Nama Nama Zodiak Beserta Tanggal, Bulan, Lambang, Sifat dan Artinya

Nama Nama Zodiak Beserta Tanggal, Bulan, Lambang, Sifat dan Artinya

Kali ini akan diulas daftar nama nama zodiak beserta tanggal, lambang, sifat dan artinya secara lengkap. Zodiak sendiri adalah sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika, istilah ini juga dapat merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk khayal. Mudahnya, zodiak adalah semua rasi bintang yang berada disepanjang lingkaran ekliptika.

Dipercaya munculnya konsep ini berasal dari peradaban Lembah Sungai Eufrat yang awalnya hanya berjumlah 6 rasi bintang, yaitu Capricornus, Pisces, Taurus, Cancer, Virgo, dan Scorpio. Kemudian dipecah menjadi 12 karena penampakan tahunan 12 kali Bulan purnama pada bagian-bagian berurutan dari sabuk tersebut.

Zodiak berhubungan dengan ilmu astrologi, hal ini karena semua planet, matahari, dan bulan beredar di sepanjang lingkaran ekliptika, sehingga otomatis mereka semua juga beredar di antara zodiak. Maka dari itu penjelasan mengenai sifat, karakter dan hal hal yang berhubungan dengan ramalan zodiak jelas tidak bisa dibenarkan tak tidak berdasar dilihat dari segi manapun. Mungkin hanya untuk having fun saja 🙂

nama nama zodiak

Jika melihat macam macam zodiak yang ada, maka terdapat 12 bintang zodiak dimana masing masing memiliki rentang tanggal dan bulan yang berbeda beda. Seseorang akan menyandang daftar zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya. Misalnya, orang yang lahir awal Desember akan berzodiak Sagitarius, karena pada tanggal tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Sagitarius.

Nama Nama Zodiak dan Artinya

Untuk lebih jelasnya mengenai macam macam zodiak dan tanggalnya, simak berikut ini daftar nama nama zodiak menurut tanggal lahir dan bulannya, lengkap beserta lambang, sifat, fakta dan penjelasan dari masing-masing zodiak.

Zodiak Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

Aquarius

  • Arti : Penuang Air
  • Elemen : Udara

Akuarius merupakan zodiak kesebelas dari dua belas nama nama zodiak astrologi. Aquarius berlambangkan guci atau pembawa air. Simbol pembawa air adalah sosok yang sangat alami dan sangat spiritualis. Akuarius dianggap sebagai zodiak maskulin oleh astrolog kuno. Nama Sanskerta bagi Akuarius dalam astrologi Hindu ialah Kuṃbha.

Sifat zodiak ini umumnya cenderung objektif, seorang yang jenius, memiliki pembawaan diri yang sangat tenang, kreatif, cepat memahami sesuatu, suka petualangan, memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, progresif, spontan, berjiwa sosial, suka menebar manfaat, pelupa, suka memberontak, serta tidak konsisten.

Zodiak Pisces (19 Februari – 20 Maret)

Pisces

  • Arti : Ikan
  • Elemen : Air

Urutan zodiak selanjutnya adalah Pisces. Pises (Pisces) merupakan suatu zodiak rasi bintang berada antara Akuarius di sebelah barat dan Aries di sebelah timur. Pises merupakan lambang astrologi ke-12 dalam sebuah zodiak. Dalam astrologi, lambang zodiak pisces identik dengan feminin atau negatif serta merupakan perlambangan air. Dalam zodiac dilambangkan dengan sepasang ikan yang berenang dengan arah berlawanan.

Umumnya memiliki sifat suka mengalah, agak pelit, tidak suka menyusahkan orang lain, menyukai kedamaian, memiliki intuisi yang tajam, simpatik, sensitif, lembut, mudah dipengaruhi, manja, romantis, menyukai seni, setia, religius, dapat dipercaya, suka risau, sering merasa bingung, mudah kecewa, mudah mengalah serta mudah berubah.

