Negara Anggota ECOWAS (Economic Community of West African States)

Negara Anggota ECOWAS (Economic Community of West African States)

ECOWAS (Economic Community of West African States), dalam bahasa Perancis (Communauté Économique des États de l’Afrique de l’Ouest / CEDEAO) atau dalam bahasa Indonesia berarti Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat adalah organisasi internasional yang anggotanya terdiri dari negara negara Afrika Barat. ECOWAS didirikan pada 28 mei 1975 dengan penandatanganan Perjanjian Lagos.

Jumlah negara negara anggota ECOWAS adalah 15 negara. ECOWAS (Economic Community of West African States) adalah salah satu pilar Komunitas Ekonomi Afrika dan menggunakan tiga bahasa resmi, yaitu Perancis, Inggris, dan Portugis. Salah satu misi utama ECOWAS adalah untuk mendorong integrasi ekonomi di Afrika Barat. Secara kolektif, negara-negara ECOWAS ini terdiri dari area 5.114.162 km2 (1.974.589 sq mi) dan pada tahun 2015 memiliki populasi lebih dari 349 juta.

Negara Anggota ECOWAS (Economic Community of West African States)

Tujuan negara negara anggota ECOWAS (Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat) adalah untuk mencapai “swasembada kolektif” bagi negara-negara anggotanya dengan menciptakan satu blok perdagangan besar dengan membangun ekonomi penuh dan serikat dagang. ECOWAS juga berfungsi sebagai pasukan pemelihara perdamaian di wilayah ini, dengan negara-negara anggota, kadang-kadang mengirim pasukan militer gabungan untuk campur tangan di negara-negara anggota blok pada saat ketidakstabilan politik dan kerusuhan.

Lalu siapa saja nama negara peserta organisasi ECOWAS? berikut ini daftar 15 negara anggota ECOWAS (Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat) lengkap update terbaru.

Negara-Negara Anggota ECOWAS

No Nama Negara
1      Benin
2      Burkina Faso
3      Cape Verde
4      Ghana
5      Guinea
6      Guinea-Bissau
7      Ivory Coast
8      Liberia
9      Mali
10      Niger
11      Nigeria
12      Senegal
13      Sierra Leone
14      The Gambia
15      Togo

Itulah informasi tentang daftar nama negara anggota ECOWAS (Economic Community of West African States) lengkap update terbaru. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi.

Tinggalkan komentar