Daftar Negara Anggota GECF (Forum Negara-negara Pengekspor Gas)

Daftar Negara Anggota GECF (Forum Negara-negara Pengekspor Gas)

Daftar Negara Anggota GECF – GECF (Gas Exporting Countries Forum) atau dalam bahasa Indonesia berarti Forum Negara-negara Pengekspor Gas adalah sebuah organisasi antar pemerintah yang mengumpulkan negara utama penghasil dan pengekspor gas alam. Jumlah negara-negara anggota GECF adalah 24 negara, ditambah 4 negara sebagai pengamat/peninjau. Organisasi GECF juga dikenal dengan nama “Gas-OPEC”.

Daftar Negara Anggota GECF (Forum Negara-negara Pengekspor Gas)

Organisasi GECF dibentuk tahun 2001 di Teheran, Iran. Negara anggota GECF bersama-sama mengendalikan lebih dari 70% cadangan gas alam dunia, 38% dari perdagangan pipa dan 85% dari produksi gas alam cair (liquefied natural gas / LNG). Terdapat pertemuan tahunan setingkat menteri untuk membicarakan berbagai hal. Di sela-sela pertemuan tingkat menteri, pekerjaan tersebut diselenggarakan melalui Sekretariat dan berkantor pusat di Doha, Qatar.

Tujuan GECF adalah :

  • untuk mendorong konsep mutualitas kepentingan dengan mendukung dialog antara produsen, antara produsen dengan konsumen dan antara pemerintah dengan industri terkait energi;
  • untuk menyediakan sebuah platform untuk mempromosikan studi dan pertukaran pandangan;
  • untuk mempromosikan pasar energi yang stabil dan transparan.

Dan untuk lebih jelasnya berikut ini daftar negara anggota GECF (Forum Negara-negara Pengekspor Gas/Gas Exporting Countries Forum) lengkap update terbaru.

Negara-Negara Anggota GECF

NoNama Negara
1 Algeria
2 Bahrain
3 Belarus
4 Benin
5 Bolivia
6 Botswana
7 Brazil
8Brunei Darussalam
9 Egypt
10 Equatorial Guinea
11 Indonesia
12 Iran
13 Kazakhstan
14 Libya
15 Myanmar
16 Nigeria
17 Norway
18 Peru
19 Qatar
20 Russia
21 Trinidad and Tobago
22 Turkmenistan
23 United Arab Emirates
24 Venezuela

Negara Pengamat GECF

  1. Azerbaijan
  2. Iraq
  3. Netherlands
  4. Oman

Demikianlah informasi tentang daftar negara negara anggota GECF (Forum Negara-negara Pengekspor Gas) lengkap beserta negara pengamatnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan :

Tinggalkan komentar