Zodiak Aries (21 Maret – 20 April)

Aries

  • Arti : Domba
  • Elemen : Api

Aries yang berarti domba adalah bintang pertama di Zodiak yang mencakup 30 derajat pertama bujur langit (0°≤ λ <30°). Tanggal zodiaknya adalah 21 Maret hingga 20 April, sedangkan simbolnya adalah domba yang didasarkan pada Chrysomallus, yaitu domba terbang. Individu yang lahir pada tanggal tersebut, tergantung pada sistem yang mereka gunakan, dapat disebut Arian atau Ariens . Aries adalah tanda api pertama di zodiak, tanda-tanda api lainnya adalah Leo dan Sagitarius.

Sifat zodiak ini umumnya adalah aktif, suka berjuang, berani, suka tantangan, penuh rasa cinta, percaya diri, berinisiatif tinggi dalam bertindak, memiliki jiwa pemimpin, agak sombong, egois, tidak sabaran, suka menghayal, agresif, cenderung kasar, kurang terencana, agresif serta agak terburu-buru.

Zodiak Taurus (21 April – 20 Mei)

Taurus

  • Arti : Banteng
  • Elemen : Tanah

Arti zodiak Taurus dalam bahasa latin berarti “Banteng”. Simbolnya adalah banteng dan merupakan tanda astrologi kedua dalam zodiak. Orang yang lahir antara tanggal ini, tergantung pada sistem astrologi yang mereka pilih, dapat disebut Taureans. Simbol banteng didasarkan pada banteng Kreta, seekor banteng putih, ayah Minotaur yang dibunuh oleh Theseus.

Taurus dikatakan memiliki kelebihan dalam hal moral dibandingkan dengan zodiak lainnya, seperti setia, bisa diandalkan, teguh, murah hati, damai, lembut, percaya diri, penyayang, sangat bersahabat, memiliki kecerdasan yang tinggi dan memiliki emosi yang stabil. Namun, Taurus juga memiliki banyak kekurangan, seperti keras kepala, pemalas, matrealistik, cepat bosan dan posesif.

Zodiak Gemini (21 Mei – 20 Juni)

Gemini

  • Arti : Orang Kembar – Simbol Kembar
  • Elemen : Udara

Gemini adalah salah satu dari rasi bintang zodiak berlambang orang kembar. Gambar zodiak ini didasarkan pada Dioscuri, dua manusia yang diberikan bersama kekuatan dewa setelah kematian mereka. Rasi bintang ini adalah bagian dari langit musim dingin, berada antara Taurus di sebelah barat dan Cancer yang redup di sebelah timur, dengan Auriga dan Lynx yang hampir tak kelihatan di sebelah utara, serta Monoceros dan Canis Minor di sebelah selatan.

Sifat sifat zodiak gemini umumnya memiliki jiwa sosial yang tinggi, kreatif, cerdas, suka menulis, terbuka, pandai berkomunikasi, berpikir luas, pribadi yang aktif, mudah terpengaruh, mudah gugup, mudah berubah dan terpengaruh.

Zodiak Cancer (21 Juni – 20 Juli)

Cancer

  • Arti : Kepiting
  • Elemen : Air

Cancer atau karkinos dalam bahasa Yunani adalah zodiak keempat yang berasal dari konstelasi Cancer. Lambang zodiaknya bergambar kepiting dan digambarkan dengan simbolnya yang memiliki japit atau pelindung di bagian tangannya. Lambang ini berdasarkan Karkinos, kepiting raksasa yang dilecehkan Heracles selama pertarungannya dengan Hydra. Dalam astrologi, Kanker adalah zodiak kardinal dari elemen air, yang terdiri dari Kanser, Pises, dan Skorpio. Zodiak ini berenergi negatif, dan berdomisil di planet Bulan.

