Daftar Negara Anggota IDEA

Daftar Negara Anggota IDEA

Daftar Negara Anggota IDEA – International IDEA (International Institute for Democracy and Electoral Assistance) adalah organisasi internasional antar pemerintahan yang didirikan pada tahun 1995. Negara-negara anggota IDEA beranggotakan negara-negara dari semua benua yang memiliki mandat untuk menyebarluaskan kesinambungan demokrasi di seluruh dunia. IDEA juga merupakan pengamat resmi PBB. Markas besar organisasi IDEA berada di Stockholm, Swedia.

negara anggota idea

International IDEA bekerja untuk mendukung dan memperkuat institusi dan proses demokratis di seluruh dunia untuk mengembangkan demokrasi yang berkelanjutan, efektif dan sah. IDEA mempertemukan pihak-pihak yang menganalisis dan memonitor perkembangan demokrasi sekaligus mereka yang berhubungan langsung dalam reformasi politik atau gerakan yang mendukung demokrasi, baik di dalam maupun luar negeri. IDEA bekerjasama dengan negara-negara yang baru mengenal demokrasi maupun negaranegara yang demokrasinya telah berkembang, membantu pengembangan dan penguatan kelembagaan dan budaya demokrasi. IDEA bekerja dalam kemitraan dengan berbagai instansi baik di tingkat internasional, regional maupun nasional.

Tujuan Negara Anggota IDEA :

  1. Negara-negara asistensi membangun kapasitas untuk mengembangkan institusi demokratis.
  2. Menyediakan forum antara pembuat kebijakan, akademisi dan praktisi.
  3. Menyintesis pengalaman penelitian dan lapangan, dan mengembangkan alat praktis untuk memperbaiki proses demokrasi.
  4. Mempromosikan akuntabilitas, transparansi dan efisiensi dalam manajemen pemilihan.
  5. Memfasilitasi penilaian, pemantauan dan promosi demokrasi lokal oleh warga setempat.

Dan siapa saja nama negara negara peserta yang tergabung di organisasi IDEA? Simak berikut ini daftar negara anggota IDEA (International Institute for Democracy and Electoral Assistance) lengkap update terbaru.

Negara-Negara Anggota IDEA

NoNama Negara
1Australia
2Barbados
3Belgium
4Botswana
5Brazil
6Canada
7Cape Verde
8Chile
9Costa Rica
10Dominican Republic
11Finland
12Germany
13Ghana
14India
15Indonesia
16Mauritius
17Mexico
18Mongolia
19Namibia
20Netherlands
21Norway
22Peru
23Philippines
24Portugal
25South Africa
26Spain
27Sweden
28Switzerland
29Uruguay

Catatan :

Jepang adalah negara anggota IDEA dengan status pengamat.

Demikianlah info tentang daftar negara anggota IDEA (International Institute for Democracy and Electoral Assistance) Lengkap update terbaru. Semoga bisa menjadi referensi bagi kita semua.

Tinggalkan komentar