Daftar Negara Anggota AIPO (Organisasi Antar-Parlemen ASEAN)

Daftar Negara Anggota AIPO (Organisasi Antar-Parlemen ASEAN)

Daftar Negara Anggota AIPO – AIPO (ASEAN Inter-Parliamentary Organization) atau dalam bahasa Indonesia berarti Organisasi Antar-Parlemen ASEAN adalah organisasi antar parlemen yang anggotanya adalah negara negara Asia Tenggara. AIPO pertama kali diusulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia pada 1974 dan secara resmi didirikan pada 1977 oleh parlemen Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Awalnya organisasi ini bernama AIPA (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly), namun pada tahun 2007 berganti nama ASEAN Inter-Parliamentary Organization (AIPO). AIPO didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama antara parlemen negara-negara ASEAN. Khusus Brunei dan Myanmar hadir sebagai Pengamat Khusus untuk AIPO.

Daftar Negara Anggota AIPO (Organisasi Antar-Parlemen ASEAN)

Sejak tahun 1979, organisasi AIPO rutin mengadakan pertemuan bilateral semi-reguler dengan Parlemen Eropa. Lalu siapa sajakah negara negara yang parlemennya tergabung sebagai peserta di organisasi AIPO?

Berikut ini daftar 8 negara-negara anggota AIPO (Organisasi Antar-Parlemen ASEAN) lengkap update terbaru beserta negara pengamatnya.

Negara-Negara Anggota Aipo (Organisasi Antar-Parlemen ASEAN)

No Nama Negara
1 Cambodia Rathasaphea (Kamboja)
2 Dewan Perwakilan Rakyat (Indonesia)
3 Shapa Hengsat (Laos)
4 Dewan Rakyat dan Dewan Negara (Malaysia)
5 The Congress (Filipina)
6 The Parliament (Singapura)
7 Rathasapha (Thailand)
8 Quoc Hoi (Vietnam)

Negara-Negara Pengamat AIPO

  • Brunei Darussalam
  • Myanmar

Demikianlah daftar nama negara anggota AIPO (Organisasi Antar-Parlemen ASEAN) lengkap update terbaru. Semoga bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan.

Tinggalkan komentar