Sifat zodiak ini umumnya adalah sabar, jujur, cerdas, memiliki daya ingat yang tajam, sensitif, pecinta keluarga, takut pada perpisahan, penuh emosional, mudah bersimpati, dan suka menolong. Selain itu, orang Cancer juga kadang egois, sensitif, tertutup, mudah berubah, tidak konsisten, senang berpura-pura, kerap merasa tidak aman, pendemdam, tidak suka perubhan, serta defensif.

Zodiak Leo (21 Juli – 21 Agustus)

Leo

  • Arti : Singa
  • Elemen : Api

Leo (Singa) adalah rasi bintang berada di antara Cancer di sebelah barat dan Virgo di sebelah timur. Leo adalah tanda zodiak ke lima dengan logo singa jantan. Lambang zodiaknya adalah singa didasarkan pada singa Nemean, seekor singa dengan kulit yang tidak bisa ditembus. Leo adalah tanda Api, bersama Aries dan Sagitarius. Kecocokan zodiak Leo adalah dengan Akuarius, Skorpio dan Taurus. Leo kurang cocok dengan Pises dan Virgo dan dalam hal persahabatan leo cocok bersama Kaprikornus (capricorn) dan Taurus.

Biasanya memiliki karakter dan sifat pemurah, berani, memiliki jiwa pemimpin, suka berkomunikasi, ramah, berani meminta maaf, dermawan, suka bekerja, penuh kekuatan, suka travelin. Namun Leo juga punya sifat sombong, suka pamer, egois, terobsesi kemewahan, ingin berkuasa, membanggakan diri sendiri, serta penuh gaya dan aristokratis

Zodiak Virgo (22 Agustus – 22 September)

Virgo

  • Arti : Perawan
  • Elemen : Tanah

Virgo adalah simbol zodiak ke enam dan berada di antara Leo di sebelah barat dan Libra di sebelah timur, rasi bintang ini adalah salah satu dari rasi bintang terbesar di langit. Virgo bisa ditemukan dengan mudah melalui bintang α-nya, Spica. Zodiak Virgo dilambangkan dengan symbol putri raja cantik.

Biasanya karakter zodiak Virgo adalah sosok pemalu, lembut, bijaksana, suka menganalisa, rajin, logis, berkepala dingin, sederhana, kritis terhadap sesuatu, teliti dalam bekerja, memiliki firasat tajam, detail, sabar menghadapi masalah, lebih suka menyendiri, serta pemalu.

Zodiak Libra (23 September – 22 Oktober)

libra

  • Arti : Seimbang
  • Elemen : Udara

Urutan zodiak selanjutnya adalah Libra. Libra merupakan suatu rasi bintang zodiak dengan lambang timbangan atau neraca dan masuk dalam kategori cardinal yang aktif. Dipercaya bahwa simbol ini merupakan lambang dari keseimbangan, keharmonisan dan keadilan. Mereka adalah sosok yang cinta damai dan hidup dalam lingkungan yang stabil. Rasi ini adalah suatu rasi bintang yang redup dan tidak memiliki bintang dengan magnitudo pertama, berada di antara Virgo di sebelah barat dan Scorpius di sebelah timur.

Umumnya Libra memiliki sifat menyukai keseimbangan, harmonis, berjiwa kekeluargaan, kritis, flamboyan, romantis, menjunjung keadilan, sederhana, mudah bergaul, artistik, berpikir logis, suka seni, suka menolong, ceria, pintar berdiplomasi. Nmun mereka juga suka berpura-pura, terkadang tidak jujur, sensitif, pemalas, mudah bosa, tidak kreatif, mudah terpengaruh, serta kurang terencana.

