Daftar Negara Anggota IORA (Asosiasi Negara Pesisir Samudra Hindia)

Daftar Negara Anggota IORA (Asosiasi Negara Pesisir Samudra Hindia)

Daftar Negara Anggota IORA – IORA (Indian Ocean Rim Association) atau dalam bahasa Indonesia disebut asosiasi negara-negara pesisir samudra hindia merupakan organisasi internasional yang anggotanya terdiri dari negara-negara pesisir yang berbatasan langsung dengan samudra hindia. Sebelumnya organisasi ini dikenal dengan Inisiatif Pesisir Samudra Hindia (Indian Ocean Rim Initiative) dan Asosiasi Pesisir Samudra Hindia untuk Kerja Sama Regional (Indian Ocean Rim Association for Regional Cooperation/IOR-ARC).

IORA adalah forum regional, bersifat tripartit, menghimpun perwakilan dari negara, bisnis, dan akademia, untuk mempromosikan kerja sama dan interaksi erat di antara mereka. Organisasi ini berdasarkan pada prinsip regionalisme terbuka untuk memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya memfasilitasi investasi, promosi, dan pembangunan sosial di kawasan samudra hindia dan antar negara negara IORA.

negara anggota iora

IORA sediri didirikan pada tanggal 6 Maret 1997 dan kini markas sekretariat IORA terletak di Ebene, Mauritius. Negara negara anggota IORA berjumlah 20 negara dan 6 mitra dialog, Organisasi Pariwisata Samudra Hindia dan Kelompok Riset Samudra Hindia berstatus sebagai pengamat.

Dan untuk lebih jelasnya, simak berikut ini daftar nama negara negara anggota IORA (Asosiasi Negara Pesisir Samudra Hindia) lengkap beserta negara mitra dialognya.

Negara-Negara Anggota IORA

No. Nama Negara
1 Afrika Selatan
2 Australia
3 Bangladesh
4 India
5 Indonesia
6 Iran
7 Kenya
8 Komoro
9 Madagaskar
10 Malaysia
11 Mauritius
12 Mozambik
13 Oman
14 Seychelles
15 Singapura
16 Sri Lanka
17 Tanzania
18 Thailand
19 Uni Emirat Arab
20 Yaman

Negara-Negara Mitra Dialog

No. Nama Negara
1 Amerika Serikat
2 China
3 Inggris
4 Jepang
5 Mesir
6 Perancis

Demikianlah daftar negara anggota IORA (Indian Ocean Rim Association) update terbaru. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Tinggalkan komentar