang telah ada dan tidak berubah sejak 600 tahun terakhir. Nilai 1 pound setara dengan US$ 1,32 atau Rp 18.353.

6. Cayman Island Dollar

Negara : Kepulauan Cayman
Kode : KYD

Cayman Islands Dollar (kode mata uang KYD) adalah mata uang negara Kepulauan Cayman. Mata uang ini disingkat dengan tanda dolar $, atau sebagai alternatif CI $ untuk membedakannya dari mata uang berdenominasi dolar lainnya. Nilai tukar 1 KYD setara dengan US$ 1,22 atau Rp 16.962.

7. Euro

Negara : Negara-negara Uni Eropa
Kode : EUR

Euro (€) atau dengan kode EUR adalah mata uang yang dipakai di 19 negara anggota Uni Eropa. Mata uang ini mulai dipakai secara fisik sejak tahun 2002. Uang kertas Euro di mana-mana rupanya sama, tetapi uang logamnya di belakang berbeda-beda. Uang logam setiap negara diberi lambangnya sendiri. Nilai tukar 1 euro sama dengan US$ 1,11 atau Rp 15.433.

8. Franc Swiss

Negara : Swiss dan Liechtenstein
Kode : CHF

Franc Swiss (CHF) merupakan mata uang negara Swiss dan Liechtenstein yang digunakan sejak tahun 1798. Mata uang ini setiap satuannya dibagi menjadi 100 Rappen (Jerman), Centime (Perancis), dan Centesimi (Italia). Nilai tukar 1 franc Swiss sama dengan US$ 1,01 atau sekitar Rp 14.043.

9. Dolar Amerika Serikat

Negara : Amerika Serikat
Kode : USD

Dolar AS (Kurs: US$ atau USD) adalah mata uang resmi Amerika Serikat. Dolar AS juga digunakan secara luas di dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar AS. Penerbitan uang dolar AS dikontrol oleh sistem perbankan Federal Reserve. Simbol yang paling umum digunakan untuk dolar AS adalah lambang dolar ($). Nilai tukar 1 US Dollar sama dengan Rp 13.904.

10. Dolar Kanada

Negara : Kanada
Kode : CAD

Peringkat 10 nilai mata uang tertinggi di dunia ditempati oleh dolar Kanada. Mata uang ini digunakan di negara Kanada dengan kode CAD. Nilai tukar 1 dolar Kanada setara dengan US$ 0,75 atau sekitar Rp 10.428.

Demikianlah artikel mengenai daftar 10 mata uang tertinggi di dunia update terbaru lengkap beserta nilai tukarnya terhadap rupiah. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kita semua.

Tinggalkan komentar