Zodiak Scorpio (23 Oktober – 22 November)

Scorpio

  • Arti : Kalajengking
  • Elemen : Air

Skorpio (scorpio) adalah bintang kedelapan dari daftar zodiak. Lambang zodiaknya adalah kalajengking yang didasarkan pada Scorpius, kalajengking raksasa yang dikirim oleh Gaia untuk membunuh Orion. Bintang zodiak ini berada diurutan 210-240 zodiak, antara 207,25 dan 234,75 derajat bujur langit. Tergantung pada sistem zodiak yang digunakan, sebuah individu yang lahir di bawah pengaruh Skorpio dapat disebut Scorpio atau Scorpion. Skorpio adalah zodiak kedua dalam elemen air, setelah Cancer dan diikuti oleh zodiak berelemen air ketiga, Pisces.

Umumnya memiliki sifat gigih, pekerja keras, kreatif, berani, memiliki tekad yang kuat, penuh gairah, pendiam, memiliki rasa ingin tahu yang besar, dermawan, rendah hati, suka kemewahan, suka membantu, fokus. Namun zodiak scorpio juga pendendam, fanatik, tamak, suka menyerang, pencemburu, posesif, sering emosi, imajinasi tinggi, tidak berjiwa pemimpin, serta kurang sosialisasi.

Zodiak Sagitarius (23 November – 20 Desember)

Sagitarius

  • Arti : Panah
  • Elemen : Api

Sagitarius adalah zodiak kesembilan dalam urutan di tabel zodiak. Lambang zodiak Sagitarius adalah Centaur, yaitu sebuah mahluk dengan kepala, tangan, dan dada manusia namun berbadankan kuda. Lambang ini berasal dari tokoh mitologi Chiron yang merupakan anak Poseidon dan teman dari berbagai tokoh ternama mitologi seperti Hercules dan Achilles. Di langit, zodiak ini membentang di antara 240 derajat dan 269 derajat dari sistem koordinat ekliptika. Elemen sagitarius adalah api (Bersama Aries, Leo), elemen yang menandai ambisi dan kekuatan fisik. Kualitas sagitarius adalah Berubah-ubah (Bersama Gemini, Virgo, Pises).

Biasanya zodiak ini memiliki sifat pemberani, bertubuh kuat, cerdas, cepat memahami sesuatu, rajin bekerja, berjiwa sosial tinggi, pandai berdiplomasi, berjiwa petualang, mandiri, berpandangan luas, suka kebebasan, optimis, antusias, jujur, pendiam, bertanggung jawab, apa adanya. Namun sagitarius juga emosional, sering gelisah, lalai, boros, serta tidak sabaran dalam menghadapi berbagai hal.

Zodiak Capricorn (21 Desember – 19 Januari)

Capricorn

  • Arti : Makara
  • Elemen : Tanah

Kaprikornus atau biasanya dikenal sebagai Capricorn adalah rasi bintang dengan kambing bertanduk, atau biasa disebut kambing laut. Capricorn adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern. Dalam batas rasi bintang modern, rasi ini dikelilingi oleh Akuila, Sagitarius, Mikroskopium, Piscis Austrinus dan Aquarius.

Karakter zodiak ini biasanya mengutamakan kesuksesan, reputasi, sangat loyal, cukup bijaksana, bertanggung jawab, rajin, takut menghadapi hambatan, pesimis, berfikir sempit, merasa rendah diri, agak pendiam, senang memerintah orang lain, ambisius dalam mengejar target serta mampu mengordinasi sesuatu dengan baik.

Demikianlah daftar nama nama zodiak lengkap beserta tanggal, bulan, lambang, sifat dan artinya. Adapun penjelasan mengenai sifat dari masing masing zodiak tidak perlu dianggap serius dan diambil pusing karena memang tidak bisa dibenarkan dan hanya sekedar having fun saja, apalagi jika dijadikan sebuah ramalan, sampai kecocokan jodoh, malah makin ngawur jadinya. Akhir kata, semoga penjelasan diatas bermanfaat guna memahami macam macam zodiak yang ada.

Satu pemikiran pada “Nama Nama Zodiak Beserta Tanggal, Bulan, Lambang, Sifat dan Artinya

Tinggalkan komentar