Daftar 7 Musisi/Band Peraih Grammy Awards Terbanyak

Daftar 7 Musisi/Band Peraih Grammy Awards Terbanyak

Sebagai penggemar musik, kita tentu tidak asing dengan nama-nama penyanyi favorit kita. Di era sekarang misalnya, sebut saja seperti Beyonce, Taylor Swift, Rihanna, Justin Timberlake atau Eminem. Kita tentu juga hafal dengan band-band seperti Coldplay, Foo Fighters, Maroon 5 atau Green Day.

Namun industri musik bukan hanya melulu mengenai penyanyi atau band saja. Konduktor, komposer atau produser juga masuk dalam kategori musisi. Dan mereka pun tidak kalah jika dibandingkan dengan penyanyi dan band band populer. Setidaknya ini bisa dibuktikan lewat ajang Grammy Awards.

Sejak dulu, ajang Grammy menjadi ajang penghargaan musik terbesar di Amerika, dan otomatis menjadi yang terbesar di dunia. Ajang ini memang tidak mutlak menentukan kualitas seorang artis dan musisi, namun setidaknya banyak yang menjadikannya sebagai parameter dan referensi bagi pelaku insan musik.

Dari awal pergelaran di tahun 1959 dan dari banyaknya kategori yang diadakan (jumlahnya bervariasi tiap tahun, dan tahun 2015 lalu mencapai lebih dari 80 kategori), terdapat beberapa musisi yang sukses menyabet lebih dari 20 kali piala Grammy. Siapa saja mereka. Kami punya daftarnya berikut ini.

musisi peraih Grammy Awards terbanyak
Sir Georg Solti, musisi peraih Grammy Awards terbanyak

Daftar 7 Musisi Peraih Grammy Awards Terbanyak

1. Sir Georg Solti (31 kali)

Namanya memang masih asing di telinga kita. Faktanya, Sir Georg Solti memang bukanlah seorang penyanyi. Ia merupakan seorang konduktor. Pria berkebangsaan Hungaria ini masih tercatat sebagai inidividual tersukses di ajang Grammy. Dengan total 31 kali menyabet piala, Sir Georg Solti menempatkan namanya di buku sejarah sebagai musisi dengan rekor peraih Grammy Awards terbanyak.

2. Alison Krauss (27 kali)

Alison Krauss menjadi salah satu musisi tersukses di ajang ini dengan 27 kali membawa pulang piala Grammy. Sebanyak 14 piala didapat saat berkarir bersama grupnya, Alison Krauss and Union Station, sementara sisanya berasal dari hasil solo karirnya. Alison Krauss sendiri merupakan penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat dengan genre country.

3. Quincy Jones (27 kali)

Memiliki jumlah sama dengan Alison Krauss, Quincy Jones juga mendapat total 27 gelar Grammy sepanjang karirnya. Jones adalah seorang produser rekaman, yang juga merupakan komposer dan konduktor. Ia juga merupakan seorang musisi jazz yang ahli dalam instrumen trumpet. Kebanyakan penghargaan yang ia menangkan berasal dari kategori Best Instrumental.

4. Pierre Boulez (26 kali)

Dengan jumlah 26 piala, nama Pierre Boulez ada di tempat keempat list ini. Ia merupakan seorang komposer dan konduktor. Selain itu ia juga merupakan seorang pianis. Pria berkebangsaan Prancis ini mamou memenangkan penghargaan di beberapa kategori sepanjang karirnya.

5. Vladimir Horowitz (25 kali)

Satu lagi musisi yang merupakan seorang komposer yang ada dalam posisi lima besar. Vladimir Horowitz, merupakan seorang komposer dan pianis. Sejak tahun 1963, musisi keturunan Rusia-Amerika ini telah membawa pulang 25 piala Grammy atas namanya.

6. U2 (22 kali)

Yang satu ini mungkin lebih familiar daripada nama-nama di atas. U2 merupakan salah satu grup band rock terpopuler selama hampir empat dekade. Band asal Irlandia ini terkenal banyak menghasilkan lagu lagu hits, termasuk single Beautiful Day yang berhasil menyabet Song of the Year di tahun 2001.

7. Stevie Wonder (22 kali)

Seakan tak lekang oleh waktu, Stevie Wonder menjadi salah satu musisi paling konsisten, termasuk di ajang Grammy. Musisi beraliran R&B ini telah memenangkan ajang ini sebanyak 22 kali. Bahkan di tahun 2014 lalu ia masih mampu memenangkan dua piala Grammy.

Dari list di atas bisa dilihat terdapat tiga nama komposer yang masuk list, yaitu Sir Georg Solti (peringkat 1), Quincy Jones (3), Pierre Boulez (4) dan Vladimir Horowitz (5). Faktanya selain nama Alison Krauss yang kurang familiar, hanya U2 dan Stevie Wonder yang masuk kategori musisi populer yang ada dalam list tujuh besar di atas. Sementara beberapa nama musisi terkenal yang memiliki banyak piala Grammy antara lain yaitu Kanye West dan Jay-Z (21 piala), Bruce Springsteen dan Beyonce (20), Paul McCartney (18) serta Eric Clapton (17).

Tinggalkan komentar