Daftar Negara Anggota G15 (Kelompok Lima Belas)

Daftar Negara Anggota G15 (Kelompok Lima Belas)

Daftar Negara Anggota G15 – G15 (Group of 15) atau dalam bahasa Indonesia berarti kelompok lima belas merupakan forum informal yang dibentuk untuk mendorong kerjasama dan memberikan masukan untuk kelompok internasional lainnya. Anggota G 15 terdiri dari negara-negara dari Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Jumlah negara-negara anggota G15  berjumlah 18 negara. G15 didirikan pada Pertemuan Puncak Gerakan Non-Blok di Beograd, Yugoslavia pada September 1989.

negara anggota g15

Tujuan umum dirikannya G15 (Group of 15) adalah untuk bersama meningkatkan pertumbuhan dan kemakmuran. G-15 berfokus pada kerja sama antara negara-negara berkembang di bidang investasi, perdagangan, dan teknologi. Negara negara G15 dari yang awalnya berjumlah 15 negara saja, kini telah berkembang menjadi 18 negara, namun namanya tetap tidak berubah.

Beberapa tujuan dari G-15 adalah :

  • Melakukan kajian berkala terhadap dampak situasi dunia dan keadaan hubungan ekonomi internasional di negara-negara berkembang
  • >melayani sebagai forum konsultasi reguler di antara negara-negara berkembang dengan maksud untuk mengkoordinasikan kebijakan dan tindakan
  • Mengidentifikasi dan menerapkan skema baru dan nyata untuk kerjasama Selatan-Selatan dan memobilisasi dukungan yang lebih luas untuk mereka
  • >Melakukan dialog Utara-Selatan yang lebih positif dan produktif dan menemukan cara baru dalam menangani masalah secara kooperatif, konstruktif dan saling mendukung.

Dan siapa saja nama negara yang tergabung menjadi peserta di organisasi G-15? Berikut ini daftar negara anggota G15 (Kelompok Lima Belas) lengkap update terbaru.

Negara-Negara Anggota G15

No Nama Negara
1      Aljazair
2      Argentina
3      Brasil
4      Chili
5      India
6      Indonesia
7      Iran
8      Jamaika
9      Kenya
10      Malaysia
11      Meksiko
12      Mesir
13      Nigeria
14      Peru
15      Senegal
16      Sri Lanka
17      Venezuela
18      Zimbabwe

Demikianlah informasi tentang daftar negara-negara anggota G15 (Kelompok Lima Belas) Lengkap Terbaru. Semoga bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan.

Tinggalkan komentar