negara anggota cplp

Daftar Negara Anggota CPLP (Komunitas Negara Berbahasa Portugis)

Daftar Negara-Negara Anggota CPLP – CPLP (Comunidade dos Países de Língua Portuguesa) atau dalam bahasa ingris  The Community of Portuguese Language Countries (Lusophone Commonwealth) atau dalam bahasa Indonesia berarti Komunitas Negara-negara Berbahasa Portugis adalah sebuah organisasi antar pemerintah yang beranggotakan negara-negara yang berbahasa resmi Portuges. CPLP secara resmi didirikan pada tanggal 17 Juli 1996 dan berkedudukan di Lisbon Portugal. Kini jumlah negara negara anggota CPLP adalah 9 negara.

negara anggota cplp

Tujuan utama didirikannya CPLP adalah :

  • Kerjasama politik dan diplomatik antara negara anggotanya, khususnya untuk memperkuat kehadirannya di kancah internasional.
  • Kerjasama di semua bidang, termasuk pendidikan, kesehatan, sains dan teknologi, pertahanan, pertanian, administrasi publik, komunikasi, keadilan, keamanan publik, budaya, olah raga dan media.
  • Perwujudan proyek untuk promosi dan diseminasi bahasa Portugis.

Selain terdiri dari negara negara anggotanya, CPLP juga terdiri dari negara negara peninjau (observer). Ke 9 negara anggota CPLP merupakan negara berdaulat yang semuanya memakai bahasa resmi portugis. Dan langsung saja berikut ini daftar 9 negara anggota CPLP (Community of Portuguese Language Countries) lengkap beserta negara pengamatnya/peninjaunya.

Negara-Negara Anggota CPLP (Komunitas Negara-negara Berbahasa Portugis)

No Nama Negara
1      Angola
2      Brazil
3      Cape Verde
4      Guinea-Bissau
5      Equatorial Guinea
6      Mozambique
7      Portugal
8      São Tomé and Príncipe
9      Timor-Leste

Negara-Negara Pengamat CPLP (Community of Portuguese Language Countries)

No Nama Negara
1 Czech Republic
2  Georgia
3  Hungary
4  Japan
5  Mauritius
6  Namibia
7  Senegal
8  Slovakia
9  Turkey
10 Uruguay

Demikianlah daftar nama negara angota CPLP (Komunitas Negara-negara Berbahasa Portugis) lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar