Daftar Negara Anggota G4 (Grup Empat) Lengkap Beserta Ibukotanya

Daftar Negara Anggota G4 (Grup Empat) Lengkap Beserta Ibukotanya

G4 (Grup Empat) atau dalam bahasa inggris berarti The G4 Nations adalah organisasi aliansi internasional antar empat negara. Seperti namanya, G4 memiliki anggota sebanyak 4 negara saja. Tujuan utama dibentuknya G4 adalah untuk saling mendukung upaya satu sama lain dalam rangka memperoleh kursi permanen pada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Daftar Negara Anggota G4 (Grup Empat) Lengkap Beserta Ibukotanya

Masing-masing dari keempat negara-negara G4 tersebut telah menemukan anggota dewan tetap yang tidak tetap sejak pendirian PBB. Pengaruh ekonomi dan politik mereka telah tumbuh secara signifikan dalam dekade terakhir. Negara negara G4 menyarankan untuk mengikutsertakan dua negara afrika dalam dewan keamanan PBB selain anggota G4 itu sendiri. Namun dalam berbagai konferensinya, Uni Afrika masih belum dapat memilih dua kandidat di antara Mesir, Nigeria dan Afrika Selatan.

G4 mempertahankan tujuan keanggotaan permanen DK PBB untuk keempat negara (ditambah dua negara Afrika). Pada bulan Januari 2006, Jepang mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan mendukung resolusi G4 di atas meja dan akan mengajukan resolusinya sendiri secara terpisah. Sementara itu hubungan Jepang yang terus berlanjut dengan G4 tidak saling eksklusif. Pada tahun 2017, dilaporkan bahwa negara-negara G4 bersedia untuk sementara membiarkan hak veto jika diberi kursi tetap DK PBB.

Dan siapa saja negara-negara peserta organisasi G4? Berikut ini daftar negara anggota G4 (Grup Empat) lengkap beserta nama ibukotanya update terbaru.

Negara-Negara Anggota G4 Beserta Ibukotanya

No Nama Negara Ibukota
1 Brasil Brasilia
2  Jerman Berlin
3  India New Delhi
4  Jepang Tokyo

Demikianlah daftar nama negara anggota G4 (grup empat) lengkap beserta ibukotanya update terbaru. Semoga bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan dan mengenal lebih dekat organisasi G4.

Tinggalkan komentar